0

1. Kegiatan Diklat Implementasi Kurikulum 2013 Hari Pertama (+19)

Pak Sukani @gurumelekIT July 27, 2013

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat siang Guraru.., bagaimana kabarnya guraru sekalian? Semoga dalam limpahan rahmad dan karunia Allah SWT. Amin. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang “Kegiatan diklat implementasi kurikulum 2013 pada hari pertama yang saya ikuti di SMK Negeri 20 Jakarta”.

Guraru, diklat Implementasi kurikulum 2013 ini sebetulnya pelaksanaannya semula dijadwalkan mulai tanggal 22 Juli 2013, namun mungkin karena ada sesuatu hal maka pelaksanaan diklat implementasi kurikulum 2013 ini mulai dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Juli 2013 kemarin. Karena letak SMKN 20 Jakarta tepat disebelah sekolahan tempat saya mengajar sehingga saya ke tempat diklat berjalan kaki. Pukul 07.30 WIB saya sudah berada di tempat diklat dan disana sudah banyak bapak/ibu guru lainnya juga yang sedang menunggu acara pembukaan di ruang pertemuan. Saya bertemu dengan teman-teman guru matematika dari sekolah lain yang sebagian saya sudah mengenalnya. Diklat ini dibuka oleh Ibu Windu Kartikawati yang didampingi oleh Ibu Esih Setianingsih, Pak Eko Ariadi, Pak Purwosusilo, Ibu Tatik, dan pak Lampita dari SMKN 20 Jakarta sebagai tuan rumah yang memfasilitasi kegiatan tersebut.
diklat kurikulum 2013

Pelaksanaan diklat ini dibagi menjadi kelas-kelas untuk semua peserta diklat agar dapat optimal dalam mengikuti diklat dan saya masuk di kelas 306, tepatnya di lantai 3 SMKN 20 Jakarta. Sebelum diklat dimulai, semua kelas diberikan kesempatan untuk membentuk ketua kelas, termasuk kelas saya. Tidak tahu mengapa semua teman-teman di kelas memilih saya untuk menjadi ketua kelas. Mungkin karena kepercayaan kali ya? he..he..he…

Setelah pemilihan ketua selesai, tepat pukul 07.30 WIB dilaksanakan pre test. Saya mencoba mengerjakannya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang telah saya ketahui tentang kurikulum 2013 dan begitu pula teman-teman yang lainnya. Materi dilanjutkan dengan perubahan Mindsed, konsep kurikulum 2013, dan permendikbud terkait implementasi kurikulum 2013, khususnya standar isi, standar proses dan standar penilaian.

Perubahan Mindsed dan konsep kurikulum 2013 diberikan agar bapak/ibu guru memiliki sikap yang terbuka untuk menerima kurikulum 2013, memahami secara utuh rasional kurikulum 2013 dan memiliki keinginan kuat untuk mengimplementasikan kurikulum 2013. Saya sangat setuju dengan konsep kurikulum 2013 itu dan bagus menurut saya, namun yang jadi masalah adalah sosialisasi dan implementasinya yang terkesan tergesa-gesa atau dipaksakan. Sebagai contoh saja, untuk buku Guru dan Siswa di tingkat SMK baru siap ada 3 buku yaitu matematika, bahasa indonesia dan sejarah. Sosialisasi ini juga dilaksanakan menjelang dan bahkan saat implementasi kurikulum 2013 seperti saat ini. Seyogyanya proses sosialisasi kurikulum 2013 dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 benar-benar dilaksanakan. Semua perangkat-perangkat yang mendukung kurikulum 2013 juga seyogyanya disiapkan dengan matang. Ini kan implementasi kurikulum 2013 secara bertahap, namun kok masih belum siap ya.

Walaupun demikian, karena sudah menjadi kesepakatan (disyahkan) oleh pemerintah untuk implementasi kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014 maka kita semua sebagai guru WAJIB menghormatinya dan mendukung pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 tersebut. Mengutip apa yang disampaikan Omjay : “Suka atau tdk suka, saatnya guru bercumbu mesra dgn kurikulum 2013″.

Demikianlah sharing saya tentang “Kegiatan diklat implementasi kurikulum 2013 pada hari pertama yang saya ikuti di SMK Negeri 20 Jakarta”. Saya menyadari bahwa tulisan saya banyak kekurangannya dan jika ada yang kurang berkenan di hati pembaca (Guraru) saya mohon dibukakan pintu maaf. Tiada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang sempurna.

Semoga bermanfaat.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Penulis,

Pak Sukani

http://pak-sukani.edu20.org

SMK Bakti Idhata

580 total views, 1 views today

Tagged with: ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT
Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!