7

apakah cara makan anda seperti ini? (+4)

mokhamad subakri November 20, 2013

ambil makanan secukupnya  lentera zamanGuraru, sambil menunggu KOPDAR tiba kita baca tulisan ringan berikut yuk. Berapa kali kita menyisakan makanan di piring? Sahabat guraru, sering kita jumpai ada orang yang makan, namun menyisakan makanan di piring. Berikut ini beberpa alasan dari mereka yang sering melakukan perbuat ini.

ambil makanan secukupnya  lentera zaman

Gengsi, ada juga lo saudara kita yang gengsi jika makanan dihabiskan semua. kuatir dikira rakus atau bahkan kelaparan. Biasanya dilakukan orang-orang kaya di resto atau hotel.

Jaim, yang satu ini beda lagi. Dia jaga image dengan bermalas-malasan ketika makan. bahkan makanan hanya sekedar disentuh sebentar saja. Hal ini kebanyakan dilakukan oleh orang yang lagi “bermesraan”.

Rewel, yang ini lain lagi. Dengan makanan yang diterima, dia mengeluh dan mengeluh, akhirnya makanan tidak dihabiskan. biasannya dilakukan orang yang merasa dirinya golongan atas.

Rakus, mumpung ada semua makanan di meja dia ambil satu persatu. Jika ada 3 sayur dan 4 lauk pasti diambil semua. Akhirya di piringnya seperti tong sampah. Ujung-ujungnya makanan benar-benar tidak habis dan harus dibuang di tempat sampah. Biasanya hal ini dilakukan di tempat diklat, seminar, atau workshop.

piring harus bersih tanpa sisa makanan lentera zaman

Sahabat guraru, kami yakin Anda setuju bahwa semua yang di atas tidak baik untuk dilakukan. Perbuatan ini tidak terpuji karena tidak memanfaatkan sesuatu dengan baik. Lihatlah masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan maknan yang layak untuk dimakan (bisa dilihat di sini dan di sini).

Mari kita biasakan menghabiskan makanan hingga tak bersisa (kecuali memang bukan bagian yang tidak harus dimakan). Ambil makanan secukupnya. Biasakan menahan nafsu rakus saat banyak makanan di depan kita. ingat sahabat kita yang belum mengambil jatahnya. Antree dengan rapi saat makan bersama.

Banyak orang bilang, jika kita menghabiskan makanan hingga bersih sebagai bukti rasa syukur dan rejeki akan semakin bertambah. Orang yang peduli dengan kesehatan tubuhnya akan memperhatikan makanan yang dia makan.

Yang terakhir … jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah makan 🙂

ingin baca tips yang lebih keren klik di sini

Pesan : di KOPDAR nanti jangan ada makanan dan minuman tersisa sedikitpun HABISIN, siap guraru? 🙂

1,630 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (7)

  1. Aku menemanimu pak, janganlah merasa sepi walau keadaan sunyi sekalipun. Piring, mangkok dam gelas yang bersih dengan senang hati selalu setia menemai kita. Jangan kotori mereka, meski hanya setitik air atau sebutir nasi. Di manapun, kapanpun, di keluargaku selalu membiasakan diri mengambil secukupnya dan menghabiskannya. Hahahaha, saya jadi puitis kalau menghadapi bapak. OK Terima kasih dan salam perjuangan.

  2. Terimakasih pak Subakri atas sharingnya. Wah saya suka sekali dengan artikel bapak yang sederhana ini namun mengena. Makan dengan secukupnya dan jangan berlebih-lebihan. Ambil makanan secukupnya dan habiskan, jangan ambil makanan sebanyak-banyaknya dengan penuh nafsu namun tidak dihabiskan (tersisa). Allah SWT tidak menyukai yang berlebih-lebihan.

    Oh ya, bagaimana pak Subakri Jadi ikutan Kopdar?

    Salam perjuangan,

  3. Sangat mulia sekali artikel ini, mari terus bersyukur kepada Allah SWT karena telah mengirimkan makanan tepat di depan kita, karena ikan laut, ayam dll telah menempuh perjalanan yang sangat panjang, berasal dari tempat yang saaaaangggat jauh sekali. Berdoa dan hamdallah, tks Pak mokhamad subakri telah mengingatkan, semoga guraru semua punya adab yang baik kepada rizki yang telah kita dapatkan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar