14

Bagaimana menyikapi makanan kurang sehat? (+4)

Bu Etna @gurutematik January 22, 2014

Selamat Pagi Guraru. Insya Allah kita selalu sehat lahir bathin, tak kurang suatu apa, selalu mampu melakukan apapun yang terbaik bagi keluarga, anak didik, dan siapapun. Amin ya rabbal alamin. Hidup akan terasa makin bahagia, ketika kita mampu mengendalikan emosi, tetap bertahan untuk disiplin di segala aspek kehidupan. Apapun yang terjadi, tak ada yang terlambat untuk mengatasinya. Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada sesuatupun yang sulit jika kita tak menganggapnya sulit. Kali ini kedisiplinan diri kita tujukan untuk membenahi asupan keluarga, menyikapi berbagai makanan/minuman yang dirasa kurang sehat, agar virus dll tak menganggu aktivitas kita sehari-hari.

Dalam artikel tentang “Sejauh mana pengertian Go Green” telah kita bahas bahwa hal ini tak hanya ditujukan untuk penghijauan lingkungan hidup saja. Lebih dari itu, “Green Chemistry” yang juga tergolong “Go Green” kita sikapi sebaik-baiknya, Insya Allah solusi terbaik dapat kita peroleh. Green Chemistry yang ditujukan pada industri besar dan kecil, home industri, harus mengolah bahan baku kimianya menjadi produk yang ramah lingkugan. Produk ramah lingkungan ini baik sandang, pangan, dan papan. Produk ini dikenal sebagai produk organik.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak sekali pelanggaran yang dilakukan oleh produsen hingga merugikan konsumen, terutama pada home industri makanan/minuman. Banyak rumah yang menjadi home industri ilegal yang tak peduli terhadap kesehatan bangsa. Selalu saja di pasaran ditemukan produk yang tak layak untuk dikonsumsi. Banyak makanan kurang sehat yang dibeli oleh anak-anak balita, TK, dan SD. Bahkan remaja-remaja SMP, SMK dan sederajat, PT, juga perkantoran. Makanan tersebut banyak yang diberi bahan aditif, yaitu bahan kimia sintetis yang tak diperlukan tubuh, tak bergizi, dan berbahaya bagi kesehatan. Makanan, minuman, atau jajanan itu dapat dideteksi dari warnanya, penampilannya, dan rasanya yang aduhai.

Bagaimana cara menyikapi makanan yang kurang sehat itu? Sebaiknya makanan itu dihindari. Bagaimanapun kita harus selektif terhadap asupan keluarga. Belilah makanan yang sehat, bukan dari tulisan sehatnya, namun dari kemasannya, jenis dan penampilannya. Lebih baik lagi, kalau sebagian besar atau semua makanan dan minuman dibuat sendiri di rumah, atau pesan pada teman/orang yang dapat dipercaya. Andaikan terpaksa membeli jajanan seadanya dan kemungkinan besar kurang sehat, maka solusinya adalah:

1. Biasakan minum air sambil duduk setiap sebelum makan apapun.

2. Bilas atau minum air kembali beberapa teguk setelah makan.

3. Setelah minum air pagi hari, sarapan dengan sedikit sayur/buah (vitamin, mineral), nasi (karbohidrat), agak banyak untuk protein (susu, telur, tahu, tempe, ikan, daging, atau sejenisnya).

4. Pagi hari setelah minum air, minumlah vitamin sebagai pengganti sayur/buah bila tak suka atau tak ada.

Itulah solusi preventif yang secara optimal dapat kita lakukan. Di siang hari apabila kita ingin membeli sedikit makanan kurang sehat, ya apa boleh buat. Asal tindakan preventif pagi hari sudah didisipinkan. Sebaiknya, disiplin kita tingkatkan secara bertahap, hindari asupan yang kurang sehat tersebut. Demikianlah Guraru, sumbang saran saya di pagi hari yang cerah ini. Insya Allah pembahasan ini bermanfaat bagi keluarga dan seluruh bangsa. Sehat jasmani ini Insya Allah berhubungan dengan sehat rohani. Semoga hidup makin indah, pendidikan segala bidang meningkat terus, amin.

2,150 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (14)

  1. Yuk Guraru, be healthy. Insya Allah melalui tindakan preventif di pagi hari, seharian kita bisa melaksanakan aktivitas dengan sehat jasmani rohani, enjoy sepanjang hari, disiplin untuk selalu berbuat yang terbaik menjadi amat mudah, mengalir bagai air, amin ya rabbal alamin.

  2. Bu Etna kebiasaan jelek saya suka ngemil, sebelum minum air putih di pagi hari. Kalau seusia saya insyaallah sudah bisa ngerem dah paham mana yang buruk mana yang baik. Karena sudah merasakan ketika koletrol dan tensi berbintang ketika cek lab. Terima kasih Bu Etna

  3. Hehehe bu Sri, kita harus sehat sepanjang hayat, kemudian kita sosialisasikan ke keluarga dan yang lain.Sebagian resepnya sudah kutulis di atas bu, Insya Allah kita bisa mengatur pola hudup sebaik-baiknya. Saya juga suka ngemil dulunya, sekarang sudah bisa berkurang sebab diganti air rutin, sayur/buah, hehehe. Sip bu, thx responnya, salam sehat.

  4. @Bu Amiroh: Alhamdulillah, benar bu. Bagus sekali kalau ibu bisa membiasakan minum hangat dan jeruk nipis. Vitamin dan mineralnya dapat membantu aktivitas enzim. Air suhu tubuh amat baik bu. Asupan sesuai suhu tubuh tak mengejutkan organ kita, namun kita kadang ingin yang lebih panas atau dingin, hehehe. Preventif pagi hari itu harus diprioritaskan. Insya Allah keluarga besar Guraru sehat wal afiat. Thx responnya. Salam sehat bu.

  5. Air galon itu sudah cukup sehat pak, namun bukan yang isi ulang ya. Sebab ketika galon di isi ulang, walaupun sudah dibersihkan dahulu, proses hingga galon ditutup kebersihannya kurang terjamin. Kalau kita tak biasa mengkonsumsinya, hanya menggunakan air PDAM yang direbus, tidak apa-apa. Air rebus ini sudah sehat, asalkan panci rebusan khusus, air direbus hingga mendidih, ditutup, ketika dingin dipindahkan ke tempat minum. Sebaiknya air rebus ini membuatnya setiap hari. Insya Allah bermanfaat pak, salam sehat.

  6. suka yang ini :
    Air galon itu sudah cukup sehat pak, namun bukan yang isi ulang ya. Sebab ketika galon di isi ulang, walaupun sudah dibersihkan dahulu, proses hingga galon ditutup kebersihannya kurang terjamin. Kalau kita tak biasa mengkonsumsinya, hanya menggunakan air PDAM yang direbus, tidak apa-apa. Air rebus ini sudah sehat, asalkan panci rebusan khusus, air direbus hingga mendidih, ditutup, ketika dingin dipindahkan ke tempat minum. Sebaiknya air rebus ini membuatnya setiap hari. Insya Allah bermanfaat pak, salam sehat.

    tapi bun sy biasanya beli isi ulang air RO katanya sih lebih bagus dari air mineral yang terbagus dipasaran, pakai galon Bun …… gmn?

  7. tambah tips bangun tidur minum air putih 2 gelas kalau kuat 4 gelas setelahnya jangan makan dan minum apapun selama 1 jam
    maka Anda akan BAB dan pipis berulang-ulang banyak orang pintar bilang membuat kotoran dan racun yang ada diperut 🙂

  8. Benar pak, namun cara itu biasanya untuk diet baik org sht maupun skt ttt yg tlh dianjurkn dokter. Umumnya org gak tahan pagi hrs minum smp 4 gelas air dan hrs menunggu 1 jam baru sarapan, hehehe mgkn bangunnya kesiangan. Resep itu bangunnya plg tdk sebelum subuh, kalau berangkat kerja jam 6 atau lbh. Thx sharingnya. Salam sehat.

  9. Pak Bakri, sebagai tambahan, memang benar minum air di pagi hari amat baik. Pertama setelah seluruh oragan tubuh beristirahat, begitu memperoleh siraman air, enzim-enzim yang bertugas untuk semua aktivitas kita akan mulai bekerja. Kerja enzim ini akan mendorong kotoran sehingga memudahkan BAB. Namun malam hari sebelum tidur juga perlu minum air paling tidak segelas, agar proses tubuh yang belum selesai sebab kekurangan air, akan lancar. BAB di pagi hari terbantu pula oleh minum air di malam hari sebelum tidur. Insya Allah bermanfaat.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar