Artikel Pilihan

PRESENTASI MENARIK DENGAN PREZI

Salah satu daya tarik mengajar antara lain dengan performance penyampaian…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Tampilan Baru untuk Website Guraru

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi…

Selengkapnya

Aktivitas
Home > Aktivitas […] Belajar-mengajarIlmu Pengetahuan SosialLain-lainLainnyaMatematikaMengajar kreatifTeknologi Informasi KomputerTips dan rekomendasi > Bagaimana Caranya Membuat Media Pembelajaran yang Menarik?

Bagaimana Caranya Membuat Media Pembelajaran yang Menarik? (+3)

labschool 552

Seorang teman guru di daerah berkirim email kepada saya, Isi suratnya sebagai berikut:

Assalamualaikum..
OmJay yth, saya seorang guru di daerah Muaro Jambi. Saya pernah membaca ttg PTK Bapak untuk guru berprestasi. Terus terang saya kagum kepada Bapak. Bolehkah saya bertanya tentang cara pembuatan media pembelajaran baik itu cara2 pembuatan video pembelajaran, audio, animasi, simulasi pembelajaran, dll. Saya sangat2 tertarik dengan hal itu dan saya ingin sekali belajar. Terus terang di daerah saya belum ada yang membuat seperti itu. Jadi tidak tahu mau bertanya dengan siapa. mohon penjelasannya… Trimakasih banyak sebelumnya..

 

Ketika membaca email rekan guru di Muaro Jambi, saya menjadi teringat ketika saya juga bingung bagaimana membuat pembelajaran yang efektif, khususnya melalui media pembelajaran.Saya lebih banyak belajar secara otodidak dengan membaca buku dan mencari informasinya melalui internet. Kalau tidak paham juga, saya biasanya bersilahturahim dengan teman guru yang lebih tahu tentang apa yang saya tanyakan.

Memang tidak mudah melakukannya. Dibutuhkan ketekunan dan juga dukungan dana yang harus keluar dari kantong sendiri. Untunglah ada internet, sehingga belajar menjadi murah. Banyak informasi tentang pembuatan media pembelajaran yang saya dapatkan dari internet. Saya pun belajar pembuatannya dari internet. Mulai dari buat film atau video, membuat trainer instalasi listrik,membuat animasi, lalu mencari program gratisan yang bisa di download. Ternyata banyak orang baik di internet yang saya lihat begitu baik hati membagi ilmunya. Saya pun banyak belajar dari meraka.

Dari bahan bacaan yang saya peroleh melalui internet itu, saya ujicobakan kepada peserta didik saya. Contohnya ketika saya meneliti tentang pemanfaatan media film atau video untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan lingkungan kehidupan jakarta (PLKJ). Saya mencari dulu film-film tentang penghijauan dan taman kota serta kehidupan kota jakarta yang menarik. Film-film itu saya download dari internet, dan kemudian saya putarkan kepada anak-anak untuk menambah wawasan mereka dalam belajar PLKJ.

Sewaktu belum tahu cara mendownload film dari youtube, saya mencari infomasinya melalui google dan bertanya kepada teman yang saya anggap mengetahui caranya. Alhamdulillah, saya menjadi tahu caranya setelah banyak membaca. Begitupun ketika saya ingin tahu bagaimana membuat media presentasi yang efektif, saya temukan sebuah web yang keren di http://presentasi.net.

Banyak sekali informasi yang akan kita dapatkan di internet tentang cara membuat media pembelajaran. Asalkan kita punya waktu melalui mesin pencari google pastilah ketemu. Baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa asing.  Di sinilah proses ketekunan diuji. Terkadang banyak guru yang malas mencari informasinya, dan hanya menunggu dicarikan informasi. Ilmu tidak datang dari langit begitu saja, dan kita harus mencarinya dengan banyak belajar. Jangan karena kita berada di daerah kemudian kita menjadi berkecil hati. Pengalaman saya mengikuti lomba kreativitas guru di tingat nasional, justru alat-alat media pembelajaran yang dibuat oleh guru di daerah itu jauh lebih baik kualitasnya daripada guru di kota.

Seharusnya mind set guru saat ini sudah harus berubah. Dari mencari informasi menjadi menciptakan informasi di internet. Guru harus mampu menuliskan pengalaman dan pengetahuannya kepada orang banyak di internet sehingga konten-konten tentang pendidikan semakin bertambah banyak. Khususnya tentang cara pembuatan media pembelajaran yang efektif.

Jadi, cara pembuatan media pembalajaran itu sebenarnya mudah saja. Tak harus mewah dan bisa diaplikasikan sesuai kondisi daerahnya masing-masing. Contohnya seorang guru TK yang membuat media pembelajarannya dari suara dan gambar murid-muridnya. Suara dan gambar itu dimasukkan ke komputer dan diolah dengan program macromedia flash. Lalu jadilah program yang sederhana itu. Bisa juga membuat film tentang alam di sekitar kita melalui ponsel dan kemudian hasilnya diedit dengan i movie atau program edit film lainnya. Kreativitas guru diuji dengan pembuatan media pembelajaran ini. Yuk kita sama-sama belajar!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

1,980 total views, 4 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Artikel yang sangat menarik pak Wijaya Kusumah. Saya sangat setuju dengan bapak. Mari kita Guraru bersama-sama untuk terus belajar dalam rangka meningkatkan keprofesionalan kita sebagai guru dan berikan yang terbaik untuk peningkatan mutu pendidikan di negara Indonesia yang tercinta ini. Dalam hal ini adalah salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran. Pak Wijaya Kusumah sudah menjelaskan dalam artikelnya tentang media pembelajaran ini. Sederhana, namun mudah dipahami dan siap untuk dilaksanakan. Guraru.., mari kita kembangkan media pembelajaran kita!

    Pak Sukani @gurumelekIT Komentar pada June 8, 2013 9:56 pm

  2. Avatar of wijaya kusumah

    siap!

    salam
    Omjay

    wijaya kusumah Komentar pada June 11, 2013 10:46 pm

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit