0

9+ Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic 6 (+1)

Muhammad Alim May 21, 2017

Teknologi informasi dan komunikasi pada dewasa ini memasuki semua dimensi kehidupan masyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi di tengah-tengah masyarakat, semua kalangan dapat dengan mudah mendapatkan sebuah informasi. Dalam suatu hal pastilah ada dua sisi yang berbeda dan berbeda juga menyikapinya. Positif dan negatifnya teknologi tergantung kepada kita sebagai penggunanya. Pemanfaatan terhadap teknologi secara positif dapat di implementasikan pada dunia pendidikan untuk memperbaiki mutu pendidikan. Sumber belajar dengan mudah di temukan oleh siswa dengan teknologi informasi dan kepraktisanlah serta kecanggihan yang menjadi nilai plusnya, tetapi tidak melupakan bobot dari materinya.
Teknologi mengarahkan manusia seakan-akan memeluk semua dimensi kehidupan, membuka wawasan cakrawala, serta membangun sebuah kreativitas untuk menciptakan inovasi. Pemanfaatan teknologi untuk dunia pendidikan sangatlah membantu dalam pembelajaran dikelas. Teknologi membuat siswa belajar lebih mandiri dan menambah rasa ingin tahu siswa terhadap pelajaran yang dikemas dengan menarik serta inovatif.
Visual basic merupakan salah satu dari teknologi informasi yang dapat digunakan secara maksimal dalam pendidikan. Pembuatan media dengan visual basic diharapkan mampu memenuhi inovasi dan variasi dalam pembelajaran di kelas. Pada dasarnya sudah banyak aplikasi yang diciptakan melalui program ini, akan tetapi yang bersifat pendidikan kurang diperhatikan. Aplikasi ini dipilih karena pada umumnya lebih dipahami oleh banyak kalangan termasuk guru dalam menjalankannya.

Teknologi informasi sebagai media dan sumber belajar untuk sarana penyampaian materi kepada siswa dan sumber belajar siswa secara mandiri. Secara umum media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan bahan pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran (Khanifatul, 2013:30). Sedangkan menurut pendapat Djamarah & Aswan (2006:121) berpendapat hakikat media pembelajaran yang mana alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran. Jadi pada dasarnya media pembelajaran adalah sebuah alat atau sarana dalam berbagai bentuk media, untuk penyalur pesan kepada siswa, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Fungsi dan Tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003 Bab II pasal 3 yang menyatakan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Macam-macam media menurut Arsyad (2011: 29) mengelompokkan media pembelajaran berdasarkan perkembangan teknologi menjadi empat kelas, antara lain: Media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio visual, media hasil teknologi yang berdasarkan komputer, media hasil gabungan teknologi dan cetak.
Tujuan dari media sendiri adalah membangkitkan semangat siswa dalam belajar, mempermudah siswa dalam belajar sehingga belajar pembelajaran berjalan dengan lancar dan tujuan pun tercapai. Manfaat media pembelajaran menurut Sanjaya (2006:160) mengunakan media pemblelajaran bukan saja mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik.
Catatan penting dalam membuat media pembelajaran guru harus memperhatikan hal-hal kecil berikut yang seringkali dilupakan, antara lain:
1. Memberi judul materi yang diajarkan pada media.
2. Mencantumkan Kompetensi Inti (KI) pada media pembelajaran.
3. Mencantumkan Kompetensi Dasar (KD) pada media pembelajaran.
4. Mencantumkan Indikator Kompetensi pada media pembelajaran.
5. Memberi petunjuk belajar pada media pembelajaran.
6. Memberi peta konsep atau gambaran umum pada awal media.

Ebook dan Tutorial selengkapnya dapat anda unduh di

https://drive.google.com/file/d/0B-o8D45rVsw4RHlrMF9XYmdCTWs/view?usp=sharing

477 total views, 4 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar