1

7 Alasan Mengapa Guru Adalah Profesi Terbaik (0)

Pengelola Guraru June 21, 2017

Masih ingatkah saat Guraru masih kecil seringkali ditanyai mengenai cita-cita? Mungkin sebagian besar Anda akan menjawab memiliki cita-cita yang sama, yaitu dokter, pilot, tentara, dan sebagainya. Profesi guru terbilang jarang disebutkan.Padahal sebenarnya, menjadi guru adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia.

Butuh pengorbanan yang begitu besar untuk menjadi seorang guru. Berkat jasa para guru, Anda kini dapat menjadi orang sukses, membebaskan anak-anak dari kebodohan, dan menjadi panutan bagi anak didik. Oleh karena itu, banggalah menjadi seorang guru, karena menjadi guru tak hanya sekadar menjadi pahlawan tanpa tanda jasa tetapi juga profesi terbaik yang pernah ada.

Mengajar Berpotensi untuk Mengubah Kehidupan

Ada pepatah yang mengatakan, “Guru ibarat lilin, membakar diri untuk menerangi orang lain.” Ini artinya, Anda yang telah mengajarkan para siswa dalam berbagai hal, mulai dari akademis, emosional, dan keterampilan, telah turut membantu mengubah hidup dan mengantarkan anak didiknya menjadi orang sukses. Tak peduli sedang sakit, memiliki masalah keluarga, atau masalah jarak yang jauh, Anda selalu ada untuk siswa-siswanya. Itulah mengapa guru disebut agent of change.

Mengajar Berpotensi untuk Mengubah Kehidupan

Mengajar Memberi Kesempatan Untuk Terus Kreatif

Meskipun tidak tercantum dalam kurikulum, setiap Guraru diijinkan untuk berkreasi dalam setiap pelajaran. Bahkan, setiap sesi mengajar, Anda didorong untuk menjadi lebih kreatif dengan menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan di dalam kelas agar siswa senang bertanya, suka meneliti, dan senang menciptakan sesuatu. Di sisi lain, kreativitas ternyata turut membuat Anda lebih berani untuk mencoba gagasan baru dan menikmati proses iteratif (berulang) untuk memastikan lingkungan belajar tercipta optimal.

Mengajar Memberi Kesempatan untuk Terus Menjadi Lebih Baik

Guraru dapat melakukan evaluasi diri secara rutin untuk mendapatkan umpan balik demi perbaikan diri. Tak hanya didorong untuk memiliki rencana dan membuat program pengembangan kompetensi, namun Anda juga diminta untuk selalu mengikuti acara seminar dan pelatihan lainnya secara teratur. Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk tumbuh dan belajar dari guru atau praktisi lain yang lebih berpengalaman.

Mengajar Memberi Kesempatan untuk Terus Menjadi Lebih Baik

Mengajar Adalah Profesi yang Rendah Hati

Jumlah jam kerja guru dengan besarnya gaji terkadang masih tidak proporsional. Namun, hal ini tidak menyurutkan niat Anda untuk mencerdaskan penerus bangsa. Kerendahan hati dan profesionalisme sebagai karakter guru terus terpatri dalam diri Guraru. Kerendahan hati juga membantu Anda untuk mencegah rasa sombong dan membangga-banggakan diri sendiri di depan anak didik.

Mengajar Memberikan Kepuasaan

Syarat utama dari profesionalisme seorang guru adalah panggilan jiwa. Seseorang yang melakukannya atas asas tersebut, maka akan menjalani profesinya dengan semangat pengabdian. Bahkan kini, ada banyak Guraru yang mengabadikan dirinya menjadi guru di daerah terpencil. Kepuasan dari pekerjaan sebagai seorang guru didasari oleh keberhasilan Anda dalam memberikan nilai manfaat bagi sesama dan diri sendiri.

Mengajar Memberikan Kepuasaan

Membuat Anda Dapat Memimpin Dunia Abad Ke-21

Anda memiliki andal besar dalam melahirkan pemimpin-pemimpin baru di abad milineal ini. Sebagai pihak pertama, Guraru harus mampu mengubah proses pembelajaran dengan memperkenalkan siswa pada teknologi baru dan cara mempresentasikannya, menggunakannya, dan melakukan kolaborasi dengan orang lain secara benar-benar menarik dan fresh.

Anda juga harus paham benar untuk melibatkan siswa dalam kolaborasi yang besar, menanamkan inisiatif dalam kurasi, dan mencari informasi yang mengarah pada pembelajaran yang independen. Menyiapkan lingkungan belajar seperti ini adalah kesempatan yang dimiliki setiap Anda. Inilah perasaan puas yang diinginkan para Guraru.

Mengajar Mendekatkan Pada Dunia Anak-anak

Apa yang memotivasi seseorang untuk menjadi guru? Sebagian besar orang akan menjawab karena kecintaan kepada anak-anak. Anda pasti memiliki momen lucu dan berkesan selama mengajar. Tak heran terkadang sampai membentuk sebuah ikatan yang sangat istimewa.

Mengajar Mendekatkan Pada Dunia Anak-anak

Semua paparan diatas telah menyimpulkan satu pandangan bahwa jadilah Guraru yang amanah dan tetap mengabdi para negara. Didiklah siswa-siswimu sebaik mungkin agar menjadi calon dokter, pengacara, polisi, guru, apapun cita-cita mereka yang baik dan bijak di masa depan. Oleh karena itu, tetaplah bangga dengan pekerjaan Anda sebagai guru, ya. Semangat selalu, Guraru!

3,137 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!