1

5 Rekomendasi Menarik Seputar Metode Mengajar (+3)

Pengelola Guraru October 12, 2016

Menjadi seorang guru tidak berarti terpaku pada metode pelajaran yang monoton dan terpaku kepada kurikulum yang sudah ditentukan, bukan? Seorang guru juga bisa mengikuti perkembangan zaman agar proses mengajar tidak tertinggal misalnya seperti melibatkan teknologi atau cara mengajar yang menarik.

Di bawah ini ada beberapa ide teknik mengajar yang dapat diterapkan guru kepada siswa di sekolah seperti yang disarankan oleh konsultan dari Komunitas Psikologi Mania Indonesia:

pt 1 fokus

  1. Materi Visual dalam Powerpoint

Metode pembelajaran dengan menggunakan powerpoint dalam menjelaskan materi dapat membantu para siswa memahami materi pelajaran dan siswa dapat menghafal lebih jelas dari poin ke poin. Nah, coba sesekali tambahkan materi gambar atau video terkait tema pelajaran ke dalam slide

Dengan menambahkan materi visual ke dalam powerpoint dapat membantu siswa menyimak apa yang diajarkan karena materi yang disampaikan terlihat menarik. Dalam hal ini, maka guru dapat melakukan sekreatif mungkin dan mengeksplor lebih dalam terhadap materi yang akan diajarkan kepada siswa.

pt 5 metode

  1. Metode Tanya Jawab

Metode belajar yang attractive dengan melibatkan seluruh siswa, seperti metode belajar tanya jawab yang terkait dengan pelajaran. Selain mengasah kemampuan pembelajaran, metode ini dapat digunakan untuk mencairkan suasana. Misalnya memberikan satu dua pertanyaan untuk memberikan suasana menjadi lebih santai. Siswa juga dapat tertantang untuk menjawab ketika guru memberi pertanyaan yang dikaitkan dengan kondisi yang sedang terjadi.

pt 3 apresiasi

  1. Memberikan Apresiasi Kepada Siswa

Sekalipun jawaban yang diberikan oleh siswa kurang tepat, memberikan apresiasi positif terhadap siswa yang berani mencoba menjawab pertanyaan juga bisa menjadi alternatif dalam proses mengajar. Adanya apresiasi ini berarti siswa tersebut memiliki nilai keberanian lebih dibandingkan dengan temannya yang tidak menjawab.

Apresiasi yang diberikan tidak harus berupa kata sanjungan, cukup dengan memberikan komentar positif bahwa dia sudah berani menjawab. Dengan memberikan apresiasi positif dapat membantu siswa semakin berani berinteraksi dan berusaha memperbaiki diri dengan belajar lebih giat untuk memberikan jawaban yang benar.

  1. Memanfaatkan Visual dan Teknologi

Seiring berjalannya waktu, teknik mengajar dapat berubah mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat terlihat menarik. Memanfaatkan teknologi untuk mengajar bisa metode melalui internet. Misalnya download beberapa video di YouTube yang temanya sesuai dengan materi yang diajarkan di kelas.

Selain video, guru juga dapat memanfaatkan gambar menarik dan memanfaatkan infographic menarik yang ada di internet. Penguasaan materi belajar yang digabungkan dengan visual gambar dan video dapat menambah minat siswa dalam memperhatikan pelajaran di kelas.

  1. Metode Mengajar dan Motivasi

Metode mengajar dan meningkatkan minat siswa telah dikembangkan John M. Keller dari Florida State University. Metode ini menerapkan sistem pembelajaran sekaligus meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Selain itu, dengan metode ini pula guru ditantang untuk menggali minat siswa lebih dalam dengan memberikan perhatian khusus.

Ada empat strategi dalam metode mengajar dan memotivasi siswa ini. Diantaranya, memberikan perhatian khusus terhadap minat dan bakat siswa, meningkatkan rasa keingintahuan siswa, memberikan perhatian, dan mendampingi siswa dalam mengembangkan minatnya.

Semoga lima tips di atas dapat bermanfaat bagi para guru dalam menerapkan proses metode belajar dan mengajar kepada siswa. Nah, apakah dari beberapa metode ini ada yang menarik untuk Guraru coba? Atau Anda punya ide metode menarik lainnya dalam mengajar? Silakan berbagi di sini.

1,902 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar