3

Bagaimana Membuat Judul Tulisan Yang Menarik Pembaca? (+2)

wijaya kusumah June 24, 2013

Seorang kawan bertanya kepada saya melalui sms.

 buku-omjay

Assalamu’alaikum Omjay.. ūüôāSaya Hawiki Renalia om, alhamdulillah setelah saya membaca tulisan Omjay yang “Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa Yang Terjadi” saya menjadi lebih termotivasi untuk menulis yang lebih inspiratif lagi. Omjay,saya juga ingin bertanya ,sudah sering saya menulis om,entah itu puisi, cerpen dongeng, maupun artikel saya selalu tidak menyertakan judul, karena saya bingung untuk membuat judul tulisan yang menarik pembaca untuk membaca tulisan saya. Bagaimana caranya ya Omjay.. Terima kasih om..wassalamu’alaikum..

Setiap penulis seringkali dibuat bingung untuk menuliskan judul. Bila judul kurang menarik, maka pembaca sangat berkuasa untuk tidak membaca kelanjutannya. Oleh karena itu membuat judul yang menarik pembaca menjadi sesuatu penting dilakukan bagi seorang penulis.

Pengalaman saya menulis di berbagai blog dari tahun 2007, menulis di blog lebih melatih kita untuk membuat judul sebuah tulisan. Terkadang sebuah tulisan yang sama, saya buat di berbagai blog dengan judul yang berbeda. Hasilnya, judul yang menarik pembaca memang lebih banyak dikunjungi. Tetapi tidak juga selalu begitu. Terkadang menulis judul singkat apa adanya sesuai dengan apa adanya akan banyak pembacanya. Asalkan dituliskan pada saat (timing) yang tepat dan judulnya diperlukan oleh pembaca saat itu. Judul yang menyentuh, biasanya akan diserbu oleh pembaca. Judul sebaiknya tak terlalu panjang seperti layaknya kereta api yang banyak sekali gerbongnya.

Satu hal yang harus dihindarkan adalah jangan pernah membohongi pembaca dengan judul yang bombastis atau judul yang tak sesuai dengan isi tulisan. Bila judul tulisan seperti itu sering anda lakukan sebagai penulisnya, maka jangan marah bila anda dituduh sebagai penulis yang hanya mencari sensasi saja. Cepat atau lambat, pembaca akan meninggalkan anda.

Bagi seorang pemula, memang seringkali kesulitan dalam membuat judul yang menarik pembaca. Hal itu memang akan terjadi kepada setiap orang yang baru memulai tulis menulis. Jadi, tuliskan saja seperti air mengalir. Baca kembali sebelum memposting di blog dan sesuaikan judul dengan isi tulisan. Itu saja sebenarnya rahasianya. Jangan pula memberi judul tulisan terlalu panjang. Singkat, dan padat. Itu kuncinya.

Setiap tulisan itu memiliki daya tarik tersendiri. Serahkan saja kepada kebutuhan pembaca. Buatlah judul yang memesona pembaca. Seperti misalnya¬†“Guru Gokil Murid Unyu”.¬†Dari judulnya saja pembaca sudah tergelitik dan ingin membacanya lebih jauh. Oleh karenanya, seringlah banyak membaca buku dan tulisan orang lain. Dari sanalah kita belajar menulis dan menentukan judul tulisan yang menarik pembaca.

Tak ada sebuah tulisan sekali jadi. Dia perlu berkali-kali dibaca ulang agar dapat dipahami pembaca. Judul adalah kepala sebuah tulisan. Bila kepalanya saja sudah menarik, pastilah isinya akan lebih menarik. Seperti melihat seorang cowok ganteng atau cewek cantik di depan mata. Pastilah kita ingin tahu lebih dekat siapa orang ini.

Akhirnya, bila ditanya bagaimana menulis judul tulisan yang menarik pembaca? Tuliskan saja apa yang ada di kepala, lalu edit kembali bila ternyata antara judul dan isi belum menarik dan dipahami pembaca. Kebahagiaan seorang penulis adalah bila pesan yang dituliskan sampai ke hati pembaca. Seperti apa yang anda rasakan setelah membaca buku saya,¬†“menulislah setiap hari, dan buktikan apa yang terjadi”.Saya lebih berterima kasih lagi bila anda juga membuat resensi bukunya di blog pribadi anda yang ramai itu. Hehehe.

1371966864855941415

Salam blogger persahabatan
Omjay
http://wijayalabs.com

1,719 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

wijaya kusumah

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Dosen STMIK Muhammdiyah Jakarta, dan Guru TIK SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

View all posts by wijaya kusumah →

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar