0

Asyiknya Membuat Media Ajar Sejarah Berbasis Android (0)

Rusdi Mustapa February 25, 2017

Pesatnya  perkembangan  teknologi  pada  saat  ini  sangat  cepat  dan hampir  menyeluruh  di semua  kalangan  dan  semua  bidang.  Salah  satu  bidang yang  tidak  dapat  terlepas  dari  teknologi  adalah  bidang  pendidikan.  Dengan adanya  perkembangan  teknologi  di  bidang  pendidikan  akan  menjadikan pendidikan  pada  saat  ini  bisa  lebih  maju  dan  berkembang  sehingga masyarakat  bisa  hidup  lebih  kreatif  dan  berpendidikan.  Akan  tetapi permasalahan yang sering muncul adalah bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada disekitar kita untuk menunjang pendidikan yang ada.  Telepon  genggam  atau  bisa  disebut  dengan  handphone  merupan salah  suatu  teknologi  yang  tidak  dapat  terlepas  dari  kehidupan  sehari-hari. Selain mudah di dapat, telepon genggam juga mudah digunakan kapan saja, di mana saja dan hampir semua kalangan masyarakat pada saat ini sudah bisa mengoperasikan  telepon  genggam. Pada  saat  ini,  banyak  sekali  telepon genggam  yang  berteknologi  canggih  yang  beredar  pada  masyarakat,  mulai dari  yang  berbasis  java,  Symbian,  Blackberry,  Windows phone,  Iphone  dan yang paling populer adalah Android.  Maka  dari  itu,  telepon  genggam  merupakan  media  pembelajaran yang sangat efektif bagi masyarakat saat ini.

Media  pembelajaran  yang  memanfaatkan  teknologi  telepon genggam  disebut  dengan  mobile  learning  (m-learning).  Mobile  learning merupakan  salah  satu  alternatif  pengembangan  media  pembelajaran, 

Smartphone  merupakan  sebuah  device  yang  memungkinkan  untuk melakukan  komunikasi  (seperti  menelpon  atau  sms)  juga  di  dalamnya terdapat  fungsi  PDA  (Personal  Digital  Assistant)  dan  berkemampuan  seperti layaknya  komputer.  Selain  itu,  suatu  telepon  genggam  dapat  dikatakan smartphone  juga  harus  memiliki  sistem  operasi  di  dalamnya.  Sistem  operasi pada  saat  ini  yang  sangat  popular  adalah  sistem  operasi  Android.  Banyak sekali  vendor  atau  perusahaan-perusahaan  elektronik,  khususnya  dalam bidang telepon genggam yang  membenamkan sistem android pada produk-produk yang dikeluarkannya. 

Kebanyakan siswa sekarang ini sudah memiliki perangkat mobile yang bersistem operasi Android dan menggunakannya setiap saat kapan pun dimana pun untuk mengakses media informasi dan sebagainya. Oleh  karena  itu,  sebagai guru sejarah penulis termotivasi untuk mengembangkan media ajar sejarah berbasis android. Pembelajaran melalui media telepon genggam akan  lebih mudah  dilakukan  di  mana  saja  dan  kapan  saja  sehingga  dapat  memotivasi pengguna  untuk  selalu  giat  belajar.  Dengan  adanya  aplikasi  ini,  diharapkan agar pengguna akan lebih terpacu dan bersemangat untuk belajar.

BAGAIMANA MEMULAINYA ?

Berawal dari keinginan yang kuat untuk bisa membuat media ajar sejarah, maka penulis berusaha mencari info seputar pembuatan media ajar berbasis android. Hal ini mengingat bahwa penulis tidak memiliki basic ilmu pengetahuan tentang membuat media ajar berbasis android. Dari pencarian di internet seputar info cara membuat media ajar berbasis android, akhirnya penulis “bertemu” dengan sebuah nama yang telah menjadi “teman setia” penulis dalam membuat media ajar sejarah berbasis android. Sagusanov. Itulah nama yang penulis dapatkan setelah beberapa saat mengembara dalam pencarian info seputar pembuatan media ajar berbasis android. Apa itu sagusanov ? Sagusanov (satu guru satu inovasi) adalah gerakan untuk membuat karya inovasi di bidang pembelajaran berbasis android. Gerakan ini bertujuan agar guru  bisa memberikan materi pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan smart phone berbasis android. Bagaimana caranya ? Kata kuncinya adalah membuat sendiri. Ya…membuat sendiri ! Karena Sagusanov yang di inisiasi oleh bapak Abdul Kholiq (nama bekennya Kholiq Sagusanov hehe…) ini, memberikan kesempatan guru-guru di seantero Nusantara untuk  belajar membuat media ajar berbasis android. Dengan format pelatihan secara online melalui aplikasi telegram, peserta pelatihan mendapatkan ilmu dan pengalaman membuat media ajar berbasis android. Jika membuat media ajar berbasis android maka kita perlu menguasai bahasa pemrograman berupa html, padahal rata-rata peserta tidak menguasai. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena Sagusanov memberikan materi pelatihan yang praktis dan langsung bisa diterapkan.

Untuk membuat media ajar berbasis android, sagusanov menyediakan program XDK Intel yang tinggal di unduh dan  di install. Karena ukurannya yang lumayan besar maka pengunduhan serta penginstallannya agak lama. Inilah tampilan dari XDK Intel yang akan digunakan dalam membuat media ajar berbasis android.

intel

Selain XDK Intel, untuk membuat media ajar berbasis android juga menggunakan Bracket yang berguna untuk mengedit-edit html yang sedang dikerjakan. Sebenarnya dengan XDK intel saja sudah bisa namun dengan Bracket maka pekerjaan jadi lebih mudah.

Setelah menginstall XDK Intel dan Bracket, langkah berikutnya adalah membuat rancangan tampilan bahan ajar sejarah berbasis android. Bahan ajar yang digunakan yaitu smartphone. Handphone memiliki keterbatasan pada ukuran layar yamg digunakan, untuk mensiasati kekurangan tersebut tampilan pada media mobile learning di desain sedemikian rupa untuk memanfaatkan space layar secara efisien. Adapun rancangan tampilan bahan ajar sejarah berbasis Android disajikan sebagai berikut :

rancangan

Setelah selesai membuat rancangan media ajar berbasis android, langkah berikutnya adalah membuat tampilan halaman utama. Berdasar pada rancangan media ajar di atas maka mulai membuat script html untuk halaman utama ( index ) yang memuat :

1. Judul Aplikasi

2. Menu sub bab ( terdiri dari 3 sub bab)

3. Menu Soal Latihan

4. Menu Daftar Pustaka, dan

5. Menu Profil

Berikut ini adalah script html untuk halaman utama:

index

Ini tampilan yang sudah jadi

tampilan terkini

Setelah selesai membuat tampilan halaman utama, saatnya membuat sub bab materi yang terdiri dari :

1. Menu sub bab materi 1 : Masa Penjajahan Jepang beserta soal latihan

2. Menu sub bab materi 2 : Akhir Penjajahan Jepang beserta soal latihan

3. Menu sub bab materi 3 : Proses Proklamasi beserta soal latihan

Sama di langkah sebelumnya, maka kita perlu membuat script html dari masing-masing sub bab, sebagai berikut :

Sub bab materi 1 : Masa Penjajahan Jepang

a. Script html sub bab 1

bab 1

Tampilan yang sudah jadi

cover  media2

b. Script html untuk soal latihan bab 1

soal bab 1

Tampilan yang sudah jadi

cantik tulisan2

Sub bab materi 2 : Akhir Kekuasaan Jepang

a. Script html sub bab 2

bab 2

Tampilan yang sudah jadi

cover  media5

b. Script html untuk soal latihan bab 2

soal bab 2

Tampilan yang sudah jadi

cantik tulisan3

Sub bab materi 3 : Proses Proklamasi

a. Script html sub bab 3

bab 3

Tampilan yang sudah jadi

cover  media10

b. Script html untuk soal latihan bab 3

soal bab 3

Tampilan yang sudah jadi

cantik tulisan4

Selanjutnya adalah membuat script html untuk Soal latihan yang nanti dalam bentuk TTS ( Teka teki sejarah). Soal ini dibuat menggunakan aplikasi Eclipsecrossword, dengan script html sebagai berikut:

evaluasi

Berikut tampilannya

TTS Sejarah

Selanjutnya membuat menu untuk daftar pustaka dan profil. Script html  daftar pustaka dan profil sebagai berikut:

daftar pustaka2

profil4

Tampilan yang sudah jadi

daftar pustaka

percantik tulisan

Dengan belajar sejarah menggunakan media ajar berbasis android, siswa/siswi menjadi lebih semangat dalam mempelajari sejarah sehingga diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Apalagi aplikasinya dibuat oleh guru mereka sendiri, tentu akan semakin menambah semangat dalam belajar.

DSCF6857

Demikianlah sedikit pengalaman membuat media ajar sejarah berbasis android. Saatnya berkreasi dan berkontribusi demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga bermanfaat.

4,175 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!