10

Belajar Lebih Mudah dengan Buku dalam Genggaman (+41)

Widarso PEP May 17, 2017

buku dalam genggaman

Pengembangan hasil teknologi informasi dan komunikasi dalam beberapa tahun terakhir ini banyak membantu pendidik (guru, dosen) dalam menyediakan media pembelajaran (learning resource) dan sumber belajar (teaching aid). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi siswa memberi kemudahan untuk memperoleh materi yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah atau menyelesaikan tugas yang diberikan guru, sehingga media pembelajaran dan sumber belajar tidak terbatas hanya pada buku-buku di perpustakaan dan guru di sekolah.

Hadirnya perangkat teknologi seperti komputer atau gadget tidak lantas menggusur buku. Meski secara fisik buku dan penerbitan tercetak mengalami dampak yang besar dengan adanya teknologi digital, buku tetap saja menunjukkan eksistensinya. Meski tidak hadir secara fisik kini buku mulai beralih ke dalam bentuk digital atau dikenal sebagai ebook (electronic book). Alternatif buku digital ini cukup menarik mengingat keberadaanya secara digital memungkinkan untuk membuat dan menyebarkan buku dengan murah dan cepat. Saat ini kita mengenal banyak buku yang tidak hanya hadir dalam bentuk cetak tapi juga dalam bentuk digital, yang dapat dicetak maupun dibaca menggunakan perangkat digital.

Penulis telah menggunakan buku digital dalam pembelajaran. Pembelajaran dapat dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas. Siswa dapat menggunakan tablet atau smartphone.

1 ????

Pembelajaran di dalam kelas

 

3 4 5

 Pembelajaran di luar kelas

Guru dalam memberikan buku digital yang telah berisi materi pelajaran, tidak perlu memberikan file ke masing-masing siswa. Cukup dengan memberikan QR Code kepada siswa. Yang terlebih dahulu men-dounload barcode scanner di Play Store.

code

 QR Code: Buku Digital Operasi Bilangan Pecahan

Karya Penulis

 

Untuk membuka buku digital, tablet atau smartphone harus ada Gitden Reader yang didapat di play store pula. Tampilan buku digital (ePub) penulis sebagaimana yang digunakan siswa.

6 ????

 

Dalam tulisan ini akan dibahas tentang buku digital dan cara pembuatannya.

Pengertian Buku Digital

Buku digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone.

 epub

Fungsi dan Tujuan Buku Digital

  1. Fungsi

1) Sebagai salah satu alternatif media belajar.

Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

2) Sebagai media berbagi informasi.

Dibandingkan dengan buku cetak, buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain. Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuatnya sendiri.

  1. Tujuan

Ada beberapa tujuan pengembangan buku digital:

  • Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya. Ia cukup berkunjung ke salah satu laman toko buku daring dan mendistribusikan bukunya secara mandiri.
  • Melindungi informasi yang disampaikan. Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah, ataupun hilang, buku digital yang berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Andaikata data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
  • Mempermudah proses memahami materi ajar. Dalam perangkat lunak buku digital, Guru dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, menampilkan file multimedia (audio dan video) yang dapat diputar untuk memperkaya konten buku. Hal tersebut sangat membantu Anda memahami materi ajar dengan lebih baik dan lebih cepat.

Jenis Format Buku Digital

Berikut beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital

AZW – Amazon World.

EPUB Electronic Publication.

KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon.

MOBI – Format MobiPocket.

PDB – Palm File Database.

PDF - Portable Document Format.

PRC - Palm Resource File.

HTML - Hyper Text Markup Language.

CHM - Compressed HTML.

Untuk lebih lengkapnya dapat diakses pada laman berikut

http://wiki.mobileread.com/wiki/E-book_formats

 

Dalam tulisan ini, penulis dalam pembelajaran menggunakan buku digital dalam format ePub. Electronic publication (ePub) merupakan salah satu format buku digital yang disepakati oleh International Digital Publishing Forum (IDPF) pada Oktober 2011. ePub menggantikan peran Open eBook sebagai format buku terbuka. Epub terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml yang dikemas dalam satu file.

Sebagai format yang tidak mengacu kepada salah satu pengembang tertentu, ePub dapat dibaca di pelbagai perangkat, seperti: komputer (AZARDI, Calibre, plugin firefox, plugin google chrome), Android (FBReader, Ideal Reader), iOS (ireader), Kobo eReader, Blackberry playbook, Barnes and Noble Nook, Sony Reader, dan berbagai perangkat lainnya. Format ePub mendukung penyesuaian tampilan teks sesuai dengan ukuran layar kecil untuk perangkat tertentu. Pada format EPUB 3.0 sudah dimungkinkan menyertakan fitur audio maupun video serta animasi ke dalam buku digital.

Format ePub merupakan salah satu format buku digital yang paling populer saat ini. Berbagai kelebihan yang ditawarkan telah menjadikan ePub sebagai salah satu format buku digital yang paling banyak digunakan. Fitur-fiturnya antara lain :

  • format terbuka dan gratis;
  • berbagai alat baca ePub yang telah tersedia di pelbagai perangkat;
  • berbagai perangkat lunak pembuat ePub telah tersedia;
  • dukungan (support) untuk video dan audio;
  • reflowable (word wrap), dan pengaturan ukuran teks;
  • dukungan untuk Digital Rights Management (DRM), dan Cascading Style Sheet (CSS).

Pengembangan ePub

Proses pengembangan EPUB lebih mudah dilakukan jika menggunakan materi atau bahan ajar yang dibuat dalam format dokumen. Terdapat 3 tahap pengembangan EPUB yang perlu dilakukan, antara lain:

  • Konversi Naskah Digital menjadi EPUB

pertama yang harus dilakukan dalam pengembangan naskah digital adalah pengubahan materi yang dimiliki menjadi format EPUB. Materi yang dapat diubah menjadi format EPUB adalah materi dalam bentuk word atau pdf.

  1. Konversi dari Word ® HTML ® EPUB dapat menggunakan aplikasi Sigil
  2. Konversi dari PDF ke EPUB dapat menggunakan aplikasi Calibre

2) Memberi Identitas Naskah

Pernahkah Anda memperhatikan komposisi sebuah buku cetak? Apabila Anda cermati, kebanyakan dari buku mempunyai format identitas yang sama dari sampul awal hingga sampul akhir. Sigil mempunyai fitur yang dapat menyusun identitas pada naskah digital secara terstruktur. Anda dapat menambahkan sampul, kolofon atau metadata, indentasi pada setiap paragraf, dan daftar isi agar Anda dapat bergerak dengan cepat ketika melakukan pencarian.

3)Memasukkan File Multimedia

Sigil telah mendukung import file rekaman video dan rekaman suara ke dalam dokumen EPUB. Saat ini format yang didukung oleh EPUB adalah: Audio: (mp3, wav, ogg) dan Video: (mp4, webm).

 

Untuk Membaca Buku Digital

Terdapat berbagai macam perangkat lunak (software) untuk membaca epub, namun hanya sebagian yang dapat memutar file multimedia, antara lain:

  • Melalui komputer : Google Chrome dengan Plugin Readium (install dari chrome store) dan Firefox dengan EPUBReader (intall dari add-ons)
  • Melalui tablet/smartphone: Android dengan Gitden Reader atau Ideal Reader atau moon+reader (install dari google play) dan iOS dengan iBooks

 (Seamolec, 2017. Materi Pelatihan ePub)

Video Cara Pembuatan ePub

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

 

 

3,770 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (10)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!