10

3 Model Pembelajaran yang Sesuai untuk Kurikulum 2013 (+5)

Muhammad Nur'alim April 17, 2014

IMG_20140227_102734

Teman-teman Guraruers yang berbahagia. Bagaimana kabar teman-teman pada hari ini? Semoga baik-baik saja dan selalu dalam lindungan-Nya.

Sesuai dengan tema bulan ini, maka kta berbincang-bincang tentang Proyek Based Learning. Tentu saja guraruers memutar otak agar dapat mempersembahkan artikel terbaik sesuai dengan tema yang ditentukan.

Demikian juga dengan saya, turut ingin berperan serta meramaikan website milik kita bersama ini. Selain menambah pengalaman, meningkatkan kemampuan menulis, guraru mendatangkan banyak manfaat untuk peningkatan kreativitas dan inovasi guraruers.

Model pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) ternyata menjadi model yang cocok untuk diterapkan pada kurikulum 2013. Oleh karena di dalam model PBL ini mengandung pola pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach)

Sebagai orang yang masih buta dengan model-model pembelajaran, saya bertanya kepada mbah Google tentang “Project Based Learning”. Dari hasil jawaban si Embah, saya menemukan sebuah artikel ilmiah yang membahas tentang model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013.

Dari artikel tersebut saya buat intisarinya dalam artikel ini. Setidaknya ada 3 model pembelajaran yang cocok diterapkan pada kurikulum 2013. Di antaranya sebagai berikut.

1.      Discovery Learning

Model pembelajaran discovery learning dilakukan dengan beberapa langkah pembelajaran yaitu persiapan, pelaksanaan (kegiatan inti), dan penilaian.

Pada kegiatan inti yaitu pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning dilakukan hal-hal berikut.

1)      pemberian stimulasi/rangsangan,

2)      pernyataan/identifikasi masalah,

3)      pengumpulan data,

4)      pengolahan data,

5)      verifikasi/pembuktian dan

6)      menarik kesimpulan/generalisasi.

 Tahapan penilaian tentu dilakukan model authentic assesment

2.      Problem Based Learning

Problem based learning adalah, metode mengajar yang menggunakan masalah yang nyata, melalui masalah itu, terjadilah proses belajar siswa. Mereka akan belajar berbagai hal termasuk ingatan (kognitif) maupun keterampilan berpikir kritis.

Problem based learning adalah metode mengajar dengan fokus pemecahan masalah yang nyata, kerja kelompok, umpan balik, diskusi, dan laporan akhir.

3.      Project Based Learning

Nah, inilah model yang sedang jadi bahasan kita di bulan ini. Model pembelajaran berbasis proyek  merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media.

Guru menugaskan siswa untuk melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Demikian intisari dari artikel tentang model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013. Model pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh guru. Oleh karena guru merupakan ujung tombak pelaksana pembelajaran di kelas. Di sanalah, kreativitas guru sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Selengkapnya dapat dibaca di sumber aslinya di link berikut.

http://bdksemarang.kemenag.go.id/?p=page&id=272#sthash.fdjzkT5p.dpuf

 

143,987 total views, 18 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (10)

  1. Terimakasih atas sharingnya pak Nur’alim. Bapak benar sekali bahwa model tersebutlah yang cocok untuk diterapkan dalam kurikulum 2013. Namun, demikian model pembelajaran lainnya juga bisa dimanfaatkan asal sesuai dengan karakteristik pembelajaran scientific. Vote +1.

    Salam sukses,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar