5

5 Keuntungan Penggunaan Teknologi dalam Dunia Pendidikan (+4)

Mutiara May 27, 2017

Teknologi kini telah membawa pengaruh besar terhadap segala aspek kehidupan sehari-hari, termasuk pada dunia pendidikan. Penggunaan beberapa alat pendukung ‘canggih’ pada kegiatan belajar mengajar membawa perubahan yang cukup signifikan dan tentunya hal ini penting untuk dipahami guru sebagai tenaga pengajar.

b295cc3637e064ce9e3beee3c9d6b389

Jika sebelumnya sistem belajar mengajar di sekolah umumnya dilengkapi dengan papan tulis kapur atau spidol serta buku-buku pelajaran, kini kemajuan teknologi dapat menyempurnakannya dengan perangkat-perangkat yang lebih efisien yang mampu memberi kemudahan dan menunjang proses belajar mengajar.

Apabila kemajuan teknologi tersebut dapat digunakan dengan baik, maka proses belajar mengajar di masa kini setidaknya bisa mendapatkan lima keuntungan guna keberlangsungan dunia pendidikan yang semakin berkembang serta demi kecerdasan dan persiapan anak bangsa menghadapi abad ke-20 yang penuh akan persaingan ekonomi industri.

1. Dinamis

8194eeec87b9c27c5bfd6c60ec5b100a(Via: Northbrook Patch)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dinamis memiliki arti penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya. Jika dikaitkan dengan dunia pendidikan, teknologi dalam hal ini dapat membawa sistem belajar yang lebih dinamis, sehingga dapat diartikan mampu membawa semangat tinggi dan gairah dalam mencari ilmu.

Dengan teknologi pun, cara belajar kini dapat berjalan secara fleksibel atau mudah untuk disesuaikan seperti pada kegiatan belajar pada gambar di atas. Seorang guru mengajak siswa kelas 3 sekolah Willowbrook USA, untuk belajar pengetahuan alam secara langsung melalui Skype yang terhubung dengan Jean Pennycook, seorang peneliti penguin yang berada di Antartika.

2. Interaktif

Interactive_whiteboard_at_CeBIT_2007 (1)

Teknologi dalam dunia pendidikan dapat digunakan untuk membuat proses belajar mengajar yang interaktif. Sehingga, hal itu dapat meningkatkan keingintahuan dan minat yang lebih tinggi pada siswa untuk terlibat dalam setiap topik suatu pelajaran maupun pengerjaan soal.

Stigma ‘guru menyuapi murid’ pun secara perlahan dapat menghilang, karena kini siswa akan dituntut untuk aktif dalam proses belajar.

3. Inovatif

Ediewoo(Via: abc.net.au)

Edie Woo, seorang guru matematika asal Australia memanfaatkan teknologi internet dalam proses mengajarnya. Ia dikenal di seluruh dunia berkat rekaman video pada akunnya di situs youtube yang mengajarkan pemecahan berbagai soal matematika.

Kepala Sekolah Cherrybrook Technology High School Australia mengungkapkan bahwa guru Woo telah membantu mengatasi kekurangan guru matematika di Australia serta membuat metematika menjadi popular lagi. Berkat pemanfaatan teknologi tersebut pula, banyak siswa di seluruh dunia yang merasa terbantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR) matematika, sehingga proses belajar kini tidak lagi hanya di dalam ruang kelas sekolah, melainkan belajar juga dapat dilakukan sendiri via online.

Pendidikan pun kini dapat diakses oleh semua orang di dunia dan teknologi juga dapat dijadikan alat pembelajaran digital yang mudah disesuaikan untuk mempersonalisasikan cara seseorang dalam belajar, bekerja, maupun berinovasi.

4. Kreatif 

conductive-music1 (1)

Peran teknologi dalam dunia pendidikan masa kini juga mampu meningkatkan kreatifitas. Dapat dikatakan, kemajuan teknologi mampu mendorong seseorang untuk memiliki ketertarikan yang besar terhadap hal-hal berbau digital, sehingga apabila teknologi dimanfaatkan secara baik, proses belajar mengajar pun akan merangsang kreatifitas seseorang baik dalam berpikir maupun dalam bertindak.

Beberapa ‘alat’ yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kreatifitas diantaranya yaitu perangkat video audio, blog, mind-mapping, infografis, digital storytelling, hingga permainan edukasi.

5. Membangun komunitas 

classroom(Google Classroom)

Teknologi internet mengubah masyarakat dalam berinteraksi atau berkomunikasi. Dapat kita jumpai, anak sekolahan pun kini dapat terhubung dengan teman sekelasnya melalui group pada aplikasi chatting.

Selain sekedar chatting, kemajuan teknologi juga dapat membantu melahirkan komunitas baru seperti pada dunia pendidikan baik melalui berbagai akun social media, maupun melalui suatu laman seperti Google Classroom yang dapat dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar secara kelas online.

 

Akhir kata, sudah sepatutunya fenomena kemajuan teknologi kini tidak lagi dihadapi dengan sikap apatis maupun konservatif. Lima keuntungan diatas bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi para tenaga pendidik untuk belajar memanfaatkan teknologi, karena pada dasarnya sistem pendidikan tidak dapat dihentikan, melainkan harus terus berjalan mengikuti perkembangan zaman.

 

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

1,399 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

  1. SETUJU sekali ibu Mutiara

    sudah sepatutunya fenomena kemajuan teknologi kini tidak lagi dihadapi dengan sikap apatis maupun konservatif. Lima keuntungan diatas bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi para tenaga pendidik untuk belajar memanfaatkan teknologi, karena pada dasarnya sistem pendidikan tidak dapat dihentikan, melainkan harus terus berjalan mengikuti perkembangan zaman.

    semoga guru-guru dan orang tua kita tidak apatis dan konservatif

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like fiacebook
    semoga sukses ibu Mutiara
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar