0

Awal yang Indah, Australia is Wonderful (+1)

Usep Saefuddin April 1, 2017

JURNAL KEGIATAN 1 (USEP SAEFUDDIN-AAI Short Term Award Batch 5)

Hari Ke: 1

Hari/Tanggal: Senin, 27 Februari 2017

Waktu: 08.30 s.d selesai

Tempat: Sidney Myer Asia Centre, University of Melbourne

Penyaji: 1) Mrs. Bonnie Hermawan, 2) Rob Skillern, 3) Ms. Ratchel

Topik: 1) Orientasi Australia Awards Beasiswa Studi Singkat Pengembangan Profesi Guru SD dan SMP, 2) WWCC dan Aplication WWCC, 3) Games of Around Melbourne

Aktivitas

“Australian is wonderful”. Itulah kesan pertama yang dapat saya ungkapkan sebagai salam perkenalan dengan sebuah negeri yang kaya akan keanekaragaman keindahan alam, wisata dan budaya. Sebuah manifestasi dari negara yang multietnik, multikultural, menjunjung tinggi hak asasi manusia dan rule of law (supremasi hukum). Kesejukan cuaca dengan temperatur 5 derajat Celcius di Sydney Airport, merupakan ucapan selamat datang kami setelah tiba di destinasi penerbangan kami dari Jakarta. Dengan penerbangan menggunakkan Qantas, sebuah maskapai penerbangan flat merah Australia. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke kota Melbourne via maskapai penerbangan serupa.

Hari pertama kedatangan kami di Melbourne Airport (Sabtu, 25 Februari 2017), kami sudah disuguhi dengan pelayanan yang menakjubkan. Dijemput oleh salah seorang Project Officer sekaligus Interpreter dari Asia Education Foundation (Ms. Novi), kami bersama-sama menaiki bus charteran full wifi menuju apartemen. Setelah menyimpan barang di lobi apartemen, kami kemudian diajak lunch (makan siang) di Café Jokamz, sebuah kafe masakan Indonesia di Melbourne yang memanjakan lidah peserta kegiatan studi singkat ini karena aroma cita rasa nusantara. Pelayanan dilanjutkan dengan briefing singkat di Argyle Square, Lygon Street dengan memberikan berbagai fasilitas pendukung, antara lain:

  1. Kartu seluler keperluan kami selama di Australia (Telstra) dengan saldo 30 AUD dan kuota internet 3 GB.
  2. Kartu apartemen lengkap dengan petunjuk gratis pemakaian wifi meliputi username dan password setiap penghuni kamar.
  3. Name Tag (papan nama) selama kegiatan studi singkat di Australia, lengkap dengan nomor darurat, alamat apartemen, sehingga meminimalisir kami untuk tersasar.
  4. Map of Melbourne (peta kota Melbourne) yang memudahkan kami dalam mengeksplorasi kota Melbourne.

20170225_151304

Gambar 1. Briefing di Argyle Square, Lygon St, Melbourne

Source: Dokumen Pribadi

Hari kedua kedatangan (Minggu, 26 Februari 2017), hari masih libur. Saya (Usep Saefuddin) menghabiskan waktu bersama teman se-apartemen saya dari Brebes, Jawa tengah (Mr. Sumarjo) dengan mengunjungi Queen Victoria Market, sebuah pasar yang terkenal di kota Melbourne yang menjajakan berbagai barang dagangan murah dari mulai sandang dan pangan, meliputi daging dan ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan, pakaian, souvenir dan lain sebagainya. Kami berbelanja kebutuhan dapur kami. Tidak kalah menariknya, kami pula disuguhi festival musik yang memanjakan mata dan telinga.

IMG-20170226-WA0082

Gambar 2. Visit to Queen Victoria Market

Source: Dok. Sumarjo

Hari pertama kegiatan (hari ketiga kedatangan) yakni Senin, 27 Februari 2017. Saya bersama peserta kegiatan lainnya, yang dikawal oleh pendamping kami dari Kemendikbud (Mr. Alfarizi dan Mr. Hadi Wuryanto) berangkat bersama menuju gedung Sydney Myer Asia Centre di University of Melbourne. Tepat pukul 08.30 kami sudah disambut dengan hangat oleh Mrs. Bonnie Hermawan, Rob Skilern dan Ms. Ratchel.

Kegiatan awal berupa orientasi Australia Awards Beasiswa Studi Singkat Pengembangan Profesi Guru SD dan SMP. Dalam kegiatan ini, Mrs. Bonnie Hermawan dengan lancar dan cekatan menjelaskan secara rinci tentang kegiatan ini, dari mulai latar belakang, tujuan sampai dengan muara refleksi dari semua kegiatan yang akan dilakukan.

Pada tahap orientasi ini, kami dibagi dalam berbagai kelompok. Setiap kelompok mendeskripsikan dengan gambar atau tulisan tentang berbagai pengetahuan tentang Australia. Kemudian secara bergiliran, setiap kelompok mempresentasikan. Kegiatan dilanjutkan dengan menuliskan berbagai pertanyaan, dari daftar pertanyaan yang ada, setiap kelompok berhak mengajukan 2 pertanyaan. Mrs. Bonnie menjawab pertanyaan-pertanyaan terpilih yang menurutnya menarik dan urgen tentang Australia.

Kegiatan dilanjutkan dengan mekanisme pengurusan perizinan WWCC (working with children check), yakni perizinan untuk mengambil gambar kegiatan anak di sekolah, karena dalam peraturan di Australia, tidak sembarang orang dapat mengambil gambar/foto dan video kegiatan anak atau siswa. Kami dipandu secara jelas oleh Mrs. Bonnie secara bertahap (small steps) untuk mengisi aplikasi pengajuan perizinan sampai dengan mendapatkan konfirmasi pihak berwenang pemerintah Australia yang kami forward ke beliau. Tampak dalam kegiatan ini, karakteristik pembelajaran abad 21 yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara langsung, mempraktekan dengan fasilitas ICT tertentu seperti email, cloud atau dropbox dan browser. Di sela-sela kegiatan dilakukan morning tea untuk melepas dahaga kami sekaligus merefresh agar senantiasa fokus dalam pembelajaran.

20170227_083656

Gambar 3. University of Melbourne

Source: Dok. Pribadi

Seiring berjalannya kegiatan tentang petunjuk teknis WWCC, sebagian peserta secara bergiliran mengurus keperluan keuangan di NAB Migrant Bank Centre sebagai biaya akomodasi (uang saku) kami selama di Australia yang dipandu oleh Rob Skillern.

Selepas lunch (makan siang), kami dibagi dalam kelompok yang berbeda, setiap kelompok melakukan challenge untuk mengeksplorasi kota Melbourne melalui games around to Melbourne. Setiap kelompok mendapatkan peta perjalanan dengan petunjuk teknisnya antara lain:

  1. Menuliskan atau mengambil gambar sesuatu yang berbau Indonesia
  2. Menuliskan atau mengambil gambar cara transportasi di Australia yang tidak biasa di Indonesia
  3. Foto atau swafoto (selfie) pada bangunan bersejarah di kota Melbourne
  4. Mengambil gambar bangunan beragama
  5. Membeli sumber daya kelas untuk mengajar tentang Australia di Indonesia.

Setelah dibekali tugas tentang aktivitas yang harus dilakukan, kami diperbolehkan untuk langsung melaksanakannya, jika telah selesai, kami langsung kembali ke apartemen. Hasil perjalanan akan dilaporkan esok hari.

20170228_030139

Gambar 4 Peta Petunjuk Permainan

 Rangkuman Materi

1. Orientasi Australia Awards, Beasiswa Studi Singkat Pengembangan Profesi Guru SD dan SMP, meliputi:  a) Latar belakang, b) Minggu pertama, c) Minggu kedua, c)Pendampingan pendidikan Australia, d)Kemitraan Sekolah, e)Alat Belajar, f) Kunjungan sekolah dan homestay

 2. Aplikasi WWCC

3. Pengisian aplikasi WWCC

4. Konfirmasi aplikasi

5. Games of around Melbourne

Merekam pengalaman perjalanan dari persimpangan Getrude Street dan Napier Street Fitzroy s.d Smith Street menuju Johnstone Street.

Rekomendasi

Dari kegiatan yang telah dilakukan, rekomendasi yang dapat dijadikan referensi aktivitas pendidikan di Indonesia, meliputi:

  1. Hendaklah melakukan orientasi terlebih dahulu dalam pembelajaran di kelas
  2. Memberdayakan fasilitas ICT dalam pembelajaran
  3. Adanya kegiatan yang menarik berupa permainan dalam pembelajaran
  4. Melibatkan peserta secara aktif, dan melakukannya sendiri secara langsung

8,302 total views, 221 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!