0

Alat Bantu Belajar | Mengapa Tidak? (+1)

Hedy Lim October 3, 2015

Pelajaran Matematika dibantu alat hitung? Pertanyaan seperti itu sering menjadi pro dan kontra. Banyak yang beranggapan bahwa matematika adalah sebuah pelajaran berhitung, dan di dalam belajar itu masak dibantu alat hitung? Ya sudah tidak usah belajar. Bikin siswa malas dong kalau berhitungnya pakai kalkulator.

Namun tidak sedikit pula yang berpendapat, matematika adalah pelajaran menggunakan logika dan berhitung. Perhitungan bisa berlangsung jika persoalan dipahami dan pada saat penyelesaian itulah dibutuhkan kemampuan berhitung. Jadi sebagai alat bantu berhitung, tentu bisa saja kita dibantu, bukan? Kalkulator dapat membantu anak memahami kenapa operasi berhitung bisa seperti yang diteorikan “perkalian dulu baru penjumlahan”, contohnya.

Bagi saya, bernalar matematika dan melakukan perhitungan adalah dua hal berbeda namun tetap berkaitan. Dalam persoalan matematika, banyak ragam dan hal yang bisa dipelajari lebih bermakna, yang kadang membawa perhitungan sebagai satu persoalan kecil di akhir pemecahan masalah tersebut.

Sejalan berkembangnya teknologi, begitu banyak alat canggih yang membantu perhitungan, bahkan bisa mendeteksi suatu masalah berdasarkan konteksnya.

Salah satu yang saya kenal tiga tahun terakhir ini adalah Desmos Grafik Calculator. Alat hitung canggih berbasis website, yang secara gratis dapat kita gunakan untuk berhitung maupun menggambar grafik fungsi. Dulu, memiliki sebuah kalkulator grafik artinya mengeluarkan uang cukup besar untuk memilikinya, sekarang cukup dengan alat bantu komputer atau tablet dan jaringan internet (yang sudah merupakan alat bantu pekerjaan kita sehari-hari), kalkulator didapat secara gratis.

Banyak yang dapat dieksplorasi dari website ini. Pada saat pembelajaran di kelas, dengan mudah guru mempresentasikan secara “live” bagaimana proses menggambar sebuah grafik fungsi. Elemen-elemen apa yang mau kita jelaskan semisal titik puncak parabola, jari-jari lingkaran, garis singgung kurva, dengan mudah dapat kita lakukan.

Dalam topik grafik fungsi (pangkat dua sampai tiga, kebalikan, eksponen, logaritma), saya meminta siswa menggambar berbagai grafik tersebut secara manual dan dibantu desmos kalkulator. Tujuan pembelajaran adalah agar siswa lebih mudah memahami langkah-langkah menggambar grafik/kurva. Beberapa siswa mengadaptasi konsep belajar ini dengan cepat. Mereka belajar dari “mencontoh” gambar yang benar di desmos, dan menghubungkannya sendiri dengan penjelasan saya tentang konsep menggambar grafik fungsi tersebut.

Kegembiraan belajar berlanjut dengan mengajak siswa menggambar sesuatu dari beragam fungsi yang menghasilkan gambar tertentu. Seorang siswa berbagi caranya “menjiplak” dari gambar yang dia cari di internet dan yang mengagumkan adalah jiplakan itu diulang dengan berbagai fungsi di desmos.

Silahkan diklik di blog saya tentang tugas siswa-siswa kelas 9, yang telah saya rangkum dari “screen capture” file desmos mereka.

Salam
Hedy Lim
http://hedy.me

1,240 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar