0

Acer Indonesia Dorong Kemajuan Pendidikan Berbasis TIK di Jawa Barat (+1)

Pengelola Guraru September 9, 2015

 Acer-Indonesia-Dorong-Kemajuan-Pendidikan-Berbasis-TIK-di-Jawa-Barat

Perkembangan dunia pendidikan tak dapat dipisahkan dari pesatnya kemajuan teknologi. Faktanya, keberadaan teknologi di satuan pendidikan sangat diperlukan untuk memajukan sektor pendidikan. Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan kemajuan pendidikan, Direktorat Teknologi Informasi dan Informasi (TIK) Universtias Pendidikan Indonesia (UPI) menggandeng Acer Indonesia untuk menyelenggarakan pameran pendidikan dan diskusi bertajuk Next Generation Education: Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing di Era Digital.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini telah diselenggarakan di Gedung Balai Pertemuan UPI Bandung pada 31 Agustus – 3 September lalu. Melalui diskusi tersebut diharapkan dapat memberi wawasan kepada Guraru tentang peluang dan tantangan yang akan dihadapi bersama oleh institusi pendidikan dalam menghadapi inovasi proses belajar-mengajar dalam penyelenggaraan pendidikan saat ini. Hal ini penting agar ke depannya Guraru dapat mempersiapkan diri, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lebih efisien, efektif dan optimal.

Kang Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat, mengakui bahwa pemanfaatan TIK di sekolah-sekolah saat ini terbilang relatif minim. Padahal, sektor pendidikan dapat mewujudkan Jawa Barat menjadi propinsi yang mandiri, dinamis dan sejahtera.

“Jawa Barat sebagai salah satu propinsi tertua di Indonesia memiliki tempat yang stategis sebagai penyangga ibu kota dengan populasi masyarakatnya terbesar, sosial budayanya beragam, pembangunan disegala aspek mengalami pertumbuhan yang pesat. Oleh karena itu, Jawa Barat masa yang akan datang harus maju, mandiri, dinamis dan sejahtera melalui dunia pendidikan,” ungkap Kang Aher.

Guna mewujudkan niatan Gubernur Jawa Barat, Prof. H. Furqon, MA., Ph.D selaku Rektor UPI, mengingatkan bahwa segala kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut setiap institusi pendidikan untuk beradaptasi. Menurutnya, UPI siap mengimplementasikan dan mensinergikan kurikulum dan proses pembelajaran yang inovatif untuk kemajuan bangsa.

“Melalui kegiatan UPI NextGen Education 2015 ini, kami berharap dapat memanfaatkan peran TIK lebih jauh dalam hal pengelolaan institusi pendidikan. Peran yang dimaksud adalah memudahkan institusi pendidikan untuk menyediakan layanan informasi untuk para peserta didik, orang tua dan masyarakat secara lebih efisien, efektif dan optimal,” jelas Furqon.

Oleh karena itu, kesiapan insfrastruktur dan fasilitas pendukung sangat menentukan penggunaan teknologi digital dalam kegiatan belajar-mengajar. Sebagai salah satu produsen notebook yang memiliki pangsa pasar cukup besar, Acer Indonesia turut berkontribusi memfasilitasi sekaligus ikut serta mendukung penggunaan TIK bagi sektor pendidikan di Jawa Barat.

“Acer Indonesia bangga dapat memfasilitasi sekaligus ikut serta mendukung penggunaan TIK bagi sektor pendidikan di Jawa Barat. Sudah menjadi komitmen kami membantu pelaku pendidikan untuk belajar dan mengenal TIK dalam learning environment yang lebih maju. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk menghadirkan teknologi yang dapat digunakan oleh guru dan murid, sehingga tak ada lagi batasan untuk saling berinteraksi dalam proses belajar mengajar di era digital ini,” ungkap Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia.

Tak ketinggalan, Intel Indonesia dan Microsoft Indonesia juga turut mendukung dan berkontribusi dalam pendidikan di Tanah Air. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Intel Indonesia menggalakkan penggunaan notebook dan tablet sebagai alat pembelajaran melalui dukungan teknologi terbaru berbasis prosesor Intel. Sementara Microsoft Indonesia ikut memberdayakan para pendidik melalui berbagai program edukasi untuk melatih metode mengajar generasi digital. Dengan ragam teknologi yang dimiliki Microsoft, diharapkan siswa akan mendapatkan pengalaman belajar untuk mempersiapkan diri mereka ketika masuk ke dunia kerja kelak.

UPI NexGen Education tahun ini diikuti oleh perwakilan 32 Pemerintahan Kota di Jawa Barat, Dinas Pendidikan, Universitas, Politeknik, akademi dan sekolah SMA dan SMK di Jawa Barat. Selain Acer Indonesia, Intel Indonesia dan Microsoft Indonesia, acara ini juga didukung oleh Telkom Indonesia, Certiport Indonesia, Ruchus Wireless dan Infosis BLU yang juga memiliki komitmen mendukung kemajuan pendidikan berbasis TIK di Indonesia.

1,126 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!