4

Apakah Guru Akan Tergantikan Oleh Teknologi Masa Kini ?? (+5)

Ananta Wicaksana May 25, 2017

Assalamualaikum Wr. Wb

high-school

Di era digital saat ini telah banyak sekali perubahan yang signifikan, contohnya ilmu pengetahuan yang biasa kita peroleh dari buku dan para guru, sekarang kita bisa peroleh hanya dengan jarak 1 klik mouse komputer ataupun dari smartphone saja. Tak sedikit kita menemukan situs seperti ensiklopedia online (Wikipedia),blog edukatif,hingga situs kelas online. Hal ini memicu timbulnya sebuah ide bahwa inilah masa depan dunia pendidikan.Dengan internet seorang dosen maupun guru dapat memberikan video tutor yang dapat dilihat oleh siswanya maupun orang lain secara publik.

Dengan munculnya ide semacam itu banyak yang beranggapan bahwa siswa tak perlu lagi pergi ke sekolah. Karena semua bisa diakses melalui layar kaca saja. Selain itu, banyak juga pihak yang khawatir bahwa kelak peran guru akan tergantikan oleh teknologi. Ide semacam itu ternyata sudah muncul pada tahun terciptanya buku,radio dan televisi. Pada jaman dahulu, siswa berinteraksi langsung pada guru, agar ilmu dapat langsung masuk dan dapat dipahami. Pada saat terciptanya buku, diharapkan para siswanya bisa belajar tanpa guru. Namun pada akhirnya banyak ajaran seperti ajaran agama yang dibukukan dan bisa dipelajari tanpa menghilangkan peran guru.

Pada saat radio dan televisi ditemukan, ide serupa pun muncul. Para ahli berpendapat bahwa para pengajar dapat menyampaikan ilmunya tanpa harus bertatap muka dengan siswanya. Faktanya sampai saat ini, para siswa dan mahasiswa masih pergi ke sekolah untuk mendapatkan materi dari guru dan dosen. Memang, teknologi saat ini bisa dikatakan dapat menggantikan peran guru. Berbagai materi pelajaran, latihan soal bahkan ujian bisa dilakukan secara online. Menurut saya, guru mempunyai peran lebih dari seorang pemateri maupun penilai dari hasil belajar seorang siswanya. Berikut adalah alasan mengapa peran guru sangat dibutuhkan saat ini maupun disaat yang akan datang.

1.Pengetahuan Tidak dapat Diberikan

Peran-Guru-dalam-Motivasi-Belajar-Siswa

Alasan yang pertama yaitu pengetahuan tidak dapat diberikan. Saya pun tidak bisa memberikanmu pengetahuan tentang berbagai macam maupun jenis teknologi masa kini. Hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Seperti saya memberimu sebuah permen. Jika saya mengajarkan kamu bagaimana cara kerja sebuah komputer, bertambah atau tidaknya pengetahuan tergantung bagaimana otakmu bekerja. Dalam mempelajari hal baru, di dalam otakmu dapat diibaratkan kamu berada di sebuah labirin. Kamu akan berusaha menemukan jalan keluar,dan tak jarang harus tersesat terlebih dahulu. Hal itu juga terjadi ketika siswa mempelajari gagasan/hal baru, hingga pada akhirnya menemukan bagaimana suatu rumus itu bekerja.

Pada kali ini peran guru dibutuhkan. Peran guru adalah sebagai penunjuk jalan/arah ketika para siswa berada dalam “labirin pikiran”. Guru dapat memotivasi,menginspirasi,memberi tantangan kepada siswanya agar proses KBM menjadi lebih seru. Hingga pada akhirnya siswa dapat benar benar mengerti tentang gagasan yang diajarkan. Nah, maka dari itu pertanyaan yang harusnya kita ajukan bukanlah “apakah peran guru tergantikan oleh teknologi” melainkan “bagaimana peran guru dan teknologi bisa saling mendukung”.

2.Guru Sebagai Pengamat,Peneliti dan Penilai

ujian-kompetensi-guru_20151109_212556

Salah satu metode pengajaran modern saat ini adalah “Kelas terbalik”. Pada metode ini siswa diharuskan belajar terlebih dahulu tanpa bertatap muka dengan guru. Siswa diharuskan belajar secara online baik berupa video,latihan soal,maupun kuis. Pada saat bertatap muka dengan guru, siswa baru bisa menanyakan maupun berdiskusi lebih dalam tentang apa yang belum dimengerti dan dipahami. Karena sistemnya online, guru dapat memantau dan menilai para siswanya serta memberikan bimbingan kepada siswanya secara spesifik dan sesuai kebutuhan.

Kesimpulannya teknologi hanyalah sebagai statistik, sedangkan guru merupakan sarana utama yang dibutuhkan dalam proses belajar. Pada poin kali ini kita bisa melihat peran guru bisa saling bekerjasama dengan teknologi, sehingga peran para guru tetap dibutuhkan saat ini.

 3.Guru sebagai sarana penting untuk Masa Depan

guru-655x360

Kelas tradisional yang umum ada di Indonesia diciptakan untuk kebutuhan industri. Sistem yang diajarkan semua sama. Yang penting lulus sekolah agar bisa masuk ke lapangan kerja. Sedangkan di masa depan hal yang kita perlukan adalah skill Kreativitas,Kemampuan untuk berfikir kritis dan Pemecahan masalah. Untuk dapat menguasai itu semua, masih dibutuhkan bimbingan personal dari seorang pengajar/guru. Para siswa juga harus dibimbing agar bisa memaksimalkan sumber daya yang ada di internet sesuai dengan kebutuhan masing masing. Selain itu, para gurulah yang bisa menularkan nilai nilai ketekunan,kreativitas maupun pikiran positif. Bukan dari teknologi maupun kecerdasan buatan.

Dalam hal ini kita tahu bahwa bahwa guru merupakan sarana yang sangat penting untuk masa depan. Jadi peran guru justru akan sangatlah penting di masa depan dan tidak dapat tergantikan oleh teknologi manapun.

3 Alasan diatas sudah dijelaskan bahwa guru merupakan orang yang sangat berjasa bagi kehidupan kita semua. Hargai dan hormatilah gurumu. Semoga artikel ini dapat menjawab dan memberi informasi tentang berbagai macam pertanyaan maupun pendapat tentang guru dan teknologi.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

-Ananta Wicaksana (ref:Hujan Tanda Tanya)

Wassalamualaikum Wr.Wb

3,327 total views, 6 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar