7

5 Free Android Applications for English Language Learners (+1)

Fitta A. September 27, 2012

Ketika smartphone android ramai dibicarakan, saya pun tergoda ingin membelinya dan mencari tahu sejauh mana smartphone ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar. Jadilah saya membeli Samsung Galaxy Young yang cukup terjangkau harganya.

Selain desainnya yg memang anak muda banget tenyata smartphone ini bisa saya maksimal untuk mendownload aplikasi-aplikasi edukasi. Wah, senangnya minta ampun saat saya menemukan banyak aplikasi android yang bisa dipakai untuk mendukung kegiatan belajar, khususnya belajar bahasa Inggris.

Berikut saya akan mengulas sekilas 5 aplikasi android gratis dari Play Store yang bisa didownload para guru dan siswa.

1. Kamusku
Mencari kosakata bahasa Inggris ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya sekarang tidak usah susah-susah membuka kamus setebal batako lagi. Aplikasi Kamusku ini sudah cukup lengkap menyajikan kosakata bahasa Inggris-bahasa Indonesia. Asyiknya lagi jika kosakata pada kamus ditekan agak lama maka akan ada pilihan “Say the word” untuk mendengar bagaimana kosakata itu diucapkan oleh native speaker. Kereeen!


2. Johnny Grammar's Quizmaster
Kalau menurut saya ini adalah salah satu exercise grammar yg super duper mengasyikkan. Johnny Grammar's Quizmaster tidak hanya menyajikan soal-soal terkait grammar tapi juga ada section latihan Vocabulary dan Spelling. Selain itu juga ada reviewnya jika jawaban kita ada yg salah. Pokoknya aplikasi ini wajib didownload! You must download this application or you will be sorry for your whole life!  Setelah menantang si Johnny kita pun bisa mengupload jumlah poin yg kita dapatkan ke jejaring sosial seperti Facebook.


 

3. English Idioms Dictionary
Oya, sebelumnya saya mau tanya kapan terakhir kali anda membuka kamus idiom bahasa Inggris? Ok, jangan khawatir saya juga sudah lama tidak membuka-buka kamus idiom hehe. Belum terlambat kok untuk belajar  idiom-idiom bahasa Inggris untuk menambah cita rasa dlm berbahasa Inggris  lisan dan tulisan nantinya. Ok! Keep up the good spirits and break a leg!

4. English Tenses Generator
Kalau saya perhatikan semakin banyak aplikasi gratisan terkait pembelajaran Grammar, termasuk pembahasan tentang “Tenses” dan salah satu yang wajib dicoba para siswa adalah English Tenses Generator. Siswa bisa merancang sendiri kalimat-kalimat past, perfect, progressive, future, aktive/passive, conditional sentences dengan pilihan-pilihan pola kalimat yang ada. Pokoknya semakin seru deh belajar “Tenses”-nya.


5. Famous Quotes
Aplikasi ini menyediakan cukup banyak quotation dari tokoh-tokoh ternama dengan aneka pilihan topik mulai dari tema tentang ‘Love’ sampai ‘Politic’. Selain bermanfaat menambah kosakata baru, kita pasti akan terinspirasi setelah membacanya. Quotation yang menurut anda inspiratif bisa dikirimkan ke jaringan sosial media agar semakin banyak orang membacanya.


Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi bagus untuk pembelajaran bahasa Inggris yang ingin saya ulas. Tapi kalau kepanjangan bisa jadi saya menulis buku bukan artikel hehe. Ok! Happy Learning! ^_^

Kunjungi juga blog saya di: http://funkreatifittaz.blogspot.com/


 

1,509 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar