12

4 Langkah Menciptakan Pagi yang Indah Modal Belajar Bermakna (+4)

mokhamad subakri June 16, 2017

menyambut kedatangan murid desakuPendidikan tidak menuai benih pada dirimu,  pendidikan membuat benihmu tumbuh dan berkembang
><><><><><><><><><><><><><><><><><
Sahabat Guru di manapun Anda berada, berikut ini 4 tips agar siswa kita cinta pada gurunya. Di bagian bawah juga ada tes apakah kita termasuk guru yang dicintai siswa. Selamat mencoba 🙂

1.    Dahului Memberi Salam
Guru lebih tua, sudah pasti! Tapi bukan berarti memberi salam terlebih dahulu merupakan perbuatan merendahkan diri. Dalam dunia pendidikan kita patut memberikan teladan yang baik. Siswa kadang belum tahu, malu, atau faktor lain yang membuat mereka tidak bisa mengucapkan salam. Saat kita memberikan salam, saya yakin anak-anak akan membalas dan ada perasaan senang pada hatinya. Pintu hatinya mulai terbuka untuk kita. Awal yang baik bukan?

2.    Berikan Senyuman Terindah
Jika kita bertemu orang yang kita kenal. Ternyata dia membuang muka, tidak melihat ke arah kita. Bagaiman perasaan Anda? TIDAK ENAK, akan timbul prasangka yang macam-macam.

Apakah siswa kenal dengan kita, pati kenal bukan? Bagaimana perasaan mereka saat berpapasan dengan Anda dan Anda membuang muka? Sama dengan cerita di atas, mereka akan merasa diremehkan atau tidak dipedulikan.

Kontradiksi dengan cerita di atas. Bagai mana jika Anda bertemu dengan teman, dan dia tersenyum saat melihat Anda. Pastinya Anda ikut bahagia bukan?

SENYUMAN adalah ZIMAT PEMIKAT yang nilainya tiada tara. Kenapa kita tidak mengunakan zimat senyuman setiap bertemu dengan siswa kita? Dengan senyum Anda, siswa akan semakin “nyaman” berlama-lama dengan Anda. Awal yang baik bukan?

3.    Ajak Berjabat Tangan
Berjabat tangan tanda persahabatan. Jika kita berani bendahului berjabat tangan dengan siswa, ini tanda guru yang berbudi luhur. Bukan malah guru yang merendahkan harga dirinya. Guru yang baik adalah guru yang bersahabat dengan siswanya.

Untuk menjalin keakraban, maka jabatlah tangannya maka mereka akan semakin dekat dengan Anda. Kecuali bagi guru-guru yang berbeda jenis gandernya. Lebih baik tidak berjabat tangan namun menggunakan isyarat tangan yang lajim digunakan. Awal yang baik bukan?

4.    Puji dengan Seikhalasnya
Puji setiap perbuatan, sikap, atau penampilan meskin itu hal yang remeh bagi kebanyakan orang. Pujian Anda akan membuat siswa dalam kondisi percaya diri dan atmosfer termotivasi. Beri pujian dengan seikhlasnya dan sepantasnya, tidak berlebih. Dengan demikian ini adalah awal yang baik bukan?

menyambut kedatangan murid desaku

klik di  sini untuk download  KUISIONER mengetahui Apakah murid Anda cinta pada gurunya.

TIPE GURU :

Total Nilai 36-40 : GURU MENAKJUBKAN
SELAMAT, Anda tipe guru yang selalu dinanti siswa. Kehadiran Anda adalah generator semangat siswa. Anda adalah tokoh idola yang dijadikan teladan. Hidup Anda penuh semangat dan kebaikan. Anda guru yang MEMENUHI SYARAT mendapat tunjangan profesi.

Total Nilai 30-45 : GURU HEBAT
SELAMAT, Kehadiran Anda masih ditunggu siswa. Kata-kata Anda didengar oleh siswa. Anda juga termasuk tokoh teladan bagi siswa Anda. Cara hidup Anda juga penuh semangat. Suka berbuat baik untuk orang lain. Anda guru yang MEMENUHI SYARAT mendapat tunjangan profesi.

Total Nilai 21- 29 : GURU LEMAH
HATI-HATI, Anda tergolong dalam kondisi rawan kurang dipercaya siswa. Siswa Anda masih ragu dengan kata-kata dan semangat Anda. Anda juga belum bisa menjadi teman yang begitu baik bagi siswa. Lebih cenderung mementingkan diri sendiri dan kenikmatan pribadi dari pada siswa. Anda guru yang KURANG MEMENUHI SYARAT mendapat tunjangan profesi. Cek dan perbaiki di DAPODIK JIWA ANDA heee …. heee ….

Total Nilai kurang dari 20 : GURU FATAMORGANA
Anda ada tapi tidak ada. Anda tidak ada tapi Ada. Itu anggapan siswa buat Anda. Profesi guru bagi Anda sekedar memenuhi daftar hadir dan menunggu gaji bulanan. Kami sarankan Anda mencari profesi lain jika tidak bergegas perbaiki diri agar negeri ini tidak semakin sakit. Anda guru yang TIDAK MEMENUHI SYARAT mendapat tunjangan profesi. Cek dan perbaiki di DAPODIK JIWA ANDA kemungkinan kemasukkan virus trojan yang merusak sistem kebaikan di hati dan otak ….  heee …. heee ….

Selamat mencoba 4 hal di atas, semoga ini menjadi kebiasaan yang mungkin dipaksaakan pada awalnya. Namun mejadi karakter di kemudian hari. Mari bersama memajukan pendidikan bermakna baik bagi putra-putri Lumajang. (m. subakri)

ingint tahu yang lain klik di sini

3,013 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (12)

  1. saya setuju dengan 4 hal diatas. tapi saya tidak habis pikir kenapa guru yang pantas dapat tunjangan sertifikasi hanya guru yang punya 4 hal diatas. kita lihat saat ini banyak guru yang dapat sertifikasi, pandai menerapkan yang Anda jelaskan diatas. tapi apakah kualitas pendidikan kita meningkat? kenyataan nya tidak.
    menurut saya, sangat penting memiliki guru yang cerdas, penuh inovasi, melek iptek, dan berwawasan maju. tidak hanya pandai senyum dan memuji siswa.
    Karena itu, guru profesional tidaklah boleh hanya di identikkan dengan 4 hal

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar