4

5 Cara Sederhana Membuat Presentasi Visual Yang Kuat dan Bermakna (+4)

Rusdi Mustapa June 16, 2015

uny media 3

Pernahkah kita selaku guru saat mengajar menggunakan presentasi  powerpoint siswa kurang antusias ? Padahal mungkin kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Bagaimana cara agar siswa lebih antusias mengikuti presentasi materi kita ?

Salah satu cara utama untuk membuat presentasi kita lebih mudah dipahami dan menggugah emosi siswa adalah dengan membuatnya visual.

Ada tiga alasan utama kenapa kita harus membuat slide visual?

1. Orang tidak akan memperhatikan pada sesuatu yang membosankan

Dr. John Medina, ahli pakar kerja otak dalam bukunya brain rules mengatakan.

“Otak tidak akan memperhatikan pada sesuatu yang membosankan”

Itu artinya, jika kita membuat slide penuh teks dan bullet point, tanpa visual pendukung yang kuat maka secara otomotis siswa tidak akan memperhatikan kita.  Karena apa yang kita tampilkan pada slide sedikit pun tidak menarik perhatian mereka. Ini sesuai dengan sistem kerja otak mereka, jadi mau kita paksa seperti apapun mereka tidak akan memperhatikan.

Karena itu jangan buat slide yang membosankan untuk presentasi. Tapi buatlah slide menarik, sehingga siswa memperhatikan dengan seksama apa yang kita tampilkan.

2. Orang menciptakan makna dengan tindakan interogasi visual

Untuk memahami maksud dari menciptakan makna dengan tindakan interogasi visual. perhatikan presentasi berikut ini.

http://www.ted.com/talks/lang/id/tom_wujec_on_3_ways_the_brain_creates_meaning

Menurut Wujec ada tiga komponen untuk menjadikan  tampilan visual lebih bermakna.

  1. Gunakan gambar untuk memperjelas apa yang ingin kita komunikasikan.
  2. Jadikan gambar itu interaktif agar kita bisa melibatkan emosi audiens lebih dalam.
  3. Jadikan gambar Anda berkesan supaya mudah diingat

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa untuk membuat presentasi visual yang kuat dan bermakna, Anda harus menggunakan gambar dalam presentasi Anda. Gambar harus relevan supaya pesan Anda jelas dan mudah dipahami. Gambar harus dioptimasi supaya mampu menyentuh emosi audiens lebih dalam. Pilih gambar yang tepat dan kuat supaya pesan Anda berkesan dan mudah diingat.

3. Presentasi adalah komunikasi terpadu antara pesan verbal, visual dan pesan non verbal (bahasa tubuh)

Kita harus tahu presentasi adalah sebuah komunikasi terpadu antara pesan verbal, visual dan bahasa tubuh. Masing-masing memiliki peran yang sangat vital untuk kesuksesan komunikasi kita.

Komunikasi yang sukses akan terjadi apabila seorang komunikator bisa menyampaikan pesan dengan media yang tepat kepada penerima pesan dan hasilnya penerima pesan memahami atau menindaklanjuti pesan yang telah disampaikan. Inilah idealnya sebuah komunikasi.

Namun harus kita akui itu bukan hal yang mudah dilakukan. Karena ada banyak sekali hambatan-hambatan dalam proses komunikasi.

Dan ini juga berlaku dalam komunikasi dalam presentasi. Tugas kita sebagai  presenter yang terampil harus menyadari hambatan tersebut dan mengatasi setiap hambatan yang ada. Salah satunya adalah dengan menyajikan tampilan visual yang sederhana, menarik secara visual dan komunikatif. Dengan demikian siswa kita akan mudah memahami materi kita, mudah mengingatnya dan mudah terinspirasi dengan apa yang kita sampaikan.

Nah, untuk membuat presentasi visual ada beberapa cara bisa kita lakukan. Beberapa cara itu adalah sebagai berikut.

1. Menambahkan foto atau gambar objek nyata

Menambahkan foto atau gambar objek nyata pada slide adalah cara yang paling sering digunakan oleh para designer untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih visual. Selain menarik perhatian, foto atau gambar objek nyata yang digunakan dengan baik dan benar juga dapat meningkatkan pemahaman dan dapat melibatkan audiens lebih dalam.

2. Menambahkan simbol atau icon

Perlu kita pahami bahwa untuk membuat slide presentasi yang baik tidak harus selalu menggunakan foto atau gambar nyata. Dalam keadaan tertentu kita juga dapat menggunakan cara lain seperti membuat presentasi kreatif dengan icon atau simbol.

Contohnya dapat kita perhatikan pada slide di bawah ini:

Slide dengan simbol atau icon

 

3. Menggunakan video

Jika kita ingin membuat dampak yang lebih kuat untuk presentasi yang kita lakukan, menampilkan video dalam presentasi bisa menjadi alternatif yang baik.

media4

Terkait dengan video ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama sebelum kita menggunakannya yaitu relevansi video dengan materi, durasi waktu video yang akan kita putar serta format video yang kita gunakan.

Setelah video siap, barulah kita memasukkan ke powerpoint. Hal ini untuk memastikan video menyatu ke dalam alur presentasi dan memastikan transisi dari presentasi oral ke video tidak terganggu.

Jadi kita tidak perlu repot menampilkan video dalam presentasi yang akan kita putar pada notebook atau PC kita. Semua akan berjalan mudah hanya dengan sekali klik saja.

4. Menggunakan Grafik

Jika presentasi kita banyak berhubungan dengan angka maka menggunakan grafik adalah cara terbaik untuk melakukannya. Karena grafik yang dibuat dengan efektif, akan mampu menjelaskan data yang rumit menjadi lebih mudah dimengerti.

Contohnya dapat kita perhatikan pada slide di bawah ini:
Contoh Grafik

5. Menggunakan Diagram

Ya ini juga cara yang juga baik untuk membuat presentasi kita lebih visual. Khususnya bagi kita yang sering menyampaikan presentasi yang bersifat teknik, seperti menyajikan sebuah proses, menjelaskan hubungan antar item, menjelaskan pelaksanaan jadwal proyek atau pun yang lain.

Namun harus kita perhatikan, saat  menggunakan diagram kita harus memastikan diagram yang kita gunakan sesuai dengan konten yang ditampilkan. Selain itu tampilannya juga harus kita buat menarik dan profesional, jangan hanya sekedar menggunakan diagram bawaan powerpoint yang umumnya membosankan.

Contohnya dapat kita perhatikan pada gambar bawah ini:

Contoh Diagram

Untuk bisa membuat diagram seperti di atas, kita harus mau mengembangkan kreativitas kita. Karena diagram seperti di atas tidak akan bisa kita buat tanpa sebuah kreativitas.

1,169 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!