1

Kewajiban Orangtua Siswa (+1)

Andrean Mega Sukmara October 5, 2015

1. Membaca untuk anak Anda

“Hal yang paling penting untuk membangun kemampuan anak dalam membaca, adalah membaca keras – keras pada anak,” ungkap Departemen Komisi Pendidikan Membaca Amerika Serikat pada tahun 1985. Bacakan anak sebuah buku, buku apapun, minimal tiga kali dalam seminggu. Hal ini dapat menanamkan keinginan membaca pada anak.

2. Kenali sang guru

Tanyakan cara terbaik untuk menghubungi guru anak Anda, dari telepon ataupun email. Selalu hadir dalam rapat orangtua dengan guru. Jangan menjadi orang tua yang hanya muncul jika pengambilan rapot saja.

3. Dorong hubungan pertemanan anak dengan temannya di luar sekolah

Kegiatan belajar di kelas merupakan cara terbaik untuk melatih kerja sama tim. Namun, jarang ada waktu lain agar si anak mengenal dekat teman – temannya selain saat di sekolah. Untuk itu, pastikan anak Anda menyempatkan diri bermain dengan teman – temannya di luar waktu sekolah dengan mengajaknya bermain ke satu tempat.

4. Ikut partisipasi dalam acara sekolah

Jangan lewatkan acara sekolah seperti talent show, pameran sekolah, dan acara lainnya. Anda tidak hanya membantu anak sukses dalam sekolahnya, namun juga bisa menjadi kenangan berharga dengannya.

5. Ajari anak di luar jam sekolahnya

Ada kalanya belajar tidak mengambil tempat di sekolah, sehingga anak diminta untuk belajar di rumah. Namun bukan berarti anak Anda harus belajar sendiri, tetap bimbing mereka. Belajar di rumah tidak harus mengenai materi dasar di sekolah seperti matematika. Anda bisa ajari anak membuat kue, berolah raga, berbicara bahasa inggris, ataupun pergi ke museum.

6. Ajari anak bersih -bersih

Apakah anak Anda sudah bisa meletakkan mainannya kembali ke tempatnya? Jika anak Anda tidak merapikan barang – barangnya sendiri di rumah, ia bisa menjadi berantakan di sekolah. Ajarkan anak membereskan mainannya setelah selesai bermain. Ajari membuang sampah, merapikan tempat tidur, dan mencuci piring.

Ketika Anda terlibat dalam sekolah, seperti membimbing anak belajar di rumah, Anda menjadi bagian berharga dari kesuksesan anak Anda, baik di dalam maupun luar sekolah. Tentunya guru akan senang dan berterima kasih pada Anda, anak Anda pun juga.

 

Di wilayah saya (Desa Jayamulya) hampir semua Orangtua siswa bertumpu atau mengandalkan pendidikan kepada Guru,  menurut saya pendidikan lebih banyak di luar sekolah, terutama Prilaku dan Emosional.  ada istilah yang menyatakan  “It takes a village to raise a child.” Istilah yang diyakini dari Afrika ini memiliki arti bahwa butuh banyak orang untuk membesarkan dan mendidik anak. Kita tidak bisa hanya mengharapkan guru menjadi satu – satunya orang yang mendidik anak. Sebuah penelitian membuktikan di saat seorang ayah dan ibu terlibat dalam kegiatan sekolah anak, baik dalam nilai, perilaku, dan emosional, semua menjadi meningkat.

1,272 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.