1

Belajar Koordinat dengan Permainan “Cari Titik Koordinatmu” (+1)

Nurwijayanti September 4, 2015

Untuk menentukan letak titik pada bidang datar digunakan koordinat titik atau koordinat Cartesius. Koordinat titik adalah jarak titik terhadap sumbu koordinat. Sumbu koordinat merupakan perpotongan dari dua garis yang saling tegak lurus.
Pada koordinat titik, sebuah garis pada arah mendatar (horisontal) disebut sumbu X atau absis dan sebuah garis pada arah tegak (vertikal) disebut sumbu Y atau ordinat. Kedua garis (sumbu X dan sumbu Y) berpotongan pada pusat koordinat atau titik pangkal, yang diberi nama titik O. Dua sumbu tersebut membagi bidang menjadi 4 bagian yang disebut kuadran.

Untuk menyatakan sebuah titik pada koordinat ditulis (koordinat x,koordinat y).
Untuk menyatakan letak titik A ditulis A(4,2) maksudnya angka pertama (4) merupakan angka pada sumbu x dan angka kedua (2) merupakan angka pada sumbu y.
Sedangkan titik A (4,2) digambar pada perpotongan antara angka 4 pada sumbu x dan angka 2 pada sumbu y.

Pada kegiatan pembelajaran, agar siswa dapat dengan mudah memahami bagaimana cara menentukan titik koordinat, digunakan teknik permainan “Cari Titik Koordinatmu”.
Langkah permainan adalah, guru mempersiapkan bidang koordinat (media yang saya gunakan buatan sendiri), selanjutnya masing-masing siswa menerima foto dirinya yang sudah bertuliskan koordinat yang harus dicari. Guru menunjuk siswa yang mendapat giliran pertama untuk menempelkan foto dirinya sesuai dengan titik koordinat yang tertulis, kegiatan ini berlanjut hingga semua anak menempelkan foto dirinya. Setelah kegiatan permainan selesai, guru bersama siswa memeriksa jawaban masing-masing siswa.

1,624 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!