• Tulisan yang bagus !

  • Terimakasih pa Muhammad Alim, lagi belajar menulis…

  • Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

  • Thumbnail“Komputer itu luar biasa karena ketika kamu bekerja dengannya, kamu akan mengetahui hasilnya dengan cepat untuk menunjukkan bahwa program yang kamu buat bekerja. Itu adalah timbal balik yang tidak akan kamu […]

  • JURNAL KEGIATAN 1 (USEP SAEFUDDIN-AAI Short Term Award Batch 5)

    Hari Ke: 1

    Hari/Tanggal: Senin, 27 Februari 2017

    Waktu: 08.30 s.d selesai

    Tempat: Sidney Myer Asia Centre, University of Melbourne

    Penyaji: 1) Mrs. Bonnie Hermawan, 2) Rob Skillern, 3) Ms. Ratchel

    Topik: 1) Orientasi Australia Awards Beasiswa Studi Singkat Pengembangan Profesi Guru SD dan SMP, 2) WWCC dan Aplication WWCC, 3) Games of Around Melbourne

    Aktivitas
    “Australian is wonderful”. Itulah kesan pertama yang dapat saya ungkapkan sebagai salam perkenalan dengan sebuah negeri yang kaya akan keanekaragaman keindahan alam, wisata dan budaya. Sebuah manifestasi dari negara yang multietnik, multikultural, menjunjung tinggi hak asasi manusia dan rule of law (supremasi hukum). Kesejukan cuaca dengan temperatur 5 derajat Celcius di Sydney Airport, merupakan ucapan selamat datang kami setelah tiba di destinasi penerbangan kami dari Jakarta. Dengan penerbangan menggunakkan Qantas, sebuah maskapai penerbangan flat merah Australia. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke kota Melbourne via maskapai penerbangan serupa.
    Hari pertama kedatangan kami di Melbourne Airport (Sabtu, 25 Februari 2017), kami sudah disuguhi dengan pelayanan yang menakjubkan. Dijemput oleh salah seorang Project Officer sekaligus Interpreter dari Asia Education Foundation (Ms. Novi), kami bersama-sama menaiki bus charteran full wifi menuju apartemen. Setelah menyimpan barang di lobi apartemen, kami kemudian diajak lunch (makan siang) di Café Jokamz, sebuah kafe masakan Indonesia di Melbourne yang memanjakan lidah peserta kegiatan studi singkat ini karena aroma cita rasa nusantara. Pelayanan dilanjutkan dengan briefing singkat di Argyle Square, Lygon Street dengan memberikan berbagai fasilitas pendukung, antara lain:

    Kartu seluler keperluan kami selama di Australia (Telstra) dengan saldo 30 AUD dan kuota internet 3 GB.
    Kartu apartemen lengkap dengan petunjuk gratis pemakaian wifi meliputi username dan password setiap penghuni kamar.
    Name Tag (papan nama) selama kegiatan studi singkat di Australia, lengkap dengan nomor darurat, alamat apartemen, sehingga meminimalisir kami untuk tersasar.
    Map of Melbourne (peta kota Melbourne) yang memudahkan kami dalam mengeksplorasi kota Melbourne.

    20170225_151304

    Gambar 1. Briefing di Argyle Square, Lygon St, Melbourne

    Source: Dokumen Pribadi
    Hari kedua kedatangan (Minggu, 26 Februari 2017), hari masih libur. Saya (Usep Saefuddin) menghabiskan waktu bersama teman se-apartemen saya dari Brebes, Jawa tengah (Mr. Sumarjo) dengan mengunjungi Queen Victoria Market, sebuah pasar yang terkenal di kota Melbourne yang menjajakan berbagai barang dagangan murah dari mulai sandang dan pangan, meliputi daging dan ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan, pakaian, souvenir dan lain sebagainya. Kami berbelanja kebutuhan dapur kami. Tidak kalah menariknya, kami pula disuguhi festival musik yang memanjakan mata dan telinga.
    IMG-20170226-WA0082

    Gambar 2. Visit to Queen Victoria Market

    Source: Dok. Sumarjo
    Hari pertama kegiatan (hari ketiga kedatangan) yakni Senin, 27 Februari 2017. Saya bersama peserta kegiatan lainnya, yang dikawal oleh pendamping kami dari Kemendikbud (Mr. Alfarizi dan Mr. Hadi Wuryanto) berangkat bersama menuju gedung Sydney Myer Asia Centre di University of Melbourne. Tepat pukul 08.30 kami sudah disambut dengan hangat oleh Mrs. Bonnie Hermawan, Rob Skilern dan Ms. Ratchel.
    Kegiatan awal berupa orientasi Australia Awards Beasiswa Studi Singkat Pengembangan Profesi Guru SD dan SMP. Dalam kegiatan ini, Mrs. Bonnie Hermawan dengan lancar dan cekatan menjelaskan secara rinci tentang kegiatan ini, dari mulai latar belakang, tujuan sampai dengan muara refleksi dari semua kegiatan yang akan dilakukan.
    Pada tahap orientasi ini, kami dibagi dalam berbagai kelompok. Setiap kelompok mendeskripsikan dengan gambar atau tulisan tentang berbagai pengetahuan tentang Australia. Kemudian secara bergiliran, setiap kelompok mempresentasikan. Kegiatan dilanjutkan dengan menuliskan berbagai pertanyaan, dari daftar pertanyaan yang ada, setiap kelompok berhak mengajukan 2 pertanyaan. Mrs. Bonnie menjawab pertanyaan-pertanyaan terpilih yang menurutnya menarik dan urgen tentang Australia.
    Kegiatan dilanjutkan dengan mekanisme pengurusan perizinan WWCC (working with children check), yakni perizinan untuk mengambil gambar kegiatan anak di sekolah, karena dalam peraturan di Australia, tidak sembarang orang dapat mengambil gambar/foto dan video kegiatan anak atau siswa. Kami dipandu secara jelas oleh Mrs. Bonnie secara bertahap (small steps) untuk mengisi aplikasi pengajuan perizinan sampai dengan mendapatkan konfirmasi pihak berwenang pemerintah Australia yang kami forward ke beliau. Tampak dalam kegiatan ini, karakteristik pembelajaran abad 21 yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara langsung, mempraktekan dengan fasilitas ICT tertentu seperti email, cloud atau dropbox dan browser. Di sela-sela kegiatan dilakukan morning tea untuk melepas dahaga kami sekaligus merefresh agar senantiasa fokus dalam pembelajaran.
    20170227_083656
    Gambar 3. University of Melbourne

    Source: Dok. Pribadi
    Seiring berjalannya kegiatan tentang petunjuk teknis WWCC, sebagian peserta secara bergiliran mengurus keperluan keuangan di NAB Migrant Bank Centre sebagai biaya akomodasi (uang saku) kami selama di Australia yang dipandu oleh Rob Skillern.
    Selepas lunch (makan siang), kami dibagi dalam kelompok yang berbeda, setiap kelompok melakukan challenge untuk mengeksplorasi kota Melbourne melalui games around to Melbourne. Setiap kelompok mendapatkan peta perjalanan dengan petunjuk teknisnya antara lain:

    Menuliskan atau mengambil gambar sesuatu yang berbau Indonesia
    Menuliskan atau mengambil gambar cara transportasi di Australia yang tidak biasa di Indonesia
    Foto atau swafoto (selfie) pada bangunan bersejarah di kota Melbourne
    Mengambil gambar bangunan beragama
    Membeli sumber daya kelas untuk mengajar tentang Australia di Indonesia.

    Setelah dibekali tugas tentang aktivitas yang harus dilakukan, kami diperbolehkan untuk langsung melaksanakannya, jika telah selesai, kami langsung kembali ke apartemen. Hasil perjalanan akan dilaporkan esok hari.
    20170228_030139
    Gambar 4 Peta Petunjuk Permainan

     Rangkuman Materi
    1. Orientasi Australia Awards, Beasiswa Studi Singkat Pengembangan Profesi Guru SD dan SMP, meliputi:  a) Latar belakang, b) Minggu pertama, c) Minggu kedua, c)Pendampingan pendidikan Australia, d)Kemitraan Sekolah, e)Alat Belajar, f) Kunjungan sekolah dan homestay
     2. Aplikasi WWCC

    3. Pengisian aplikasi WWCC

    4. Konfirmasi aplikasi

    5. Games of around Melbourne

    Merekam pengalaman perjalanan dari persimpangan Getrude Street dan Napier Street Fitzroy s.d Smith Street menuju Johnstone Street.

    Rekomendasi

    Dari kegiatan yang telah dilakukan, rekomendasi yang dapat dijadikan referensi aktivitas pendidikan di Indonesia, meliputi:

    Hendaklah melakukan orientasi terlebih dahulu dalam pembelajaran di kelas
    Memberdayakan fasilitas ICT dalam pembelajaran
    Adanya kegiatan yang menarik berupa permainan dalam pembelajaran
    Melibatkan peserta secara aktif, dan melakukannya sendiri secara langsung

  • This is a magic and the best probability. I never think to visit or study in foreign. I was not expecting that all be reality. Because there are self limitations as financing, competence of languange, information acces, etc. But, this is a not dream when to get rewards from Australian Government through Australian Awards Indonesia as relationship Depertement of Foreign Affairs and Trade Australia with Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia. This program is primary and junior secondary teacher professional development. The implementation of this program is short term award to study in University of Melbourne, Australia. This program consist of activities, such as pre departure workshop MoEC Office in Jakarta and study in University of Melbourne for two weeks, then school visit and homestay in State of Victoria for 4 days.
    IMG-20170223-WA0061
    Picture 1: Pre Departure Workshop in Kemendikbud
    Pre departure workshop done 23-24 th February 2017 in building D the 11th floor, Kemendikbud, Jakarta. In opening and introduction host, Poppy Dewi Puspitawati (Director of Basic Education Teacher Management) say this program followed 136 teachers primary and secondary scholl who to have more achievements. In opening introduction of Australia Awards, Daniel Hunt (Deputy Director Australia Awards in Indonesia) say all of activity in this program financed by Australia Government as interested people of Australia with respect to Indonesia. He say that there are seven famous university in Australia which to submit be partner in this program, then University of Melbourne selected to develope primary and junior secondary teacher professional of Indonesia in Australia. Then in opening remarks, Neryl Lewis (Counsellor Departement of Foreign and Trade, Australia Embassy Jakarta) say that this program will give more benefits to relationship Australia and Indonesia. Suharti as Head of Bureau of Planning and International Cooperation Kemendikbud says that awards Australia for Indonesia lasted since the days of dutch colonial, then main purpose of primary and secondary teacher professional development is to learn how increase quality of education through to develop quality of learning. For example in Australia, there is teacher parent meeting to develope result of learning student.
     IMG-20170223-WA0037
    Picture 2: Participants Short Term Awards AAI Batch 5
    I follow this program because to achieve more values of UKG (Evaluation of Teacher Competence), so recommended from Directorate General of Teacher and Educational Personnel without regular selected by Australian Awards Indonesia. I grouped in batch 5 period February 23th 2017 untill March 19th 2017. I felt good with the best teachers who distributed around provinces in Indonesia.
    Finally, I would like  thank you for the great opportunity to Australia and Indonesia Government. From teacher in coast school, SDN Jayamulya III, Kec. Cibuaya, Karawang, West Java, Indonesia.
    #AustraliaAwards, #OZAlum, @DubesAustralia, @AustraliaAwards

  • Thumbnail 

    Babak Pertama

    Menurut penelitian, warna kendaraan apakah yang sering tertabrak atau mengalami kecelakaan?

    A. Hitam

    B. Putih

    Jawaban:

    A. Hitam

    Penjelasan: Hasil penelitian […]

  • ThumbnailSuplemen Bahan Ajar IPA Kelas VI KTSP

    Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak (reproduksi). Tujuan reproduksi pada hewan yaitu untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Pada umumnya, reproduksi […]

  • Thumbnail(Suplemen Bahan Ajar Mata Pelajaran IPS KTSP Kelas VI)

    Jumlah provinsi di Indonesia selalu mengalami perkembangan. Keadaan ini dipicu oleh situasi sosial ekonomi, geografi dan peristiwa politik yang […]

  • ThumbnailSepuluh hari terakhir bulan Ramadhan umumnya dijadikan sebagai fenomena upaya lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan jalan itikaf. Apa sesungguhnya itikaf? Landasan sunatullah apa yang mendasarinya? Dan apa […]

  • ThumbnailHampir setiap manusia senantiasa dihinggapi sikap malas, terlebih saat shaum Ramadhan. Kemalasan ini diduga karena rasa lelah, kantuk yang menyerang sebagai reaksi kurangnya asupan energi. Tidak sedikit justru […]

  • ThumbnailHakikat shaum Ramadhan adalah ujian dari Allah. Sebuah ujian dalam upaya mengembalikan fitrah manusia sebagai hamba Allah. Suatu ujian yang berfokus kepada tujuan menuju pribadi yang takwa (QS 2: 183). Ujian yang […]

  • Indonesia merupakan negara hukum. Sebuah negara yang menjunjung tinggi supremasi hukum. Dalam gagasan negara hukum, salah satu ruh ideologinya adalah perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM). Sehingga ketika Indonesia dihadapkan dengan berbagai problematika pelanggaran HAM yang tidak kunjung selesai, diduga kuat karena kelemahan dalam regulasi dan penegakan hukumnya.
    Apabila memahami HAM secara istilah, hak asasi manusia adalah hak mutlak yang dimiliki manusia sejak kelahirannya yang tidak dapat dilanggar dan tidak dapat dipisahkan daripadanya. Secara garis besar, HAM meliputi 3 hal, yakni:
    1. Hak hidup
    2. Hak kebebasan
    3. Hak milik
    Idealisme HAM tumbuh dan berkembang sebagai respon atas kesewenang-wenangan para penguasa yang memerintah. HAM muncul sebagai reaksi terhadap kezaliman dan pemerintah otoriter yang memaksakan kehendak, sehingga seluruh kekuasaan negara tertumpu di genggaman tangannya. HAM lahir dari posisi rakyat yang tidak memiliki hak lagi untuk menyatakan eksistensinya.
    Apabila dicermati, pada hakikatnya HAM berasal dari falsafah individualisme. Dalam falsafah ini, faham yang dianut yaitu menempatkan martabat dan kepentingan manusia sebagai makhluk pribadi (individu). Segala aspek kehidupan yang meliputi agama, politik, ekonomi dan sosial budaya berpusat pada kebebasan pribadi. Sehingga metamorfosis perlindungan HAM sebagai implementasi individualisme adalah liberalisme dalam bidang politik dan kapitalisme dalam bidang ekonomi.
    Meskipun gagasan negara hukum bersumber dari faham liberalisme, namun negara Indonesia menganut negara demokrasi yang bersumber pada Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaan perlindungan HAM, sila kesatu Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa senantiasa menjiwai pelaksanaan jaminan HAM pada sila-sila yang lainnya. Bahkan dalam rumusan regulasinya, terkadang melalui proses musyawarah yang panjang lembaga negara bersama tokoh-tokoh agama dan para ahli, sehingga dalam konsep dan pengejawantahannya tidak bertentangan dengan nilai-nilai luhur keagamaan.
    Secara historis, mewujudkan negara hukum yang mengakomodasi isu sentral HAM dilalui dengan berbagai perjuangan. Tindakan itu dapat dilihat dari tiga bentuk perjuangan melindungi HAM, antara lain:
    1. Gerakan
    2. Dokumen
    3. Teori
    Gerakan Perjuangan HAM
    Gerakan memperjuangkan HAM, antara lain:
    1. Renaissance adalah gerakan pada abad 15 yang bertujuan untuk menggugah kembali kesadaran manusia akan martabatnya sebagai makhluk individu yang berakal.
    2. Reformasi Martin Luther tahun 1517, yaitu gerakan di lingkungan gereja agama Kristen yang bertujuan membebaskan diri dari ikatan kepausan dan melahirkan agama Protestan.
    3. Revolusi Amerika adalah suatu perang kemerdekaan tahun 1776 melawan penjajah Inggris yang bertujuan memerdekakan negara.
    4. Revolusi Perancis yaitu revolusi sosial pada tahun 1792 dalam upaya membebaskan diri dari kesewenang-wenangan Kaisar Perancis.
    Dokumen HAM
    Dokumen-dokumen HAM Internasional, antara lain:
    1. Magna Charta (1215) di Inggris
    2. Hobeas Corpus Act (1679) di Inggris
    3. Declaration of Independence (1776) di Amerika Serikat
    4. Declaration des droits de I’homme et du Citoyen (1789) di Perancis
    5. Universal Declaration of Human Rights (1948) di Perserikatan Bangsa-Bangsa
    20071018_declarationDeclaration of Independence

    Foto: http://www.founding.com/repository/imgLib/20071018_declaration.jpg

    Teori Perlindungan HAM
    Para ahli merumuskan berbagai teori yang berkaitan dengan HAM, meliputi:
    1. Teori Perjanjian Masyarakat dari John Locke (1632-1704)
    2. Teori Pemisahan Kekuasaan (Trias Politica) dari Montesquieu (1688-1755)
    3. Teori Kedaulatan Rakyat dari Jean Jacques Rousseau (1712-1778)
    4. Teori Rule of Law dari Dicey (1835-1922)
    5. Teori Negara Hukum dari Immanuel Kant (1724-1804)
    Dari penjelasan di atas, upaya mewujudkan negara hukum tidak terlepas dari perjuangan atas perlindungan HAM. Implikasinya melalui gerakan, dokumen dan teori pengakuan HAM sebagai upaya mewujudkan supremasi hukum untuk menjaga kebebasan dalam bidang agama, politik, ekonomi, sosial budaya dan kemasyarakatan.

  • Load More

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar