• Anak SMK di Medan perlu untuk menambah skill kurikulum baru, biasanya di masa SEKOLAH MENENGAH ATAS hanya memfokuskan kepada Teknik Mesin dan Kelisitrikan saja, buat tambahan referensi ini perlu ditambahkan. Dalam […]

  • Hasil survey di berbagai perguruan tinggi yang cenderung meningkat pada rasio jumlah sarjana yang tercipta setiap tahun. Sebuah tantangan besar bagi bangsa Indonesia untuk menempatkan posisi anak bangsa sebagai […]

  • Dengan kemudahan akses internet di era sekarang membuat berbagai informasi dan pengetahuan menjadi lebih mudah diakses. Tetapi internet juga mempunyai sisi negatif yang lebih membahayakan, yakni kecanduan akan […]

  • RENT CAR MEDAN – Memang ada rahasia bagaimana seseorang bisa cepat belajar bahasa Inggris rent car medan dalam 1 hari itu, hanya saja banyak yang tidak percaya ataupun banyak yang tidak mau membagi rahasianya.

    Admin mendapatkan tips ini ketika admin tinggal di Jerman tahun lalu. Admin bukanlah orang yang super fasih bisa berbahasa Inggris hing mendapat TOEFL 600. Skor TOEFL Admin hanyalah 477 untuk PBT dan 4.5 untuk IELTS. Ketika admin berada di jerman yang notabene mereka jauh lebih fasih berbahasa Inggris admin langsung ciut dan minder untuk berbicara bahasa Inggris. RENT CAR MEDAN

    6 Rahasia Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Dalam 1 Hari (Terbukti)

    Bayangkan sja, nenek-nenek di stasiun utama di jerman, ketika admin menanyakan dimana Cathedral Berliner Dom dengan bahasa Inggris yang pas-pasan dan pelan-pelan karena dikira nenek itu tidak begitu mengerti. Ternyata dengan fasih dan logat yang super waw dia menjawab harus lewat mana dan kereta apa untuk menuju kesana.

    Admin langsung tersenyum dan kagum dengan nenek tersebut karena begitu lancarnya berbahasa Inggris. Ketika admin tanyakan seorang teman yang memang orang jerman asli kenapa mereka bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar, dia langsung menceritakan tipsnya rahasia cara cepat belajar bahasa Inggris dalam 1 hari.

    Jika kalian penasaran yuk disimak rahasianya dibawah ini. Cara ini cocok buat kamu yang besok menghadapi ujian keterampilan bahasa Inggris:

    Baca Kosa Kata (Vocabulary)

    Apakah kalian malas untuk membaca apa saja kosa kata yang ada di dalam bahasa Inggris? Jika iya selamat karena kalian sudah menolak untuk bisa cepat bahasa Inggris! Kalian tahu apa bahasa Inggrisnya minyak lampu? Jika tahu itu sudah bagus, jika belum bagaimana? Belajar!

    Gak perlu waktu betahun-tahun atau berbulan-bulan belajar bahasa Inggris. Cukup tahu nama-nama benda atau kosa kata bahasa Inggris yang berhubungan dengan rutinitas kalian dalam 1 hari. Maka kalian akan fasih berbahasa Inggris hanya dengan waktu 1 hari!

    Dengarkan Lagu berbahasa Inggris

    Tidak perlu sulit-sulit pergi kelab bahsa Inggris tiap minggu untuk mendengarkanlistening bahasa Inggris. Kalian cukup mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Kok bisa? Ternyata cukup 1 hari saja kalian sudah fasih dalam hal listening! Dengarkan lagu-lagu yang enak didengar dalam bahasa Inggris.

    Dengarkan dan nikmati berkali-kali, lalu terka saja lirik yang diucapkan. Jika kalian sudah hafal melodi nya dan kalian sudah menerka liriknya, coba bandingkan dengan lirik aslinya. Berapa banayak kalian salah? Jika banyak, coba dan coba lagi. Maka dalam sehari saja kalian akan sudah bisa mengikuti listening bahasa Inggris dengan lebih mudah.

    Tulis Semua hal dengan Bahasa Inggris

    Apakah kalian masih malu-malu menuliskan sesuatu dengan bahasa Inggris? Lalu bagaimana bisa kalian fasih berbahasa Inggris dalam 1 hari. Coba dari hal yang simple hingga yang rumit. Misalnya kalian menulis perkenalan diri dengan bahasa Inggris, lalau mengetik SMS dengan bahasa Inggris, menulis surat cinta dengan bahasa Inggris, bahkan status dank omen di media social dengan bahasa Inggris.

    Lakukan hal ini dalm 1 hari full. Dan lihat apa yang terrjadi! Kalian sudah selangkah lebih maju! Toh bahasa Inggris kan intinya berkomunikasi! Jika 1 hari saja kalian sudah semuanya menulis dengan bahasa Inggris, kalian sudah bisa tinggal di luar negeri. Inget, satu harinya dengan kejadian yang benar-benar detail ya sobat. Mulai dari kalian bangun tidur- hingga tidur lagi loh!

    Berbicara dengan bahasa Inggris Full!

    Ketika kitaingin bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dalam 1 hari, kita malah enggan berbicara bahasa Inggris dalam 1 hari ful. Hanya moment-moment tertentu misalnya pas di pelajaran bahasa Inggris saja. Ya tentu saja 1 hari belajar bahasa inggris tidaklah cukup.

    Coba praktek berbicara bahasa Inggris dengan full kepada siapa saja dan dimana saja. Anggap saja orang disekitarmu adalah bule yang tidak menggunaklan bahasa Indonesia. Dan kamu diwajibkan berbicara bahasa Inggris. Lakukan hal ini bahkan ketika kamu berbicara di dalam hati. Hanya perlu waktu sehari kamu sudah bisa berbicara bahasa Inggris (Speaking) dengan bule sekalipun!

    Menonton Film

    Masih menonton film barat dengan subtitle bahasa Indonesia? Atau bahkan tidak suka film barat? Nah inilah saatnya hidupmu penuh dengan bahasa Inggris. Tontonlah film barat berbahasa Inggris tetapi tidak menggunakan subtitle Indonesia. Jika kesulitan, pelajari gerak-gerak bahasa Tubuh dari si actor pemeran di film tersebut.

    Karena kamu di kehidupan sehari-hari ketika bertemu bule tidak akan melihat subtitle dibawah bule tersebut ketika dia berbicara. Latihlah terus menerus, hingga kamu mengakap point kalimat yang diucapkan. 1 Hari menonton film barat tanpa subtitle akan melatih kamu 10 kali lebih baik dalam belajar berbahasa Inggris!

    Lakukan berulang-ulang!

    Jika kalian melakukan hal ini berulang-ulang full 1 hari berbahasa Inggris, maka kalian akan fasih dalam berbahasa Inggris. Karen intinya belajar bahasa Inggris itu untuk kehidupan sehari-hari saat berkomunikasi dengan orang asing. Jika kehidupan 1 hari saja kamu sudah berbahasa Inggris full maka kamu sudah bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri atau bule!

  • Dewasa ini, pemenuhan kesehatan bagi masyarakat sangat bermacam-macam cara pengobatannya. Banyak sekali masyarakat yang menggunakan obat-obat kimia sebagai proses penyembuhan. Mereka mau mengkonsumsi obat kimia semahal apapun hanya untuk memperoleh kesembuhan.

              Disisi lain ada juga pengobatan yang tidak menggunakan obat kimia yaitu dengan cara pengobatan tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alam. Mereka tidak sadar bahwa tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar mereka dapat dimanfaatkan dengan baik dengan pengolahan yang benar.

              Di Mojokerto, pemanfaatan tanaman herbal sangat baik. Mereka merawat tanaman-tanaman herbal terssebut dan mengolahnya dengan baik sehingga dapat menjadi jamu atau obat yang dapat dikonsumsi bagi konsumen yang menderita penyakit.

             

    1.2  Rumusan Masalah

    Sesuai dengan latar bealakang diatas penulis merumuskan beberapa permasalahan yang penulis bahas yakni :

    1.2.1  Apa pengertian Tanaman Herbal ?

    1.2.2  Bagaimana sejarah Tanaman Herbal ?

    1.2.3  Apa jenis-jenis Tanaman Herbal ?

    1.3  Tujuan

    1.3.1  Mendeskripsikan pengertian Tanaman herbal

    1.3.2  Mendeskripsikan sejarah Tanaman Herbal

    1.3.3  Mendeskripsikan jenis Tanaman Herbal sebagai Obat Tradisional

    1.4  Manfaat

    1.4.1   Manfaat Teoritis

    Sejalan dengan penulisan karya tulis yang membahas tentang pemanfaatan Tanaman Herbal sebagai Obat kuat tradisional dalam upaya penyembuhan penyakit secara alternative di kalangan masyarakat Mojokerto, maka manfaat dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja jenis Tanaman herbal yang dapat di manfaatkan sebagai Obat Tradisional di kalangan masyarakat Mojokerto.

    1.4.2   Manfaat Praktis

            Manfaat yang ingin diperoleh dalam penelitian ini secara praktis yaitu sebagai berikut :

    Bagi guru

    Dengan dilaksanakannya penelitian ini, diharapkan guru dapat membimbing anak didiknya dalam pemanfaatan Tanaman herbal

    Bagi siswa

    Dapat memberikan solusi bagi siswa bagaimana cara memanfaat Tanaman Herbal sebagai Obat Tradisional

    Bagi pembaca

    Dapat memberikan informasi kepada pembaca, kalau Tanaman Herbal dapat dimanfaatkan sebagai Obat Tradisional untuk penyembuhan penyakit secara alternative

    1.5  Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah

    1.5.1 Pemanfaatan jenis Tanaman Herbal sebagai Obat Tradisional di

            Mojokerto

    1.6  Definisi Operasional

    1.6.1  Tanaman Herbal

            Tanaman Herbal adalah Tanaman alam yang dapat digunakan sebagai ramuan obat-obatan

    1.6.2       Sejarah Tanaman Herbal

         Pemanfaatan tanaman herbal berasal dari manusia-manusia jaman dahulu yang masih suli untuk mendapatkan makanan. Hal itu membuat mereka melihat sekeliling mereka, apa jenis tumbuhan atau hewan yang dimakan. Tanaman lebih mudah untuk didapatkan. Kemudian, tanaman bukan hanya untuk makanan, tapi juga dapat sebagai obat. Dari titik ini, ilmu memanfaatkan berbagai jenis tanaman untuk obat dikembangkan.

    1.6.3 Pemanfaatan Tanaman Herbal sebagai Obat Tradisional

            Banyak sekali jenis-jenis Tanaman Herbal yang dapat dijadikan obat pembesar lainnya. Misalnya saja penyakit punurunan demam, menghilangkan bau badan, atasi kencing manis, atasi hepatitis, flu dll. Semua penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan berbagai macam khasiat dari Tanaman Herbal

           

    BAB II

    LANDASAN TEORI

    2.1 Pengertian Tanaman Herbal

                  Tanaman Herbal merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan baik daun, batang, maupun akarnya. Adanya tanaman obat ini, masyarakat Mojokerto dapat menerapkan gaya hidup sehat tanpa menggunakan bahan-bahan Kimia. Tanaman Herbal ini sebagian digunakan masyarakat untuk pengobatan tradisional atau alternatif. Pengobatan tradisional sendiri menurut UU No 36/2009 tentang kesehatan melingkupi bahan atau ramuan berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (vimax asli) atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang secara turun-menurun telah digunakan untuk pengobatan. Khasiat yang dihasilkan dari tanaman herbal juga tidak kalah dari obat-obat kimia yang biasanya di anjurkan para medis. Disamping itu tanaman herbal juga mempunyai kelebihan yang tidak di punyai oleh obat-obat kimia, yaitu tidak memiliki efek samping dan tidak perlu bantuan medis, apabila diagnosa sudah jelas, pengobatan dapat dilakukan oleh anggota keluarga sendiri.

    2.2 Sejarah Tanaman Herbal

                       Ketika manusia pertama ada di bumi ini, perhatian pertama mereka adalah bagaimana untuk bertahan hidup. Bagaimana mendapatkan makanan menjadi kebutuhan pertama. Hal itu membuat mereka melihat sekeliling mereka, apa jenis tumbuhan atau hewan yang dimakan. Tanaman lebih mudah untuk didapatkan. Kemudian, tanaman bukan hanya untuk makanan, tapi juga dapat sebagai obat. Dari titik ini, ilmu memanfaatkan berbagai jenis tanaman untuk obat dikembangkan. Ilmu itu menyebar melalui mulut ke mulut sehingga keturunan mereka memahami jenis-jenis tanaman untuk ilmu kedokteran. Ketika komunikasi tertulis ditemukan mereka memulai membuat dokumen dari semua pengetahuan  mereka atas bahan baku, yaitu tanaman dan mineral dan bagaimana bahan-bahan itu berjalan. Karena pada saat itu tidak ada kertas, mereka membuat dokumentasi di tanah lemung basah dengan logam yang tajam seperti paku. Kemudian di jemur di bawah sinar matahar. Dalam kraton-kraton Indonesia, misalnya Kraton Surakarta, pengetahuan tentang kormulasi obat dari bahan alami telah dibukukan dalam “Bab Kawruh Jampi Jawi” (Pengetahuan Ramun Jawa), dipublikasikan pada tahun 1858 ini terdiri dari 1734 formulasi herbal.

    2.3 Jenis-jenis Tanaman Herbal

    Daun

     

    1)       Daun dewa (Gynura Segetum)

    2)   Seledri

    3)   Belimbing

    4)   Kelor

    5)   Daun bayam duri

    6)   Kangkung

    7)   Saga (Abrus precatorius)

    8)        Pacar cina (Aglaiae ordorota Lour)

    9)        Landep (Barleriae prionitis L.)

    10)       Miana (Coleus atropurpureus Bentham)

    11)      Pepaya (Carica papaya L.)

    12)      Jintan (Coleus amboinicus)

    13)   Pegagan (Cantella asiatica Urban)

    14) Blustru (Luffa cylindrice Roem)

    15)  Kemuning (Murrayae paniculata Jack)

    16) Murbei (Morus indica Rumph)

    17) Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth)

    18) Sirih (Chavica betle L.)

    19) Randu (Ceiba pentandra Gaerth)

    20)   Salam (Eugenia polyantha Wight)

    21) Jambu biji (Psidium guajava L.)

     

    Batang

     

    1)    Kayu manis (Cinnamomum burmanii)

    2)   Dadap ayam (Erythrina varigata Linn.Var.orientalis)

    3)   Pulasari (Alyxia stellata Roem)

    4)   Brotawali (Tonospora rumphii Boerl)

    5)   Kemukus (Piper cubeba L.)

    6)   Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)

    7)   Delima (Punice granatum L.)

     

    Biji

     

    1)    Kecubung (Datura metel)

    2)   Kapur barus (Dryobalanops aromatica Gaertn.)

    3)   Pinang (Areca catecha L.)

    4)   Kedawung (Parkia biglobosa Bentham)

    5)   Pala (Myristica)

    6)   Jamblan

     

    Buah

    1)    Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)

    2)   Cabai merah (Capsicum annuum L.)

    3)   Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi)

    4)   Mengkudu (Morinda citrifolia)

    5)   Kemukus (Piper cubeba L.)

    6)   Kapulaga (Elettaria cardamomum Maton) dan ketumbar(Coriandrum sativum L.)

    Akar

    1)    Pepaya (Carica papaya L.)

    2)   Aren (Arenga pinnata Merril)

    3)   Pule pandak (Rauwolfia serpentina Benth)

    Umbi atau rimpang

    1)    Bangle (Zingiber purpureum Roxb.)

    2)   Jahe (Zingiber officinale Rosc.)

    3)   Kencur (Kaempferia galanga L.)

    4)   Kunyit (Curcuma domestica Val.)

    5)   Lempuyung (Zingiber zerumbel)

    6)   Lengkuas (Languas galanga L.Stunzt)

    7)   Temu giring (Curcuma heynaena Val.)

    8)   Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)

    9)   Temu hitam (Curcuma aeroginosa Roxb.)

    10) Alang-alang (Imperata cylindrica Beav.)

     

    BAB III

    METODE PENELITIAN

    3.1 Pendekatan Penelitian

              Adapun pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mengelola data berasal dari lapangan kemudian dijadikan dalam bentuk kata-kata atau dideskripsikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Proses penelitian kualitatif ini juga dapat disampaikan dalam bentuk presentase yang kemudian di jabarkan melaui kata-kata.

    3.2 Lokasi Penelitian

              Penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Jenis-jenis Tanaman Herbal sebagai Obat Tradisional yang berkhasiat di penduduk Mojokerto” ini berlokasi di Mojokerto. Penelitian ini berlangsung mulai tanggal ……………………………

    3.3 Cara Pengambilan Data

                       Penelitian yang berjudul Pemanfaatan jenis-jenis Tanaman Herbal sebagai Obat Tradisional yang berkhasiat di Mojokertoini pengambilan data dilakukan melalui tahap yakni studi pustaka. Adapun studi pustaka yang digunakan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah ini berdasarkan sumber dari buku, akses internet, dan majalah

    BAB IV

    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

    4.1  Pngertian Tanaman Herbal

    Tanaman Herbal adalah Tanaman obat-obatan yang berkhasiat dalam penyembuahn atau pencegahan segala macam penyakit. Seiring dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan, kesadaran dan kebutuhan akan perlunya hidup sehat, di antaranya perlunya makanan yang sehat yang diproduksi secara alami, tanpa penggunaan bahan-bahan kimia sintetis, meningkat pula. Produk pangan ini pada umumnya dihasilkan melalui budi daya organik atau diistilahkan dengan back to nature atau gerakan hidup kembali secara alami. Gaya hidup sehat alami ini diikuti oleh penggunaan obat-obatan alami, yaitu yang berasal dari tumbuhan yang di Indonesia diistilahkan dengan jamu atau secara internasional dikenal dengan herbal medicine. Sudah barang tentu tumbuhan-tumbuhan yang digunakan sebagai bahan obat ini mutlak harus terbebas dari bahan-bahan berbahaya dan harus diproduksi secara alami atau ramah lingkungan dan diistilahkan dengan budi daya organik tanaman obat, yang akhir-akhir ini banyak dilirik masyarakat, dari kalangan atas sampai bawah.

    Adanya Kelebihan Tanaman Obat yaitu :

    * Efek sampin tidak ada jika penggunaannya secara benar, hal ini mengingat tanaman obat bersifat kompleks dan organis yang cocok untuk tubuh yang bersifat kompleks dan organis, sehingga tanaman obat dapat disetarakan dengan makanan, suatu bahan yang dikonsumsi dengan maksud merekonstruksi organ atau sistem yang rusak.
    * Efektif untuk penyakit yang sulit disembuhkan dengan obat kimia, seperti kanker, tumor, darah tinggi, darah rendah, diabetes, hepatitis, stroke, sinusitis, herpes, bau badan, bisul dan lain-lain.
    * Harga relatif murah, karena dapat ditanam sendiri, harga akan meningkat jika diperoleh dalam bentuk kering, dan akan meningkat lagi jika diperoleh dalam bentuk hasil olahan. Harga akan menjadi sangat mahal apabila diperoleh dalam bentuk isolat yaitu senyawa tertentu yang diperoleh dari ekstrak tanaman, seperti vincristine, obat kanker yang diisolasi dari ekstrak tapak dara (Catharanthus roseus) dan diimpor.
    * Tidak perlu bantuan tenaga medis, Apabila diagnosa sudah jelas, pengobatan umumnya dapat dilakukan oleh anggota keluarga sendiri tanpa harus tergantung pada bantuan tenaga medis atau paramedis. Dokter dibutuhkan untuk diagnosa yang benar dengan bantuan analisa laboratorium klinik (rekomendasi pengobatan herbal juga dapat diberikan oleh dokter).

    4.2  Sejarah Tanaman Herbal

              Perkembangan pengobatan dengan memnfaatkan tumbuhan berkhasiat obat telah diacapai seiring dengan perkembangan kedokteran barat yang telah diakui dunia (intrnasional). Penggunaan herbal atau tanaman obat sebagai obat dikatakan sama tuanya dengan umur manusia itu sndiri. Sejak jamn dahulu makanan dan obet-obatan tidak dapat dipisahkan dan banyak tumbuh-tumbuhan dimakan karena khasiatnya yang menyehatkan. Saat inilah ilmu memanfaatkan berbagai jenis tanaman untuk obat dikembangkan dan menyebar melalui mulut ke mulut sehingga keturunan mereka memahami jenis-jenis tanaman untuk ilmu kedokteran.

              Perkembangan yang terjadi di Indonesia, nenek moyang kita juga menggunakan tanaman untuk obat. Pada 772 M, sejarah ini tercatat dalam dokumen tertua, yaitu diukir obat di Candi Borobudur. Hal ini juga ditemukan di Candi Prambanan, Candi Panataran dan Candi Tegalwangi. Dalam era kraton-kraton Indonesia, misalnya Kraton Surakarta, kemudian dibukukan dalam “Bab Kawruh Jampi”, diamabil dari tanaman yang liar disekitar rumah. Ketika menjadi jarang dan langka nenek moyang kita mencari tanaman-tanaman herbal lebih jauh seperti hutan. Panjang tanaman yang berbeda membuat kualitas yang berbeda. Hal ini menimbulkan ide untuk mengembangkannya.

              Ketiak Belanda menduduki Indonesia, pengetahuan barat masuk, pengetahuan obat alami bergeser perlaha-lahan di masyarakat, sehingga mereka kekurangan tanaman obat. Selain itu, mereka enggan menggunakannya karena ditentukan sebagai kuno dan tidak memenuhi syarat cukup. Setelah Belanda pergi, dan pengaruh Barat hilang. Secara global, obat-obatan herbal lebih umum dipraktekkan daripada obat-obatan konvensional. Kemajuan yang sangat pesat sampai saat ini dimana banyak sekali para herbalis mengandalkan pengetahuan mereka tentang obat-obatan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan untuk merawat dan mengobati penyakit.

              Saat ini obat herbal digunakan di klinik pengobatan tradisional RS.Dr.Soetomo Surabaya dan beberapa rumah sakit besar di Jakarta juga menyediakan obat herbal. Di Mojokerto pun juga dibangun Dyang Sumbi, sebuah tempat khusus obat-obat herbal dan perawatannya. 

    4.3  Pemanfaatan jenis-jenis Tanaman Herbal

    4.3.1 Ketepeng Cina / Daun sena(Cialis alata, Linn)

    1)    Bagian yang dipakai : Daun

    2)   Manfaat :

    Untuk menghilangkan Panu
    Untuk menyembuhkan sembelit (susah buang air besar)
    Untuk mengobati Sariawan

      4.3.2 Rumput Mutiara (hedyotis corymbosa)    

    1)    Bagian yang diapakai : Seluruh tanaman, segar atau dikeringkan       

      2)   Manfaat :

    Tonsilitis, pharyngitis, bronchitis, pneumonia,

     gondongan(Mumps)

    Radang usus buntu Hepatitis, cholecytis
    Penyakit radang panggul (Pelvic inflammatorydisease),

    Infeksi saluaran   kemih

      4.3.3 Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa)

    1)    Bagian yang digunakan : Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun, daging dan kulit buahnya. Daun dan kulit buahbisa digunakansegar atau yang telah dikeringkan, sedangkan daging buahdigunakan setelah dikeringkan.

     

     

    2)   Manfaat :

    Kulit buah dan daging buah digunakan untuk :
    Disentri
    Psoriasis, dan jerawat
    Daun dan biji digunakan untuk pengobatan :
    Penyakit kulit, sepertiekzim dan gatal-gatal

     4.3.4  Temu Putih (Curcuma zedoaria)

    1)    Manfaat :

    Sebagai obat pelangsing kudis
    Radang kulit
    Pencuci darahperut kembung
    Gangguan lain pada saluran pencernaan
    Sebagai obat pembersihdan penguat (tonik) sesudah nifas

     4.3.5  Tapak darah (Catharantus roseus)

    1)    Penyakit yang dapat disembuhkan :

    Diabetes
    Hipertensi
    Leukimia
    Disentri
    Borok
    Bronchitis                                                
    Gondong
    luka bakar
    Radang perut

    Tanaman yang daunnya dapat dimanfaatkan

    No.
    Nama Tanaman
    Khasiat dan Manfaat

    1.
    Daun dewa (Gynura Segetum)
    Mengobati muntah darah danpayudara bengkak

    2.
    Seledri
    Mengobati tekanan darah tinggi

    3.
    Belimbing
    Mengobati tekanan darah tinggi

    4.
    Kelor
    Mengobati panas dalam dan demam

    5.
    Daun bayam duri
    Mengobati kurang darah

    6.
    Kangkung
    Mengobati insomnia

    7.
    Saga (Abrus precatorius)
    Mengobati batuk dan sariawan

    8.
    Pacar cina (Aglaiae ordorota Lour)
    Mengobati penyakit gonorrhoe(penyakit kelamin)

    9.
    Landep (Barleriae prionitis L.)
    Mengobati rematik

    10.
    Miana (Coleus atropurpureus Bentham)
    Mengobati wasir

    11.
    Pepaya (Carica papaya L.)
    Mengobati demam dan disentri

    12.
    Jintan (Coleus amboinicus)
    Mengobati batuk, mules, dan sariawan

    13.
    Pegagan (Cantella asiatica Urban)
    Mengobati sariawan dan bersifat astringensia (mampu membasmi bakteri)

    14.
    Blustru (Luffa cylindrice Roem)
    Bersifat diuretik (peluruh air seni)

    15.
    Kemuning (Murrayae paniculata Jack)
    Mengobati penyakit gonorrhoe

    16.
    Murbei (Morus indica Rumph)
    Bersifat diuretik

    17.
    Kumis kucing (Orthosiphon stamineus Benth)
    Bersifat diuretik

    18.
    Sirih (Chavica betle L.)
    Mengobati batuk, antiseptika(membunuh mikroorganisme berbahaya), dan obat kumur

    19.
    Randu (Ceiba pentandra Gaerth)
    Sebagai obat mencret dan kumur

    20.
    Salam (Eugenia polyantha Wight)
    Bersifat astringensia

    21.
    Jambu biji (Psidium guajava L.)
    Mengobati mencret

    Tanaman yang batangnya dapat dimanfaatkan

    No.
    Nama Tanaman
    Khasiat dan Manfaat

    1.
    Kayu manis (Cinnamomum burmanii)
    Mengobati penyakit batuk dansesak napas, nyeri lambung,perut kembung, diare, rematik, dan menghangatkan lambung

    2.
    Dadap ayam (Erythrina varigata Linn.Var.orientalis)
    Mengobati asma

    3.
    Pulasari (Alyxia stellata Roem)
    Obat perut kembung

    4.
    Brotawali (Tonospora rumphii Boerl)
    Mengobati demam, sakit kuning, obat cacingan, kudis, dan diabetes

    5.
    Kemukus (Piper cubeba L.)
    Obat radang selaput lendir saluran kemih

    6.
    Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)
    Sebagai antiseptik, sehingga dapat dipakai sebagai obat kumur

    7.
    Delima (Punice granatum L.)
    Sebagai anti cacing pita (obat antelmentika)

    Tanaman yang buahnya dapat dimanfaatkan

    No.
    Nama Tanaman
    Khasiat dan Manfaat

    1.
    Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)
    Mengobati penyakit demam,batuk kronis, kurang darah, menghentikan kebiasaan merokok, menghilangkan alat bantu sex bau badan, menyegarkan tubuh, dan memperlancar buang air kecil

    2.
    Cabai merah (Capsicum annuum L.)
    Obat gosok untuk penyakitrematik dan masuk angin

    3.
    Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi)
    Mengobati penyakit batuk, melegakan napas, dan mencairkan dahak

    4.
    Mengkudu (Morinda citrifolia)
    Mengobati penyakit radang usus, susah buang air kecil, batuk,amandel, difetri, lever,sariawan, tekanan darah tinggi, dan sembelit

    5.
    Kemukus (Piper cubeba L.)
    Obat radang selaput lendir saluran kemih

    6.
    Kapulaga (Elettaria cardamomum Maton) danketumbar (Coriandrum sativum L.)
    Obat antikembung

    Tanaman yang bijinya dapat dimanfaatkan

    No.
    Nama Tanaman
    Khasiat dan Manfaat

    1.
    Kecubung (Datura metel)
    Mengobati penyakit asma, bisul, dan anus turun

    2.
    Kapur barus (Dryobalanops aromatica Gaertn.)
    Mengobati gangguan pencernaan

    3.
    Pinang (Areca catecha L.)
    Tepung biji pinang berkhasiat sebagai obat antelmentika, terutama terhadap cacing pita

    4.
    Kedawung (Parkia biglobosa Bentham)
    Sebagai bahan obat sakit perut, mulas, diare, dan bersifatastringensia

    5.
    Pala (Myristica)
    Mengatasi perut kembung, sebagai stimulansia setempat terhadap saluran pencernaan, bahan obat pembius, menyebabkan rasa kantuk, dan memperlambat pernapasan

    6.
    Jamblang (Eugenia cumini Merr)
    Sebagai bahan obat untuk menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes)

    Tanaman yang akarnya dapat dimanfaatkan

    No.
    Nama Tanaman
    Khasiat dan Manfaat

    1.
    Pepaya (Carica papaya L.)
    Obat cacing

    2.
    Aren (Arenga pinnata Merril)
    Obat diuretik

    3.
    Pule pandak (Rauwolfia serpentina Benth)
    Obat antihipertensiva dan gangguan neuropsikhlatrik, seperti tekanan darah tinggi

    Umbi atau rimpang

    No
    Nama Tanaman
    Khasiat dan Manfaat

    1.
    Bangle (Zingiber purpureum Roxb.)
    Mengobati sakit kepala, susah buang air besar, nyeri pada perut, sakit kuning, perut kembung, dan melangsingkan tubuh

    2.
    Jahe (Zingiber officinale Rosc.)
    Menghangatkan badan, mengobati sakit pinggang, asma, muntah, dan nyeri otot

    3.
    Kencur (Kaempferia galanga L.)
    Mengobati sakit kepala, obat batuk, melancarkan keringat, dan mengeluarkan dahak

    4.
    Kunyit (Curcuma domestica Val.)
    Mengobati diare, masuk angin,hepatitis, dan kejang-kejang

    5.
    Lempuyung (Zingiber zerumbel)
    Obat pelangsing, penambah nafsu makan, disentri, dan diare

    6.
    Lengkuas (Languas galanga L.Stunzt)
    Mengobati panu, serta bersifat antifungi dan anti bakteri

    7.
    Temu giring (Curcuma heynaena Val.)
    Obat anti cacing, sakit perut, dan melangsingkan tubuh

    8.
    Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)
    Mengatasi sembelit, memperbanyak ASI, dan memperkuat sekresi empedu

    9.
    Temu hitam (Curcuma aeroginosa Roxb.)
    obat anti cacing, mencegah kelesuan, dan memperlancar peredaran darah dan vimax

    10.
    Alang-alang (Imperata cylindrica Beav.)
    Obat untuk memperlancar air seni (diuretik

    Gambar Berbagai Jenis Tanaman Obat Tradisional

    Daun sirih
    Kayu manis
    Buah mengkudu
    Biji pinang

    Akar pohon aren
    Temulawak
    Daun pepaya
    Pohon delima

     

  • 18 Ladang dan Taman Bunga yang Indah di Dunia

    Ladang bunga yang sedang mekar selalu menjadi pemandangan yang menakjubkan. Sperti ladang bunga tulip, bunga matahari, lavender dan banyak lagi yang lainnya, mereka semua melengkapi pemandangan dengan warna indah mereka. Ladang bunga bisa begitu berwarna-warni, dan seolah-olah seseorang telah menumpahkan cat bukannya menanam bunga, karena ladang bunga tersebut tampak seperti palet warna. Meskipun tempat yang paling terkenal untuk melihat bunga ada di Belanda, namun kita juga dapat menemukan ladang-ladang bunga menakjubkan lainnya di banyak tempat di seluruh dunia. Di bawah ini adalah beberapa ladang bunga pilihan dengan pemandangan paling spektakuler di musim semi

    1 – Agassiz Tulip Festival, British Columbia – Kanada

    Agassiz Tulip Festival akan hanya jadi ladang tulip seperti ladang tulip lainnya, tetapi lanskap sekelilingnya benar-benar membuat perbedaan. Ladang ini diatur di kawasan dimana puncak terrtutup salju Gunung Cheam terlihat, membuatnya menjadi pemandangan ladang tulip ini lebih spektakuler. Festival ini menampilkan 30 jenis tulip yang tersebar di 40 hektar yang berwarna-warni.
    2 – Hitachi Seaside Park – Jepang

    Terletak di Hitachinaka City, Hitachi Seaside Park mencakup area seluas 190 hektar. Selengkapnya baca disini : Surga Bunga di Hitachi Seaside Park, Jepang

    Menampilkan jutaan bunga-bunga yang berbeda dan selalu ada yang mekar sepanjang tahun, seperti bakung dan tulip di musim semi, baby blue-eyes dan mawar di awal musim panas, zinnia di musim panas, serta kochia dan kosmos di musim gugur.
    3 – Sunflower Fields, Tuscany – Italia

    Salah satu tempat paling romantis untuk melihat bunga matahari berada di Tuscany. Disana terdapat ladang bunga matahari di seluruh wilayah di puncak musim panas, diantara desa abad pertengahan yang bertengger di puncak-puncak bukit.
    4 – Keukenhof Gardens – Belanda

    Ketika berbicara tentang bunga, negeri Belanda lah yang terlintas di pikiran. Terletak di Lisse, Keukenhof juga dikenal sebagai Taman Eropa. Sekitar 7 juta umbi bunga yang ditanam setiap tahun di taman, membentuk karpet besar dengan warna-warni yang begitu indah yang sepertinya tidak akan ditemukan di tempat lain di dunia.

    Mekar warna-warni terjadi selama bulan Maret, April dan Mei di area seluas 32 hektar, yang membuatnya menjadi taman bunga terbesar di dunia. Selengkapnya baca disini: Keukenhof
    5 – Lavender Fields, Provence – Prancis

    Lavender Route di Provence adalah rute dengan pemandangan pedesaan yang menakjubkan dari beberapa desa yang paling indah di negara ini.

    Di sekitar rutenya, selama musim panas, ketika tanaman mekar penuh, maka akan terlihat ladang dan ladang, dengan baris baris lavender.
    6 – Carlsbad Flower Fields, Los Angeles – Amerika Serikat

    Pada musim semi, Carlsbad Flower Fields mencakup lebih dari 50 hektar bunga ranunculus yang mekar indah.

    Bunga-bunga ini menampilkan warna yang luar biasa sepanjang pantai Carlsbad.
    7 – Canola Flower Fields, Luoping – China

    Di Luoping County, bulan Februari sampai Maret, lahan pertanian yang sangat luas terselimuti warna  kuning sejauh mata memandang, karena bunga-bunga canola yang mekar.

    Kontras yang indah dari barisan pegunungan yang gelap di latar belakang, dengan lautan kuning yang luar biasa dari bunga canola. Selengkapnya baca disini: Lautan Kuning di Luoping, China
    8 – Sakura Tulip Festival, Sakura – Jepang

    Sakura Tulip Festival diadakan di Sakura Furusato Park pada bulan April. Taman indah ini dihiasi dengan 530.000 tulip dari 108 varietas, dihiasi dengan kincir angin Belanda di latar belakang. Kincir angin ini merupakan persahabatan antara Jepang dan Belanda, dan itu adalah satu-satunya dari jenis ini di Jepang. Keberadaannya antara ladang tulip membuat Anda merasa seperti berada di Belanda.
    9 – Flower Fields – Belanda

    Bagaimana mau berbicara tentang ladang-ladang bunga jika tidak menyinggung Belanda … Daerah antara Haarlem dan Leiden dianggap sebagai distrik tulip, di mana lebih dari tiga miliar tulip tumbuh setiap tahun.

    Seperti pelangi, biru vibrant, merah, pink dan kuning sejauh mata memandang.

    Musim tulip dimulai pada bulan Maret dan berlangsung hingga Agustus, ketika pedesaan Belanda menjadi lautan tulip.
    10 – Wooden Shoe Tulip Farm Festival, Oregon – USA

    Wooden Shoe Tulip Farm membuka ladang mereka kepada publik selama sebulan, tetapi dengan lebih dari 50 hektar dari berbagai jenis bunga, biasanya ada sesuatu yang mekar.

    Festival ini biasanya dimulai pada akhir Maret dan berlangsung sampai akhir April.
    11 – Fuji Shibazakura Flower Festival – Jepang

    Shibazakura atau pink moss adalah bunga indah yang mekar dalam warna magenta, pink, dan putih. Fuji Shibazakura Festival terletak di daerah yang menawarkan pemandangan luas ladang bunga Shibazakura, dengan Gunung Fuji di latar belakang. BACA TUKANG TAMAN SURABAYA

    Waktu terbaik untuk melihat ladang pink moss yang menakjubkan adalah dari pertengahan Mei sampai awal Juni. Selengkapnya baca disini: Bunga Shibazakura di Taman Hitsujiyama, Jepang
    12 – Dubai Flower Garden – UAE

    Dikembangkan di tengah padang pasir, Dubai Miracle Garden yang menakjubkan ini adalah taman bunga alami terbesar di dunia.

    72.000 meter persegi taman berwarna-warni terbuat dari 45 juta bunga dibentuk menjadi bentuk hati, bintang, iglo, piramida, trotoar berbentuk busur dan sebagainya.
    13 – Skagit Valley Tulip Festival, Washington – Amerika Serikat

    Skagit Valley Tulip Festival diadakan setiap tahun pada bulan April.

    Di seberang 350 hektar lahan, tumbuh lebih dari 100 varietas tulip yang ditanam rapi.
    14  – Kisosansen Park Tulip Festival, Kaizu – Japan

    Taman Kisosansen dapat dinikmati sepanjang tahun dengan bunga musiman yang indah. Tetapi pada musim semi, taman menjadi hidup dengan Festival Tulip yang terkenal. baca tukang taman surabaya

    Pada bulan April, taman bunga yang besar dihiasi dengan ribuan tulip diatur dalam gaya sungai yang mengalir.
    15 – Sunflower Fields – Spanyol

    Di set antara desa abad pertengahan, ladang bunga matahari di Spanyol membentang sepanjang satu mil dan mengubah lanskap menjadi berwarna kuning selama musim panas.
    16 – Fields of flowers in Puyallup Valley, Washington – USA

    Setiap musim semi, ladang Daffodil dan Tulip mengubah lembah Puyallup dengan warna bunga yang mekar.

    Bunga-bunga tersebut membuat lanskap Mt. Rainier, di latar belakang, menjadi terlihat lebih megah.
    17 – Canadian Tulip Festival, Ottawa – Kanada

    Diadakan setiap tahun di bulan Mei, Festival Tulip Kanada menampilkan lebih dari 3 juta tulip seluruh Capital Region Kanada.

    Menampilkan ladang tulip yang luas yang ditanam di seluruh kota, dan yang terbesar ditemukan di Commissioners Park di tepi Dow Lake. Pertunjukan warna dan keindahan yang menakjubkan ini adalah festival tulip terbesar di Amerika Utara.
    18 – Furano Flower Fields, Hokkaido – Jepang

    Nakafurano adalah sebuah kota yang terkenal untuk berbagai ladang lavender.

    Terletak di Nakafurano, Pertanian Tomita merupakan objek wisata populer di musim panas dengan tanaman-tanaman yang membentuk pelangi raksasa dari lavender, poppies, marigold dan varietas lainnya.
    Baca Juga:
    Bunga Shibazakura di Taman Hitsujiyama, Jepang
    Surga Bunga di Hitachi Seaside Park, Jepang

    Festival bunga Matahari di Zama, Jepang
    Hutan Bambu Sagano, Jepang
    Taman Bunga Ashikaga di Jepang
    Bunga Yang Mekar Saat Terdengar Adzan
    Pandangan Udara dari Ladang Tulip nan Indah
    Bunga Lupin di Danau Takepo, New Zealand
    Lautan Kuning di Luoping, China
    Tulip
    Keindahan Bunga-Bunga Liar di Namaqualand
    Keindahan Ladang Lavender
    Anggrek Monyet (Dracula simia)
    10 Bunga-Bunga Langka
    10 Bunga Mekar Malam
    Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)
    13 Jenis Anggrek nan Indah
    10 Bunga Indah Namun Beracun
    Karpet Bunga Raksasa Brussels
    Kaktus & Bunganya
    Keukenhof

  • Semoga siswa dapat fokus dari sekarang….

    Pada halaman ini saya akan memberikan tips dan cara memilih jasa seo terbaik untuk bisnis online agar investasi yang Anda keluarkan tepat sasaran. Karena jika […]

  • Bunga atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga pada bunga terdapat organ reproduksi benang sari dan putik, dan ketika Anda memikirkan bunga, Anda mungkin berpikir tentang taman penuh mawar atau bentangan lapangan hijau dihiasi dengan bunga daisy segar, sepertinya ada saat-saat ketika alam ingin kita menjadi kagum pada keanehan daripada keindahan

    Berikut sepuluh jenis bunga yang terindah didunia yuk lansung saja sahabat hasbihtc.com kita lihat selengkapnya dengan gambar gambar bunga terindah dan asal negara bunga tersebut.

    Bunga Paling terindah di Dunia
    BUNGA PALING TERINDAH DI DUNIA
    10. Bunga Cherry Blossom

    Bunga Cherry Blossom

    Bunga Cherry Blossom ini Jenis Bunga yang indah asalnya dari negara Jepang bunga ini sangat baik untuk di nikmati saat musim semi tiba dan Bunga bunga ini memiliki warna putih dan merah muda. Melihat bunga ini lebih nikmat di di bawah sinar matahari yang terang.

    9. Bunga Canna

    Bunga Canna

    Bunga diatas memiliki keindahan pada daunnya. Bunga ini juga disebut bunga lili Canna karena mereka milik keluarga dari bunga lili dan merupakan tanaman pertanian.

    8. Bunga Bird of Paradise

    Bunga Bird of Paradise

    Lihat bunga ini mirip seperti burung bukan selain bentuknya yang seperti burung bunga ini juga memiliki keindahan pada warnanya, bunga ini banyak ditemukan di daerah Afrika.

    7. Bunga Hydrangea

    Bunga Hydrangea

    Bunga Bunga Hydrangea ini tanpak seperti bola salju yang memiliki warna putih kebiruan. Bunga ini juga memiliki kelopak bunga yang indah seperti bintang.

    6. Bunga Calla Lily

    Bunga Calla Lily

    Coba lihat bunga ini sunguh indah bukan keelokan kelopak bunga ini memiliki ke indahan namun dari keindahan bunga ini sangat beracun, jadi berhati hatilah dengan bunga ini.

    5. Bunga Bleeding Heart

    Bunga Bleeding Heart

    Bunga Bleeding Heart ini merupakan bunga musim semi yang memiliki keindahan warna merah, pink dan putih, keunikan lain dari bunga ini adalah bentuk nya yang seperti hati tergantung secara berurutan.

    4. Bunga Blue Bells

    Bunga Blue Bells

    Bunga Blue Bells ini sebenarnya adalah bunga hutan. Keindahan biru biru pada kelopak bunga ini melihatkan bunga ini seperti bunga surga.

    3. Bunga Lantana

    Bunga Lantana

    Jenis Bunga lantana lebih banyak hidup di semak semak, Coba lihat bunga ini sunguh indah dalam kelopak bunga terdapat warna warni yang sunguh indah bukan.

    2. Bunga Rose

    bunga rose

    Bunga Rose Ini merupakan bunga yang paling indah dan wangi dunia dan seperti yang kita ketahui bunga mawar adalah simbol dari kasih sayang.

    1. Bunga Dendrobium

    Bunga Dendrobium

    Bunga-bunga kecil ini begitu kecil dan indah Anda akan jatuh cinta pada pandangan pertama. perkembangan bunga ini di pohon benar-benar begitu ajaib dan sempurna dalam segala hal. demikianlah ulasan hasbihtc mengenai toko bunga bandung dan toko bunga jakarta,  sebenarnya terdapat masih banyak lagi jenis bunga yang lebih indah di dunia ini namun admin hanya bisa mengulas 10 jenis saja pada kesempatan kali ini Wassalam Semoga Bermanfaat.

     

  • Ketrampilan menyetir atau menggunakan rental mobil medan sebenarnya wajib dimiliki oleh siapa saja, bahkan wanita sekalipun. Tentu akan menguntungkan jika ketrampilan menyetir ataumengemudikan mobil dapat menunjang pekerjaan dan karir Anda. Selain menjadi kebanggaan, tentu Anda akan lebih mudah dalam bepergian karena tidak perlu bergantung lagi dengan sopir. Anda juga dapat menghemat ongkos sewa sopir, terlebih saat hendak mudik lebaran. Paling tidak Anda harus merogoh uang jutaan rupiah hanya untuk biaya sopir. Agar dapat menyetir dan menguasai kemudi mobil dalam 7 hari, saya sarankan Anda untuk memiliki niat yang kuat, disiplin, dan harus mau bekerja keras. Sediakan mobil yang nantinya digunakan untuk latihan, sebaiknya pilih mobil dengan ukuran bodi yang besar seperti Kijang Innova, serta pilih yang masih menggunakan transmisi manual. Anda juga wajib mengajak seorang rekan yang sudah pandai mengemudi, bisa teman, saudara ataupun tetangga. Setelah itu siapkan 7 hari kosong untuk Anda belajar menyetir mobil, sebaiknya yang berurutan. Agar proses belajar mengemudi mobil yang Anda lakukan dapat berbuah maksimal. Simak tips belajar menyetir mobil untuk pemula berikut ini.Hari pertama. Duduklah dibalik kemudi lalu belajar pengenalan kontrol dasar atas fitur dan fungsi-fungsi umum yang ada pada dashboard mobil. Pelajari hal-hal dasar seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin mobil, cara menggunakan lampu sen, lampu jarak dekat, lampu jarak jauh, maupun lampu kabut, cara menggunakan wiper untuk menyeka kaca depan yang basah. Jika sudah paham, Anda dapat mempelajari teori umum tentang aturan dasar dalam mengemudi. Misalnya mengenal rambu-rambu lalu lintas, mengenal arti dari marka jalan, mengenal etika dalam berkendara, baik saat mendahului, penggunaan lampu dim, penggunakan klakson, dll. Pastikan di hari pertama Anda sudah paham tentang cara-cara menggunakan fitur di dashboard dan mengetahui etika umum dalam berkendara.Hari kedua. Berlatih menyetir mobil di lapangan. Mintalah rekan Anda untuk membawakan mobil tersebut ke lapangan terdekat. Belajarlah untuk menghidupkan mesin, injak kopling, masuk gigi satu, lepas kopling perlahan sambil tekan gas perlahan sampai mobil berjalan perlahan. Berlatihlah agar mobil dapat berjalan mulus, tidak molonjak, apalagi mati mesinnya. Jika sudah berjalan, tekan kopling penuh, tekan rem, setelah berhenti pindahkan gigi ke netral dan matikan mesinnya, lalu nyalakan dan jalankan lagi, ulangi terus hingga lancar. Banyak sekali pemula yang kesulitan pada tahap ini. Sebagaian besar mesinnya mati, sebagian lagi mobil ‘njundal’ atau melonjak. Kuncinya ialah setelah masuk gigi satu, tekan gas JANGAN TERLALU KECIL tapi STABIL, lalu lepas kopling PERLAHAN dengan gas yang tetap ditekan STABIL. Pasti mobil akan berjalan perlahan dengan mulus. Ingat, jika gas terlalu kecil, mobil akan bergetar keras dan mesin jadi mati. Namun jika gas terlalu besar ditambah Anda tergesa-gesa dalam melepas kopling, mobil akan melonjak. Belajarlah dengan rileks namun tetap serius. Jika Anda sudah lancar menghidupkan dan menjalankan mobil, berputar-putarlah di lapangan. Pegang kemudi dengan rileks, posisi tangan jangan tegang. Berputar-putar dilapangan hingga Anda menjadi terbiasa dalam menyetir mobil. Belok kiri, belok kanan, mundur. Berlatihlah untuk berjalan maju ke depan dengan lurus. Jika dirasa sudah cukup, Anda dapat mencoba turun ke jalan gang yang tidak begitu ramai. Ingat, jika ada sesuatu di depan Anda latih refleks untuk menginjak kopling penuh lalu disusul dengan rem. Sehingga mobil berhenti namun tidak mati atau melonjak. Ini latihan hari kedua.

    Hari ketiga. Sebagai pemanasan, Anda dapat berlatih kembali dilapangan. Namun, kali ini Anda yang membawa sendiri mobilnya. Tentunya untuk melewati jalan di gang. Jika melewati jalan besar, Anda dapat bertukar posisi dengan rekan Anda. Setelah melakukan pemanasan di lapangan, Anda dapat turun ke jalan dan berkeliling-keliling kompleks rumah Anda. Berhati-hatilah, jangan ngebut. Terutama jika jalanan gang di kompleks perumahan Anda ramai anak-anak dan orang berlalu lalang. Belajarlah untuk menaklukan medan di kompleks sekitar tempat tinggal Anda. Latihan ini baik untuk memperlancar Anda dalam mengemudi lurus, berbelok kanan, dan berbelok kiri. Biasakan untuk menggunakan lampu sen jika ingin berbelok. Berhati-hatilah saat berbelok di jalanan yang sempit. Bisa saja bagian belakang mobil menyerempet pembatas jalan. Biasanya berbelok ke arah kiri lebih mudah dari pada ke arah kanan, karena ketika berbelok ke kanan umumnya kita memotong jalan oengemudi lain dari arah yang berlawanan. Pastikan dihari ketiga Anda sudah bisa menaklukan jalanan di kompleks tempat Anda tinggal.Hari keempat. Belajarlah untuk menaklukan medan yang menanjak, yaitu pelajari bagaimana caranya menahan mobil agar tetap stabil dan tidak mundur baik dalam keadaan berhenti diam maupun saat merayap di medan yang menanjak. Carilah daerah menanjak yang cukup sepi agar Anda dapat berlatih dengan leluasa di sana. Ketika berada ditanjakan, dengan situasi macet, tentu Anda tidak dapat hanya mengandalkan rem kaki untuk membuat mobil tetap jalan dengan stabil. Jika Anda memaksakan menggunakan rem kaki saja, kaki kanan Anda akan kesulitan saat ingin berpindah dari pedal rem ke pedal gas. Besar kemungkinan mobil Anda akan melorot mundur. Oleh karena itu Anda perlu berlatih teknik menahan mobil agar tetap stabil dan tidak mundur saat macet di tanjakan. Ada 2 teknik yang dapat digunakan, yang pertama yaitu menggunakan rem tangan, dan yang kedua menggunakan seni bermain kopling dan gas. Dengan cara yang kedua, Anda dapat menahan mobil agar tidak mundur ditanjakan saat jalanan macet tanpa menggunakan rem kaki maupun rem tangan. Anda hanya perlu memainkan kopling dan gas dengan pas. Pastikan dihari kelima Anda sudah mendapatkan gambaran untuk melakukan trik ini. Seringlah berlatih teknik ini dan asah feeling Anda. Cara ini sangat membantu ketika Anda berada di medan yang menanjak dan macet merayap.Hari kelima. Setelah Anda mengerti bagaimana cara menaklukan medan menanjak dengan permainan gas dan kopling, sekarang saatnya Anda belajar untuk memarkir mobil. Banyak orang mengatakan bahwa memarkir mobil ialah hal yang sulit. Tidak perlu berkecil hati, percayalah dengan tekad dan kerja keras Anda semua akan dapat dilalui. Pertama, belajarlah untuk memarkir mobil Anda secara mundur ditempat parkir biasa. Jika Anda sudah menguasai, pelajarilah teknik memarkir secara horizontal. Maksudnya gaya parkir secara urut-urutan yang biasa Anda lihat ditepian jalan. Bagi pemula, biasanya teknik ini akan terasa sulit. Namun dengan rajin berlatih, Andapun juga akan terbiasa. Selanjutnya kombinasikan dengan memarkir baik parkir mundur maupun horizontal namun di medan yang menanjak. Pastikan dihari kelima Anda minimal sudah menguasi parkir mundur.Hari keenam. Jika Anda sudah dapat memenuhi target harian dihari-hari sebelumnya, saya rasa Anda sudah layak untuk belajar mengemudi di jalan raya. Ajak rekan Anda untuk menemani Anda belajar mengemudi di jalan besar. Gabungkan semua ilmu yang sudah Anda pelajari di hari sebelumnya. Buang jauh-jauh rasa tegang. Mengemudilah dengan relaks. Praktekan etika berkendara yang Anda pelajari dihari pertama. Jika Anda belum terbiasa, Anda dapat memulai dengan kecepatan rendah dahulu. Jangan merasa panik atau malu bila banyak kendaraan yang mendahului Anda. Tenang saja. Sebaiknya fokus ke arah depan. Jangan terlalu memperdulikan kendaraan dibelakang Anda. Jika mereka dapat menyalip dan mendahului Anda, pasti mereka akan melakukannya. Jadi jangan merasa tidak enak jika banyak kendaraan mengantri dibelakang Anda. PD dan tetaplah memeperhatikan ke depan. Cobalah dengan beberapa kecepatan. Berlatihlah memindah-mindahkan gigi. Oper dari gigi satu ke dua, lalu ke tiga. Kemudian turun lagi. Itu saja sudah cukup untuk pencapaian hari keenam. Tidak perlua sampai ngebut-ngebut.Hari ketujuh. Sebenarnya sampai hari keenam saja, Anda sudah dapat mengendarai mobil sendiri. Hari ketujuh saya berikan sebagai hari tambahan. Jika ada bagian yang masih terasa sulit, Anda dapat berlatih lagi di hari ke tujuh ini. Keluarkan sendiri mobil Anda dari garasi, kendarai dan kemudikan mobil Anda ke tempat yang Anda inginkan. Tentukan sendiri jalurnya. Sering-seringlah berlatih, karena kemampuan Anda akan meningkat seiring jam terbang yang semakin tinggi. Jangan ngebut, berlatihlah untuk mengemudi dengan kecepatan yang stabil, itulah salah satu cara mobil hemat BBM. Itulah cara belajar menyetir mobildalam 7 hari. Jangan lupa juga untuk selalu mengawali latihan serta kepergian Anda dengan doa. Bagaimana dengan Anda? Punya cerita seru saat sedang belajar mobil? Atau punya pertanyaan seputar cara belajar setir mobil? Mari bagikan kepada kamia melalui kolom komentar. Terimakasih rental mobil manado

  • Thumbnail
    Obat tradisional asam urat dan rematik saat ini memang sedang banyak dicari, pasalnya penderita asam urat dan juga rematik semakin banyak. Apakah Anda juga merupakan penderita penyakit-penyakit ini, jika iya […]

  • Thumbnail

    Belajar sambil dengerin musik, yuk, supaya mood kita makin oke dan materi-materi pelajaran juga lebih gampang dicerna.

    Choose the right music!
    Musik dapat membantu kita dalam belajar, lho, girls. Enggak c […]

  • Daftar Tempat Wisata Terbaik di Indonesia  

     1  Raja Ampat Papua
    Raja Ampat Papua Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Raja Ampat merupakan salah satu kepulauan kebanggan Indonesia yang terletak di bagian timur Indonesia tepatnya di daerah Papua Barat. Raja Ampat sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Hampir setengah spesies ikan di dunia ada di laut Raja Ampat. Disana juga terdapat banyak penginapan yang menyuguhkan kenyamanan dan keindahan pemandangan alam Raja Ampat.
     2  Pulau Bali
    Pulau Bali Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Bali merupakan tempat wisata di Indonesia yang sangat popular di dunia. Semua orang pasti akan mengenal Indonesia dari Bali. Di pulau Bali ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Ada wisata pantai Kuta yang indah untuk menikmati matahari tenggelam. Ada Ubud yang menyediakan tempat wisata alam dengan suasana pedesaan dan juga ada tempat wisata lain yang tidak kalah indah seperti Bedugul, Tanah Lot dan masih banyak lainnya.
     3  Wisata Laut Bunaken
    Wisata Laut Bunaken Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Indonesia sangat terkenal dengan keindahan wisata bawah lautnya salah satunya adalah wisata taman laut bunaken. Bunaken terletak di provinsi Sulawesi Utara. Dengan melakukan snorkeling di laut Bunaken, anda akan dimanjakan dengan keindahan terumbu karang dan ikan yang sangat indah. Karena keindahan alam bawah lautnya, maka dari itu bunaken masuk kedalam 10 tempat wisata terpopuler dan terbaik di Indonesia.
     4  Yogyakarta
    Candi Prambanan di Yogyakarta Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Yogyakarta sangat terkenal dengan wisata budayanya. Keramahan warganya dan kenyamanan kota menjadi daya tarik utama kota yang biasa dijuluki dengan kota pelajar ini. Ada wisata sejarah seperti candi Prambanan, Borobudur, Keraton Yogyakarta dan Taman Sari. Bagi anda yang suka belanja dengan harga yang sangat murah, anda juga bisa berkunjung ke daerah Malioboro. Selain wisata sejarah dan budaya, anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang beraneka macam dengan harga yang sangat murah.
     5  Pulau Lombok
    pantai Senggigi di Pulau Lombok Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Pulau Lombok terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok merupakan kumpulan dari beberapa pulau kecil. Wisata pulau Lombok sebagian besar adalah wisata pantai. Ada pantai Senggigi yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Ada pulau Gili dengan beberapa pulau kecil seperti Gili air, Gili Terawangan dan Gili Meno yang mempunyai pasir putih bersih yang sangat indah, dengan keindahan itu tak salah pulau Lombok termasuk 10 tempat wisata terpopuler dan terbaik di Indonesia
     6  Gunung Bromo
    Gunung Bromo Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Jangan pernah katakan sudah mengunjungi berbagai wisata di Indonesia kalau belum mengunjungi gunung Bromo. Gunung romo berlokasi di daerah Jawa Timur tepatnya di taman nasional Tengger Sumeru. Anda akan dapat menikmati pesona keindahan matahari terbit yang sangat menawan, jika anda naik ke atas puncak gunung Bromo. 
     7  Pulau Komodo
    Pulau Komodo Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Komodo merupakan hewan yang masuk salah satu keajaiban dunia. Komodo hanya tinggal di pulau Komodo. Pulau komodo terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain menikmati kehidupan binatang terlangka ini, anda juga bisa menikmati keindahan alam yang tak kalah menakjubkan.
     8  Danau Toba
    Danau Toba Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Salah satu 10 tempat wisata terpopuler dan terbaik di Indonesia selanjutnya adalah danau Toba. Danau yang terletak di provinsi Sumatera utara. Danau Toba merupakan danau yang berkawah yang terdapat pulau kecil di tengahnya. Luas danau Toba hampir sama dengan luas beberapa kabupaten, maka dari itu danau Toba merupakan danau terluas di Asia Tenggara.
     9  Wakatobi
    Wakatobi Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Wakatobi menjadi salah satu taman nasional yang mempunyai keindahan alam bawah laut yang tak kalah bagus dibandingkan Raja Ampat dan Bunaken. Bagi anda yang hobi menyelam, anda harus wajib mengunjungi Wakatobi. Waktobi terletak di provinsi Sulawesi Tenggara. baca:  tukang taman surabaya
     10  Toraja
    Toraja Tempat Wisata Terpopuler dan Terbaik Di Indonesia
    Untuk anda yang suka dengan wisata budaya, anda harus mengunjungi Tanah Toraja yang termasuk kedalam 10 tempat wisata terpopuler dan terbaik di Indonesia. Saat mengunjungi Tanah Toraja, datanglah disaat diadakannya upacara kematian. Biar anda bisa menyasikan upacara adat orang Tanah Toraja. 

    Post by: yaredilaia 

  • Seperti halnya mamalia lainnya, manusia bereproduksi secara seksual dan bersifat vivipar atau melahirkan anaknya. Ovum yang telah dibuahi oleh sperma akan menghasilkan zigot yang selanjutnya tumbuh dan berkembang menjadi embrio di dalam uterus (rahim) ibunya.

    Alat kelamin manusia dibedakan menjadi alat kelamin jantan (pria) dan alat kelamin betina (wanita). Baik pria maupun wanita mempunyai bagian-bagian alat kelamin yang terdapat di dalam tubuh dan juga yang terdapat di luar tubuh.
    Alat reproduksi  pria
    alat reproduksi pria
    Penampang alat reproduksi pria

     

    Alat kelamin dalam pria terdiri atas:

    a.     Testes

    Berjumlah sepasang, dan berbentuk bulat telur. Organ ini tersimpan dalam suatu kantung pelindung yang disebut skrotum (kantong buah zakar) dan terletak diluar rongga perut, berfungsi untuk menghasilkan sel kelamin jantan (spermatozoa) dan juga hormon kelamin jantan yaitu testosteron. Testis banyak mengandung pembuluh halus disebut tubulus seminiferus.

    b.     Saluran reproduksi, terdiri atas:

    –     Epididimis, yaitu saluran panjang berkelok-kelok yang terdapat di dalam skrotum yang keluar dari testis. Setiap testis mempunyai satu epididimis, sehingga jumlahnya sepasang, kanan dan kiri. Saluran ini panjang dan berbelok-belok di dalam skrotum. Di dalam epididimis ini sperma disimpan untuk sementara dan menjadi matang sehingga dapat bergerak.

    –    Vas deferens, yaitu saluran yang merupakan lanjutan dari epididimis. Bagian ujung saluran ini terdapat di dalam kelenjar prostata. Fungsi vas deferens ialah sebagai jalan sperma dari epididimis ke kantung sperma (vesicula seminalis).

    c.     Kelenjar kelamin

    Di samping saluran kelamin, alat kelamin dilengkapi dengan kelenjar kelamin, yang bertugas menghasilkan sekrit (getah) yaitu:

    –    Vesicula seminalis (kantung sperma): berjumlah sepasang, dan menjadi satu kantong. Dindingnya dapat menghasilkan cairan berwarna kekuningan yang banyak mengandung makanan untuk sperma.

    –    Kelenjar prostat:     getah yang dihasilkan dialirkan ke saluran sperma.

    –    Kelenjar bulbo uretra: menghasilkan getah

    –    Kelenjar Cowper: terdapat pada pangkal urethra. Getah yang diproduksi berupa lendir dan dialirkan ke urethra.

    Sperma bersama getah yang diproduksi oleh kelenjar kelamin tadi akan membentuk suatu komponen yang disebut semen. Semen ini akan dipancarkan keluar melalui uretra yang terdapat di dalam penis (alat kelamin luar pria).

    d.     Urethra

    Urethra ialah saluran yang terdapat di dalam penis yang mempunyai dua fungsi, yaitu:

    –    sebagai saluran urine dari kandung kemih (vesica urinaria) keluar tubuh

    –    sebagai saluran untuk jalannya semen dari kantong semen.

    Alat kelamin luar pria terdiri atas:

    a.    Penis

    Merupakan organ yang berperan untuk kopulasi (persetubuhan). Kopulasi adalah hubungan kelamin (senggama) antara pria dan wanita yang bertujuan untuk memindahkan semen ke dalam rahim wanita. Dari dalam penis terdapat uretra berupa saluran yang dikelilingi oleh jaringan yang banyak mengandung rongga darah (korpus cavernosum). Apabila karena sesuatu hal korpus cavernosum itu penuh berisi darah, maka penis akan tegang dan mengembang disebut ereksi. Hanya dalam keadaan ereksilah penis dapat melakukan tugas sebagai alat kopulasi. Alat reproduksi pada pria mulai berfungsi semenjak masa puber (± 14 tahun) sampai tua selama manusia itu dalam keadaan sehat.

    b.    Scrotum

    Merupakan kantung tempat kedua testis berada.

     
    Alat reproduksi wanita
    Seperti halnya pria, alat reproduksi wanita juga terdiri atas alat kelamin luar dan alat kelamin dalam.

    Alat kelamin luar wanita terdiri atas:
    Alat reproduksi wanita bagian luar
    Alat reproduksi wanita bagian luar

     

    a.    Celah luar yang disebut vulva.

    b.    Di sebelah kiri dan kanan celah ini dibatasi oleh sepasang bibir, yaitu bibir besar (labium mayor) dan bibir kecil (labium minor).

    c.    Di sebelah depan dari vulva terdapat tonjolan yang disebut kelentit (klitoris), yang sejarah terjadinya sama dengan perkembangan penis pada pria.

    d.    Ke dalam vulva ini bermuara dua saluran, yaitu saluran urine (urethra) dan saluran kelamin (vagina).

    Alat kelamin dalam wanita terdiri atas:
    alat reproduksi wanita
    Penampang alat reproduksi wanita

     

    a.     Ovarium (indung telur)

    Berjumlah sepasang, kecil, dan alat ini terdapat dalam rongga badan, didaerah pinggang, bentuknya seperti telur. Di dalam ovarium terdapat jaringan kelenjar buntu (kelenjar endokrin) dan jaringan yang membuat sel telur (ovum) yang disebut folikel.

    b.     Saluran reproduksi

    –    Saluran telur (tuba fallopi), berjumlah sepasang, kanan dan kiri. Pada bagian pangkalnya berbentuk corong yang disebut infundibulum. Infundibulum dilengkapi dengan jumbai-jumbai yang berfungsi untuk menangkap sel telur yang telah masak dan lepas dari ovarium.

    –    Rahim (uterus), bertipe simpleks, artinya hanya memiliki satu ruangan. Berbentuk buah pir, dan bagian bawahnya mengecil disebut leher rahim (cervix). Dinding rahim terdiri atas beberapa lapisan otot dan jaringan epitel. Lapisan terdalam yang membatasi rongga rahim terdiri atas jaringan epitel yang disebut endometrium atau selaput rahim. Lapisan ini banyak menghasilkan lendir dan banyak mengandung pembuluh darah. Sebulan sekali, yaitu pada waktu menstruasi (haid), lapisan ini dilepaskan yang diikuti dengan pendarahan. Dinding rahim akan selalu mengalami perubahan ketebalan, dan peristiwanya dipengaruhi oleh hormon.

    –    Vagina, merupakan akhir dari saluran kelamin dalam yang terdapat dalam vulva dan merupakan organ persetubuhan bagi wanita. Karena fungsinya yang penting yakni untuk melahirkan bayi, maka organ ini banyak mempunyai banyak lipatan. Hal ini mempermudah wanita pada waktu melahirkan bayinya, sehingga vagina tersebut tidak sobek. Dinding vagina mempunyai banyak selaput lendir yang berkelenjar, salah satu kelenjar yang penting ialah glandula Bartholini.
    Mekanisme produksi ovum dan siklus menstruasi
    Ovarium seorang wanita mampu memproduksi sel telur setelah masa puber sampai dewasa subur, yaitu berkisar antara umur 12 sampai dengan 50 tahun. Setelah sel telur habis diovulasikan, maka seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi (haid), dan disebut masa menopause. Pada masa menopause alat reproduksi tidak berfungsi lagi dan mengecil, karena berkurangnya produksi hormon kelamin.

    Mekanisme produksi sel telur oleh folikel diatur oleh hormon yang dihasilkan hipofisis. Mekanisme produksi sel telur dan siklus menstruasi adalah sebagai berikut.

    –    Kelenjar hipofisis menghasilkan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone).Hormon ini berfungsi untuk memacu pembentukan folikel dalam ovarium.

    –    Folikel yang sedang tumbuh tersebut memproduksi hormon estrogen. Fungsi hormon estrogen ialah:

    merangsang pertumbuhan endometrium dinding rahim
    menghambat produksi FSH oleh pituitari
    memacu pituitari untuk memproduksi hormon LH (Luteinizing Hormone).Keluarnya LH dari hipofisis menyebabkan telur masak, dan keluar dari dalam folikel, peristiwa inilah yang disebut ovulasi.

    –    Setelah telur masak dan meninggalkan ovarium, LH mengubah folikel menjadi badan berwarna kuning yang disebut korpus luteum. Dan sekarang tidak mampu memproduksi estrogen lagi, tetapi mampu memproduksi hormon progesteron. Hormon progesteron berfungsi untuk  mempercepat dan mempertahankan pertumbuhan endometrium.

    –    Bila sel telur yang keluar dari ovarium tidak dibuahi, produksi estrogen terhenti. Hal ini menyebabkan kadar estrogen dalam darah sangat rendah, akibatnya aktivitas hipofisis untuk memproduksi LH juga menurun. Penurunan produksi LH menyebabkan korpus luteum tidak dapat memproduksi progesteron. Tidak adanya progesteron dalam darah menyebabkan penebalan dinding rahim tidak dapat dipertahankan, selanjutnya akan luruh dan terjadilah pendarahan. Inilah yang disebutmenstruasi.

    –    Bila terjadi pembuahan sel telur oleh sperma, maka zigot yang terbentuk akan melakukan nidasi / transplantasi (penanaman diri) pada endometrium.  Zigot akan berkembang menjadi embrio, terus menjadi janin. Selanjutnya placenta janin yang terbentuk akan menghasilkan HCG (Human Chorionic Gonadotropic) yang akan menggantikan peran progesteron. Janin ini mendapat makanan dari tubuh induknya dengan perantaraan plasenta (ari-ari / tembuni).

    Selaput pembungkus embrio terdiri dari amnion, korion, sakus vitelinus dan alantois.

    Janin kucing sebagai contoh perbandingan: 1 umbilicus, 2 amnion, 3 allantois, 4 kantung kuning telur, 5 perdarahan, 6 placenta

    Sakus vitelinus (kantong kuning telur) terletak di antara amnion dan plasenta, merupakan tempat pembentukan sel-sel darah dan pembuluh-pembuluh darah yang pertama. Selaput-selaput tersebut berfungsi untuk:

    Melindungi embrio terhadap kekeringan dan goncangan-goncangan.
    Membantu proses pernapasan, ekskresi dan fungsi-fungsi penting lainnyaselama kehidupannya didalam rahim.

    Amnion

    Merupakan selaput yang membatasi ruangan amnion di mana terdapat embrio. Dinding amnion menghasilkan cairan berupa air ketuban yang berguna untuk menjaga agar embrio tetap basah dan tahan goncangan.

    Korion

    Merupakan selaput yang terdapat di sebelah luar amnion. Korion dan alantois akan tumbuh keluar membentuk jonjot dan berhubungan dengan dinding rahim. Jonjot-jonjot korion menempel pada dinding rahim. Di dalamnya terdapat pembuluh-pembuluh darah yang berhubungan dengan peredaran darah ibu dengan perantaraan plasenta.

    Alantois

    Terletak di dalam tali pusat. Jaringan epitelnya menghilang dan yang menetap adalah pembuluh-pembuluh darahnya yang berfungsi untuk menghubungkan sirkulasi embrio dengan plasenta. Plasenta dengan embrio dihubungkan oleh tali pusat. Di dalamnya terdapat 2 buah pembuluh nadi dan sebuah pembuluh balik yang berhubungan dengan pembuluh-pembuluh darah di dalam plasenta. Zat makanan dan oksigen dari pembuluh darah induknya melalui plasenta ke tali pusat dan selanjutnya ke pembuluh darah embrio. Sedang zat sisa metabolisma dan CO2 dari pembuluh darah embrio, ke tali pusat, terus ke plasenta, dan akhirnya dialirkan ke pembuluh darah ibu. Bila pertumbuhan dan perkembangan janin telah sempurna, janin akan keluar melalui vagina. Selubung janin akan pecah, diikuti keluarnya plasenta.

    Berikut ini adalah animasi tentang alat-alat reproduksi pada pria dan wanita, termasuk proses kelahiran bayi. Perhatikan juga bagaimana bayi melakukan positioning saat keluar dari dalam rahim:

  • Selamat belajar semua dan semoga bermanfaat.

  • Thumbnail1. Darah
    Bagian-bagian darah

    Sel-sel darah (bagian yg padat)
    Eritrosit (sel darah merah)
    Leukosit (sel darah putih)
    Trombosit (keping darah)

     

    Plasma Darah (bagian yg […]

  • Efek samping obat adalah suatu reaksi yang tidak diharapkan dan berbahaya yang diakibatkan oleh suatu pengobatan. Efek samping obat, seperti halnya efek obat yang diharapkan, merupakan suatu kinerja dari dosis […]

  • Sistem reproduksi pada manusia akan mulai berfungsi ketika seseorang mencapaikedewasaan (pubertas) atau masa akil balik. Pada seorang pria testisnya telah mampu menghasilkan sel kelamin jantan (sperma) dan hormon testosteron. Sedangkan seorang wanita ovariumnya telah mampu menghasilkan sel telur (ovum) dan hormon estrogen.

    1. Sistem Reproduksi Pria

    a. Testis (buah zakar)
    Jumlah 1 pasang, terdapat dalam kantong pelindung yang disebut skrotum. Testis berfungsi menghasilkan hormon testosteron dan sel kelamin jantan (sperma). Hormon testosteronberfungsi untuk menimbulkan tanda-tanda kelamin sekunder pada pria. Hormon testosteron berfungsi mempengaruhi timbulnya tanda-tanda kelamin sekunder pada pria, di antaranya suara berubah menjadi lebih besar, tumbuhnya rambut di tempat tertentu misalnya jambang, kumis, jenggot, dan dada tumbuh menjadi bidang, jakun membesar.

    b. Saluran reproduksi
    Saluran reproduksi pada pria terdiri atas:
    1) Epididimis, merupakan tempat pendewasaan (pematangan) dan penyimpanan sperma. Epididimis berupa saluran yang berkelok-kelok yang terdapat di dalam skrotum.
    2) Vas viagra deferens (saluran sperma), merupakan kelanjutan dari saluran epididimis, berfungsi menyalurkan sperma ke uretra. Diantara saluran ini terdapat vesikula seminalis (kantong sperma), Alat ini berfungsi sebagai penampung sperma dari testis. Terletak diantara saluran vas deferens.
    3) Uretra, kelanjutan dari vas deferens, berfungsi untuk menyalurkan sperma keluar dan merupakan saluran urine dari kandung kemih menuju ke luar.

    c. Penis
    Merupakan alat kelamin luar, berfungsi untuk alat kopulasi yaitu untuk memasukkan sperma ke dalam saluran reproduksi pada wanita.

    d. Kelenjar yang terdapat pada pria
    1) Kelenjar prostat, merupakan kelenjar penghasil semen terbesar, bersifat encer dan berwarna putih, berisi makanan untuk sperma.
    2) Kelenjar bulbourethralis, kelenjar ini terdapat di sepanjang uretra, berfungsi mensekresi cairan lendir bening yang menetralkan cairan urine yang bersifat asam yang tertinggal pada uretra.

    2. Sistem Reproduksi Wanita

    a. Ovarium (indung telur)
    Jumlahnya 1 pasang, terletak di dalam rongga perut, berfungsi untuk pembentukan ovum (sel telur) dan menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen berfungsi mempengaruhi timbulnya tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, yaitu kulit menjadi semakin halus, suara menjadi lebih tinggi, tumbuhnya payudara dan pinggul membesar. Seorang wanita mampu memproduksi sel telur (ovum) setelah masa puber (remaja awal) sampai dewasa, yaitu sekitar umur 12 sampai 50 tahun. Setelah usia sekitar 50 tahun seorang wanita tidak produktif lagi yang ditandai dengan tidak mengalami menstruasi. Masa tersebut dinamakan menopause.

    b. Tuba falopii atau oviduk
    merupakan saluran telur, berfungsi sebagai tempat terjadinya fertilisasi (pembuahan).Pembuahan adalah peristiwa peleburan gamet jantan (sperma) dan gamet betina (sel telur).

    c. Uterus (rahim)
    berfungsi sebagai tempat perkembangan dan pertumbuhan janin. Di rahim terdapat serviks (mulut rahim). Serviks ada pada bagian terdepan dari rahim dan menonjol ke dalam vagina. Serviks memproduksi cairan berlendir. Pada sekitar waktu ovulasi, mukus ini menjadi banyak, elastis, dan licin. Hal ini membantu spermatozoa untuk mencapai uterus. Saluran yang berdinding tebal ini akan menipis dan membuka saat proses persalinan dimulai. Di rahim juga terdapat lapisan endometrium. Lapisan endometrium merupakan lapisan dalam rahim tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.
     
    d. Vagina
    organ untuk kopulasi dan melahirkan.

    3. Proses Reproduksi pada Manusia

    Pembuahan didahului oleh peristiwa ovulasi, yaitu proses pembentukan sel telur (ovum) didalam ovarium. Sel telur yang terbentuk akan dilepas oleh ovarium dan menuju ke tuba falopii (oviduk). Di dalam tuba falopii ini jika sel telur bertemu dengan sperma maka akan terjadi peristiwa pembuahan, yakni proses peleburan gamet jantan (sperma) dengan gamet betina (sel telur). Sel telur yang telah dibuahi akan membentuk zigot. Zigot yang terbentuk segera diselubungi oleh selaput, kemudian menuju ke rahim. Di dalam rahim zigot menanamkan diri pada dinding rahim yang telah menebal.
    Zigot yang telah berada di rahim akan terus tumbuh dan berkembang menjadi embrio sampai dilahirkan. Masa embrio/masa kehamilan manusia sekitar 9 bulan 10 hari. Di dalam rahim embrio mendapat makanan dari tubuh induk melalui plasenta (ari-ari). Embrio dilindungi selaput pembungkus yang disebut amnion. Dinding amnion mengeluarkan getah berupa air ketuban yang berguna untuk menjaga embrio agar tetap basah dan menahan goncangan.
     
    4. Siklus Menstruasi

    Menstruasi disebut juga haid merupakan pendarahan yang terjadi akibat luruhnya dinding sebelah dalam rahim (endometrium), terjadi ketika embrio tidak terbentuk. Siklus menstruasi wanita berbeda-beda, namun rata-rata berkisar 28 hari. Siklus ini terdiri atas 4 fase, yaitu:
     
    1. Fase menstruasi
    Fase menstruasi ini terjadi jika ovum tidak dibuahi sperma, sehingga korpus luteum menghentikan produksi hormon esterogen dan progesteron. Turunnya kadar esterogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari endometrium yang disertai robek dan luruhnya endometrium, sehingga terjadi pendarahan. Fase menstruasi ini berlangsung kurang lebih 5 hari.
     
    2. Fase pra-ovulasi
    Fase pra-ovulasi disebut juga dengan fase poliferasi. Apa yang terjadi pada fase ini? Hormon pembebas gonadotropin yang dikeluarkan hipotalamus akan memacu hipofise untuk mengeluarkan FSH. Apa yang kamu ketahui tentang FSH? FSH singkatan dari folikel stimulating hormon. FSH memacu pematangan folikel dan merangsang folikel untuk mengeluarkan hormon esterogen. Adanya esterogen menyebabkan pembentukan kembali (poliferasi) dinding endometrium.

    3. Fase ovulasi
    ovulasi terjadi pada hari ke 14. Peningkatan kadar esterogen menghambat pengeluaran FSH, kemudian hipofise mengeluarkan LH. LH singkatan dari luternizing hormon. Peningkatan kadar LH merangsang pelepasan sel telur yang telah matang dari folikel di dalam ovarium, peristiwa ini disebut ovulasi.

    4. Fase pasca ovulasi
    Folikel de Graaf (folikel matang) yang telah melepaskan sel telur akan berkerut dan menjadikorpus luteum. Korpus luteum mengeluarkan hormon progesteron dan masih mengeluarkan hormon esterogen namun tidak sebanyak ketika berbentuk folikel. Progesteron mendukung kerja esterogen untuk mempertebal dan menumbuhkan pembuluh-pembuluh darah pada endometrium serta mempersiapkan endometrium untuk menerima pelekatan embrio jika terjadi pembuahan atau kehamilan. Jika tidak terjadi pembuahan, korpus luteum akan berubah menjadi korpus albikan yang hanya sedikit mengeluarkan hormon, sehingga kadar progesteron dan esterogen menjadi rendah. Keadaan ini menyebabkan terjadinya menstruasi. Demilkian seterusnya.

    5. Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

    1. AIDS
    AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) menyebabkan turunnya kekebalan tubuh sehingga pengidap AIDS mudah sekali terserang penyakit yang berbahaya. AIDS disebabkan oleh virus, yang diberi nama HIV (Human Immuno Deficiency Virus), virus ini menyerang sel darah putih, dimana sel darah putih berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. virus HIV dapat menular masuk ke tubuh orang lain melalui transfusi darah (donor darah seseorang yang terinfeksi HIV) atau melalui alat-alat yang menyebabkan luka, seperti jarum suntik, jarum infus, dapat juga melalui kontak seksual.

    2. Gonorea
    Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat ditularkan melalui kontak seksual. Penderita gonorea akan merasakan sakit pada saat mengeluarkan urin. kadang-kadang urine mengeluarkan nanah, jika penderita gonorea tidak diobati dapat merusak saluran reproduksi sehingga dapat mengakibatkan kemandulan.

    3. Sifilis
    Sifilis disebabkan oleh sejenis bakteri Treponema pallidium, bakteri ini biasa ditularkan melalui kontak seksual atau jalan lain, misalnya bayi yang dilahirkan dari ibu penderita sifilis. Penyakit ini akan ditandai dengan adanya luka pada alat kelamin dan jika tidak segera diobati bakteri dapat merusak sel otak, melumpuhkan tulang atau merusak jantung dan pembuluh darah.

  • Muridnya cerdas2 ya.

  • yaredi became a registered member 2 years, 11 months ago