• Terima kasih pak Okky Fajar, salam kenal.

  • Terima kasih pak Saefuddin, Ini siswanya yang kreatif pak, saya hanya memberikan mereka referensi tentang cara pembuatannya dan mereka mengerjakannya dengan baik.

  • Membuat Alat Peraga Sistem Tata Surya dengan Kertas Bekas | Alat peraga merupakan media yang mampu mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran, dan mampu menterjemahkan teori-teori yang sangat sulit digambarkan, sehingga alat peraga sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk menjelaskan materi pelajaran yang disampaikan di dalam kelas. Alat peraga pendidikan banyak dijual  di toko yang menyediakan aneka alat peraga dalam pendidikan. Tapi, alangkah baiknya jika alat peraga tersebut dibuat sendiri oleh siswa, dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah tak terpakai dan mudah didapatkan. Sehingga bisa menambah pengetahuan siswa dalam hal keterampilan. Jadi, siswa tidak hanya belajar tentang teori pada mata pelajaran tersebut. Tapi, siswa mampu membuat karya sendiri.

    [caption id="attachment_45327" align="aligncenter" width="600"]miniatur planet Membuat miniatur planet[/caption]

    Alat peraga sistem tata surya

    Berikut ini aneka karya siswa dalam pembuatan alat peraga pada materi IPA Terpadu untuk siswa kelas 9 tentang “Sistem Tata Surya”
    Membuat Alat Peraga Sistem Tata Surya dengan Kertas Bekas

    Hasil karya kelompok 1
    Alat peraga Sistem Tata Surya yang dibuat oleh kelompok 1 sangat menarik dan terlihat realistis karena dipasang berdiri mengunakan kayu bambu yang beralaskan stiroform.


     Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 1


     Proses pembuatan alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 1
    Hasil karya kelompok 2
    Alat peraga karya kelompok 2 mengusung konsep poster yang bisa dipasang atau ditempel di tembok. Bola planet  ditempelkan pada kertas karton yang dilapisi kertas manila. Sehingga poster yang dibuat tidak seperti biasanya. Namun, lebih terlihat seperti poster 3D (3 dimensi) sehingga nampak seperti nyata.
     

     Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 2
    Hasil karya kelompok 3

     Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 3


     Proses pembuatan alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 3
    Hasil karya kelompok 4

     Proses pembuatan alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 4


     Hasil jadi alat peraga Sistem Tata Surya oleh kelompok 4
    Itulah karya siswa MTs Nahdlatus Shaufiah Wanasaba, tahun pelajaran 2015/2016 tentang Pembuatan Alat Peraga Sistem Tata Surya. Untuk cara pembuatannya silahkan anda lihat di postingan Cara Membuat Miniatur Planet dengan Kertas Bekas. Sekian dulu postingan tentang Alat Peraga Sistem Tata Surya, semoga artikel bisa bermanfaat untuk Ibu/Bapak guru, khususnya bagi guru IPA yang membutuhkan alat peraga dalam menjelaskan materi tentang sistem tata surya.

  • Ngeblog merupakan kegiatan tulis-menulis atau mengekspresikan pikiran, pengalaman, dan pengetahuan dalam bentuk tulisan. Orang yang aktif menulis di blog disebut dengan blogger. Menjadi blogger dengan niat berbagi […]

  • “Quipper School” Mengubah model pembelajaran jadul menjadi lebih gaul !!– Seperti yang kita ketahui dewasa ini masyarakat di Indonesia sudah semakin maju dan sadar akan perkembangan teknologi dan informasi. Di era yang serba modern, semua aktivitas manusia sangat dimanjakan oleh dunia teknologi. Kini kegiatan apapun sangat mudah dilakukan hanya tinggal klik, apalagi ahir-ahir ini sedang populernya layanan ojek online yaitu Go-Jek. Hampir semua aktivitas manusia dijalankan serba online, mau belanja tinggal klik cukup dari rumah anda pesan barang, barang akan sampai dirumah anda. Jika dibandingkan dengan gaya konvensional anda sibuk mencari barang tersebut ditoko, tapi dengan kemajuan teknologi malah sebaliknya barang yang datang langsung mencari alamat rumah anda jika anda memesan lewat online.

    [caption id="attachment_44066" align="aligncenter" width="586"]Quipper School Kegiatan belajar Quipper School[/caption]

    Di dalam dunia pendidikanpun tidak terlepas dari pengaruh dunia tekhnologi dan informasi, QuipperSchool merupakan sebuah solusi untuk menyajikan pembelajaran yang berbasis e-learning atau biasa disebut dengan model pembelajaran online, dimana aktivitas belajar siswa tidak terbatas oleh ruang dan waktu, kapanpun dan dimanapun selama ada akses internet siswa akan mudah belajar dengan menggunakan Quipper School kegiatan belajar siswa lebih santai, siswa bisa memanfaatkan HP, gadget dan notebook atau laptop yang dimilikinya untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sepintas mereka seperti hanya bermain HP tapi kenyataannya mereka sedang menikmati betapa mudah dan menyenangkan belajar dengan memanfaatkan tekhnologi dengan memanfaatkan Quipper School. Bermain HP untuk kegiatan belajar memberikan pengalaman baru bagi siswa. Selama ini kita memandang HP hanya dari sisi negatifnya saja namun jika kita mampu berfikir positif dengan memanfaatkan HP yang dimiliki oleh siswa, dapat kita jadikan sebagai media penunjang aktivitas belajar siswa. Inilah salah satu cara atau tehnik seorang guru bagaimana menyajikan pembelajaran yang inovatif dan lebih mneyenangkan.
    Aplikasi Quipper School sangat mudah dijalankan sekalipun anda seorang pemula yang sangat gaptek, karena aplikasi quipper school didesain dengan sederhana dan tidak ribet maka anda tidak akan merasa kesulitan untuk menggunakannya. Berbagai fitur yang disediakan Quipper School akan mempermudah aktivitas bagi para guru dalam memberikan pembelajaran yang lebih baik, menyenangkan, menarik dan pastinya berkualitas. Seperti pemberian tugas kepada siswa, setelah siswa mengerjakannya maka otomatis hasil pekerjaan siswa akan masuk di data guru secara otomatis

    Quipper School

    Berbagai fitur unggulan yang disediakan oleh Quipper School seperti :

    Quipper Learn, link akses untuk siswa seperti mengerjakan tugas yang diberikan guru,
    Qupper Link, link akses untuk guru untuk mengontrol aktivitas belajar siswa ketika para siswa sudah selesai mengerjakan soal yang diberikan oleh guru,
    Q-Create, link akses untuk para guru yang ingin membuat soal dan materi sesuai keinginan,

    Selain itu juga banyak fitur lain yang lebih menarik seperti menu pesan untuk mengirim pesan kepada guru jika siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, dan ada juga menu untuk grup agar mempermudah siswa berdiskusi langsung kepada temannya yang dalam satu kelas. Jika anda tertarik menggunakan Quipper School segera daftarkan sekolah anda di Quipper School, jika anda belum memahami cara menjalankankannya silahkan anda baca petunjuk berikut klik Panduan Quipper School untuk melihat petunjuknya dan cara menggunakan Quipper School.

    Berikut panduan dasar tentang cara menjalankan E-learning Quipper School :

    Cara mendaftar Quipper School untuk Guru
    Cara mendaftar Quipper School untuk Siswa
    Cara membuat kelas Quipper School
    Cara membuat tugas Quipper School
    Cara mengerjakan tugas Quipper School untuk Siswa
    Cara membuat konten dan soal Quipper School
    Cara mengganti password Quipper School untuk Guru
    Cara mengatasi siswa lupa password Quipper School

    Sebagai seorang guru yang ingin menjadi guru profesional anda dituntut untuk bisa menghadirkan model pembelajaran kreatif, inovatif, menarik dan menyenangkan. Agar bisa menarik minat belajar siswa guru harus bisa menghadirkan pembelajaran yang inovatif dan selalu menghadirkan model pembelajaran yang variatif agar siswa tidak bosan dengan model pembelajaran yang sifatnya monoton. Salah satunya dengan menerapkan sistem pembelajaran e-learning dari Quipper School. Model pembelajaran konvensional yang sifatnya jadul sudah tidak jamannya lagi untuk anda gunakan secara terus menerus.

    Quipper School

    Diera tahun 90-an bisa dikatakan jaman masih kuno, HP, Tablet, Notebook, Laptop dll. Seperti barang tersier atau barang mewah yang sulit dimiliki oleh masyarakat dari kalangan menengah kebawah. Seiring dengan perkembangan jaman barang tersebut seolah-olah menjadi kebutuhan pokok manusia, hampir semua orang dari lapisan masyarakat menengah kebawah memiliki barang-barang tersebut. Begitu juga dengan model pembelajaran di sekolah, kalau jaman dulu model pembelajaran yang disajikan oleh guru selalu monoton tidak variatif yaitu guru hanya memberikan catatan, selesai mencatat materi tersebut dijelaskan tanpa adanya media penunjang sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru.

    Quipper School

    Begitu juga dengan model pembelajaran disekolah, model pembelajaran yang jadul sekarang lebih gaul dengan adanya internet menggunakan e-learning Quipper School, kegiatan belajar lebih asyik dan menyenangkan seperti bermain game.

    Semoga tulisan singkat tentang Quipper School ini bisa memberikan informasi baru bagi anda yang belum mengenal e-learning Quipper School.

  • Terima kasih pak,Subakri 🙂

  • Menarik pak,,patut dicoba nih,,terima kasih udah share ilmunya. 🙂

  • Selamat buat para penulis, kira2 kapan dibuka lagi ya?

  • Terima kasih banyak pak Usep Saefuddin,,

  • Listrik merupakan sebuah kebutuhan manusia didalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak bisa terlepas dari peran listrik. Listrik banyak kita gunakan didalam kehidupan seperti, untuk menyalakan televisi, kulkas, laptop atau komputer dan alat elektronik lainnya. Selama ini kita hanya menggunakan listrik tapi kita tidak pernah berpikir darimana listrik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari itu timbul?. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang cara membuat pembangkit listrik sederhana, alat dan bahan yang kami gunakan sangat mudah anda dapatkan.

    Berikut gambar dari pembangkit listrik sederhana yang kami buat, jika anda tertarik untuk membuatnya silahkan anda baca  penjelasan berikut !

    Pembangkit Listrik

    Pembangkit listrik sederhana  ini adalah hasil kreatifitas siswa kami, dan kami ingin  berbagi pengalaman kepada pembaca. Hasil karya ini sangat cocok untuk diterapkan sebagai tugas siswa atau sebagai media belajar jika anda seorang guru IPA atau Fisika, karena pembangkit listrik sederhana ini salah satu bentuk penerapan konsep dari “Induksi Elektromagnetik” (Materi IPA kelas IX). Bahan yang kita gunakan untuk membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah sebuah dinamo kecil dengan tegangan 12 volt, dinamo kecil ini mudah anda dapatkan biasanya terdapat pada mobil mainan anak-anak. Kenapa dinamo bisa menghasilkan energi listrik? Karena didalam dinamo terdapat komponen yang terdiri dari magnet dan kumparan (lilitan kawat tembaga), magnet dan kumpara inilah sebagai sumber enrgi listrik timbul. Intraksi antara magnet dan kumparan akan menghasilkan GGL (Gaya Gerak Listrik), kemudian menghasilkan energi listrik dan bisa menyalakan sebuah lampu.

    Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah :

    1. Papan/kayu
    2. Kaset CD bekas 4 buah
    3. Karet gelang 2 buah
    4. Karet sandal bekas
    5. Dinamo kecil 12 Volt
    6. Kabel ukuran kecil
    7.  Lampu LED

    Langkah  kerja pembuatan pembangkit listrik sederhana ini adalah :

    Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuatnya.
    Potonglah papan sebagai tempat dudukan, sesuaikan ukuran menurut keinginan anda, jangan lupa anda buat juga tiang penyangga lingkaran pemutar dari kayu (untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambarnya.
    Jika papan sebagai dudukan dan tiang penyangga sudah jadi, silahkan anda buat lingkaran pemutar yang terbuat dari 2 buah kaset CD bekas dan bagian dalamnya dibuat lingkaran dari karet sandal bekas, untuk lingkaran pemutar silahkan anda buat 2 buah, seperti yang namapak pada gambar.
    Jika sudah jadi, silahkan anda pasang pemutar tersebut dengan paku
    Kemudian pasangkan dinamo dan kabel yang menghubungkan ke lapu LED
    Kemudian hubungkan pemutar 1 dengan yang ke-2 dengan karet gelang, jangan lupa hubungkan juga ke dinamo.
    Jika sudah selesai akan tampak bentuknya seperti pada gambar.

    Sekian dulu penjelasan tentang membuat pembangkit listrik sederhana, semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa  anda terapkan sebagai media belajar IPA/Fisika.

    Karya ini dibuat oleh siswa-siswa kreatif berikut !

    20150305_110104

    Dari kiri : Eli Sukmayanti, Nurul Hidayat, M. Nazri, M. Rizal Fahmi, dan L. Riyan Hidayat.

    Siswa-siswi MTs Nahdlatus Shaufiah Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB Tahun Pelajaran 2014-2015

     

    Untuk lebih jelasnya silahkan anda tonton videonya di YouTube klik disini

     

     

    Catatan :

    Dinamo adalah salah satu alat yang bisa menghasilkan energi listrik, karena dinamo tersusun atas magnet dan kumparan sebagai komponen penyusunnya, interaksi antara magnet dan kumparan inilah yang akan menimbulkan GGL induksi dan menghasilkan energi listrik, percobaan ini pertama kali dilakukan oleh seorang ilmuan asal Inggris yaitu Michael Faraday.

     
     Jangan lupa kunjungi blog kami : http://www.wirahadiary.blogspot.com

  • kegiatan belajarnya sangat menarik pk,, 🙂

  • QS cocok untuk pemula yg ingin menerapkan e-learning, karena lebih mudah untuk dioperasikan 🙂 .

  • Wah mantap (y) artikelnya pak,,mau coba buat digibook juga nih :), salam kenal ya..

  • Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan merupakan dambaan bagi seorang guru atau tenaga pendidik, dengan menciptakan suasana  belajar yang menyenangkan maka akan melahirkan semangat belajar dari para siswa dan pastinya akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik, kata menyenangkan biasanya timbul disaat anak-anak (peserta didik) bermain, bermain merupakan kegiatan mengasyikkan dan menyenangkan bagi siswa, jadi guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran sehingga proses belajar lebih menyenangkan seperti bermain sehingga sekolah tidak dianggap sebagai tempat yang membosankan namun  sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswa.

    belajar menyenangkan
    Seperti yang telah dijelaskan pula dari Quantum Learning sendiri bahwa belajar itu haruslah mengasyikkan dan berlangsung dalam suasana gembira  sehingga pintu masuk untuk informasi baru akan lebih lebar dan terekam dengan baik. Rasa senang dalam belajar adalah masalah suasana hati. Ini diperoleh melalui perlakuan guru dan orang tua melalui dorongan dan motivasi mereka. Sebenarnya yang diperlukan oleh siswa dalam belajar adalah rasa percaya diri.

    Oleh karena itu, tugas orang tua dan guru  tentu saja menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Dari pengalaman hidup, kita menemukan begitu banyak anak yang ragu-ragu atas apa yang mereka pelajari sehingga mereka perlu didorong dan diberi semangat lewat bahasa cinta dan perlakuan adil bagi mereka. Langkah inovatif yang dapat dilakukan adalah bagaimana eksistensi dinding-dinding kelas yang pada dasarnya benda mati tersebut menjadi bermakna dan berbicara terhadap siswa pada khusunya dan bagi seluruh warga sekolah pada umumnya.

    Yang menjadi pertanyaan adalah

    “Bagaimana menciptakan dinding-dinding sekolah dan ruang-ruang kelas yang mati ini menjadi lebih hidup,  menjadi bermakna, dan pada akhirnya dapat menggairahkan nafsu belajar siswa”.

    Jawaban dari pertanyaan diatas adalah tidak lain adalah diperlukan suatu langkah kreatif seorang guru. Hal ini tentunya merupakan suatu langkah inovatif yang pada kenyataannya akan berbeda dengan kondisi realita dan mayoritas yang ada dilapangan saat ini. Pada kebanyakan orang dan pada kebanyakan guru bisa saja kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan yang mengada-ada. Namun justru disinilah letak nilai inovatif itu sendiri muncul, sebab kegiatan yang bersifat inovatif akan dirasakan hal yang asing oleh orang lain, sebab hal semacam itu sebelumnya jarang atau bahkan mungkin belum ada.

     

    Jangan lupa baca : Metode Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan
    Suasana belajar adalah faktor penentu keberhasilan mencapai sasaran belajar. Prinsip belajar orang dewasa dan anak-anak pada hakikatnya sama, yaitu melalui penjelajahan (eksplorasi) dan suasana hati gembira (fun). Seorang guru idealnya kreatif mendesain lingkungan belajar agar tercipta suasana yang menyenangkan atau dalam istilah Gordon Dryden disebut orkestra lingkungan belajar

    Lalu apa yang perlu disiapkan?

    Desain ruang kelas, desainlah ruang kelas dengan hal-hal yang bisa membuat suasana hati ceria, agar siswa merasa lebih senang untuk belajar.
    Bila perlu ciptakan suasana kelas yang mirip pesta, ada balon, lampion, dan hiasan-hiasan dinding.
    Siapkan musik pengiring ketika presentasi atau ketika siswa mengerjakan tugas-tugas yang sebelumnya yang telah diremcanakan. Akan lebih baik jika memakai musik klasik yang direkomendasikan oleh Dr Lazanov (Mozart, Vivaldi, Bethoven).
    Seluruh atmosfer kelas harus benar-benar bersahabat, tidak ada tekanan, apalagi ancaman.

    Stocwell (seorang pelatih pendidikan terkemuka di Eropa) menjelaskana bahwa poster berwarna di dinding yang didesain dengan baik sangatlah penting karena merangsang  periferal otak. Kehadirannya yang konstan diruang kelas menyampaikan isinya di memori otak walaupun tidak didasari oleh anak. Stocwell juga menjelaskan tentang psikologi warna. Merah adalah warna peringatan, biru melambangkan kesejukan, kuning warna kecerdasan, hijau dan coklat mempunyai efek menentramkan, hangat dan ramah. Poster yang baik dapat membuat kesan di memori jangka panjang, menciptakan gambaran memori yang dapat dipanggil kembali jika dibutuhkan, walaupun tidak pernah dipelajari secara sadar.

    Penerapan Joyfull Learning
    Joyfull Learning dapat dilakukan dengan memotivasi tumbuhnya harga diri yang positif kepada anak dan meberikan lingkungan dan kondisi yang tepat untuk semua anak. Dengan kata lain, semua anak merasakan bahwa :

    1. Kondisi mereka sekecil apapun dihargai
    2. Mereka merasa aman (fisik dan psikis) dalam lingkungan belajar
    3. Gagasan mereka dihargai (Stufflebeam, 1965)

    Dengan kata lain anak harus dihargai apa danya. Mereka harus merasa aman, bisa mengekspresikan pendapatnya, dan sukses dalam belajarnya.

    Kerangka inilah yang membantu anak-anak menikmati belajar dan guru bisa memperkuat rasa senang ini melalui penciptaan kelas yang lebih “menyenangkan”.

    Oleh karena itu, guru diharapkan  untuk tidak membatasi argumen siswa, karena dengan mendengarkan argumen siswa, mereka merasa lebih diperharikan dan merasa nyaman berada dikelas. Selain itu penataan kelas juga membuat siswa merasa nyaman dan senang berasa dikelas.
    Dave Meier menyatakan bahwa belajar menyenangkan  (joyfull learning) adalah sistem pembelajaran yang berusaha untuk membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman , nilai yang membahagiakan pada diri siswa, membuat siswa tertarik untuk belajar merupakan sebuah tantangan bagi guru, karena membuat siswa tertarik untuk belajar tidak semudah menjelaskan teori yang ada dibuku.

    Jangan lupa baca : Bagaimana membuat siswa tertarik untuk belajar?

    Sebelum dikenakan pada tujuan pembelajaran joyfull learning lebih dulu mengetahui tujuan pendidikan  nasional sesuai undang-undang no.02 untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif menegembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

    Siswa akan terdoromg untuk terus belajar jika pembelajaran diselenggarakan secara nyaman dan menyenangkan , sehingga siswa terlibat secara fisik dan psikis. Untuk itu guru perlu menciptakan kondisi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan keceerdasan siswa. Guru juga perlu memberikan penghargaan bagi sisiwa yang berpartipasi. Penghargaan dapat bersifat material dan penghargaan, nilai, penghargaan applaus.

    Sedangkan tujuan dari pembelajaran yang menyenangkan sendiri adalah menggugah sepenuhnya kemampuan belajar dari pelajar, membuat belajar menyenangkan dan memuaskan bagi mereka, dan memberikan sumbangan sepenuhnya pada kebahagian, kecerdasan, kompetensi, dan keberhasilan mereka sebagai manusia.
    Artikel ini juga diposting di blog kami jangan lupa kunjungi : http://www.wirahadie.com

  • Terima kasih udah share pak,,ijin nyimak sambil belajar dulu pak,,masih asing bagi saya tentang aplikasi ini 🙂

  • Wirahadi changed their profile picture 4 years, 5 months ago

  • Terimakasih udah sharing pak, kreatif sekali bisa ditiru nih model pembelajarannya,
    Oia,,salam kenal ya..

  • Load More

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar