• Kab. Banyuwangi – MAN Pesanggaran. Menapaki tahun ke-19 Madrasah Aliyah Negeri Pesanggaran Banyuwangi menjadi satu-satunya madrasah yang telah mengunakan pembelajaran online. Sebagai Madrasah termuda di Banyuwangi, MAN Pesanggaran mampu menjadi pembeda dan menjawab tantangan madrasah yang harus terus berinovasi dalam kaitanya mengembangkan potensi peserta didik.
    Sukses menjelma menjadi Madrasah Berbasis Keterampilan, MAN Pesanggaran Terus melakukan banyak pembenahan, pengembangan dan Inovasi. Mulai dari Kelas Otomotif Sepeda Motor/Tenik Sepeda Motor, Otomotif Mobil, Teknik Informatika, Teknik Tata Busana, Teknik Tata Boga, dan tekik Membatik yang kesemuanya dilengapi dengan Laboratorium yang menunjang. Bahkan Tahun Ajaran ini MAN Pesanggaran Yang telah Mengibarkan bendera sebagai Madrasah berbasis Ketrampilan telah Mendatangkan 1 Set Alat Pembuatan Sandal. Bahkan Guru dan siswa yang terlibat di kelas ini telah mendapat pelatihan khusus dari pihak terkait.
    MAN Pesanggaran yang melejit pesat pada beberapa tahun ini menjadi salah satu sekolah/Madrasah paling favorit di Banyuwangi. Hal ini terlihat dari grafik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2 tahun terakhir yang mengalami peningkatan yang signifikan. Dari data PPDB tahun ajaran 2013/2014 : 192 siswa; tahun ajaran 2014/2015 : 367 siswa; dan tahun ajaran 2015/2016 : 417 siswa. Peningkatan ini menunjukkan MAN Pesanggaran telah dipercaya masyarakat dan menjawab tantangan mandrasah mampu bersaing dengan sekolah umum SMA/SMK.
    Sejalan dengan terus berkembang dan berinovasinya MAN Pesangaran Banyuwangi, Madrasah ini telah merombak sistem pembelajaran konvesional menjadi Pembelajaran Modern. Pembelajaran yang mengandalkan kelas tatap muka langsung menjadi bukan pilihan utama untuk peserta didik menggali ilmu/informasi. Siswa dapat belajar dan menemukan tugas dan latihan yang diberikan guru lewat kelas online guru. Guru-guru di MAN Pesanggaran daam hal ini telah membuat kelas-kelas online yang tidak membatasi ruang dan waktu untuk guru dan siswa beriteraksi dalam kaitannya belajar mengajar.
    http://www.quipperschool.com, adalah aplikasi pendidikan online gratis dipilih sebagai media pembelajaran online yang di gunakan di MAN Pesanggaran pada tahun ajaran 2015/2016 yang dua tahun sebelumnya sempat menggunakan http://www.edmodo.com. Quipperschool memberikan solusi kongkrit dan membantu dalam kegiatan pembelajaran. Siswa dapat belajar materi dari aplikasi ini baik berupa word, pdf, ppt ataupun berupa video (quipperschool premium) dan megerjakan ujian, tugas secara online denga menggunakan laptop, notebook, android atau smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet yang ada dimadrasah ini. Menariknya mengerjakan soal-soal di quipperschol ini seperti bermain game, selalu ada bonus disetiap soal-soal yang diawab dengan benar serta soal yang dijawab benar atau salah juga disediakan pebahasannya. Siswa dapat mengetahui nilai akhir dan melakukan remidi tanpa harus menunggu informasi dari guru. sehingga siswa tidak megalami kebosanan. Dari sisi Guru, qupperschool menyediakan materi dan latihan soaluntuk seluruh mata pelajaran dan semua topik baik Kurikulum KTSP ataupun Kurikulum 2013. Serta dilengkapi analisis soal dan hasil laporan nilai tugas/ujian secara online.
    Aplikasi yang dikenalkan oleh Susanto, S.Pd Waka. Kurikulum MAN Pesanggaran yang sekaligus Ambasador dari quiperschool, mendapat sambutan hangat dari rekan-rekan guru di Madrasah ini. Tercatat lebih dari 20 guru telah terdaftar dan menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran dan lebih dari 600 siswa telah teraktivasi menggunakan quipperschool. Drs. H. Saeroji, MPd.I, M.Ag. selaku Kepala Madrasah memberikan dukungan penuh terhadap setiap pegembangan dan inovasi pembelajaran yang ada di MAN Pesaggaran Banyuwangi. (susanto)
    Slide5Slide5

  • AYO GURARU SIAPA YANG MASH BUTUH KEHANGATAN heeeee

  • syal rajut

    Pagi guraru…… pagi ini Banyuwangi Hujan dan dingin Buanget…. Pas banget kalo pagi ini kita bahas sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. yah kalau bagi sebagian guraru NGOPI itu cara cepet untuk mengusir dingin, heeeee..(kalo ini saya juga sepakat…). nah dalam ulasan kali ini saya mengangkat topik “Sweater Rajut Yang Menghangatkan “.

    Kita merasa hangat ketika mengancingkanbaju hingga ke leher atau menggunakan syal. Saya kira alasannya karena udara tidak dapat masuk ke dalam baju dengan mudah. Tapi kita juga merasa hangat ketika kita mengenakan sweater rajut, yang memiliki banyak lubang (Saya merasa lebih hangat dengan mengenakan sweater rajut daripada pakaian dengan ruang yang lebih sedikit). Mengapa?

    Bila kita tidak mengenakan syal, udara di dalam pakaian dan udara di luar saling bertukar. Hal ini disebut sebagai “efek tumpukan”.
    Bila pertukaran udara tidak terjadi, di dalam pakaian udara menjadi hangat karena “udara tetap”, yang memiliki efek insulasi. Saya akan menjelaskan udara tetap pada bahasan berikutnya.
    Alasan mengapa kita merasa hangat ketika mengenakan sweater
    Udara yang tidak bergerak (“udara tetap”) sulit menghantarkan panas. Serat menghantarkan panas 10 kali lebih banyak daripada udara. Tekstil terdiri dari serat dan udara (kadang-kadang juga terdapat air). Tekstil menghantarkan panas 2-3 kali lebih banyak daripada udara. Karena tekstil dikelilingi oleh udara tetap, tekstil tidak menghantarkan panas lebih banyak. karena kita merasa hangat ketika kita mengenakan pakaian, khususnya sweater rajut.Sebenarnya bukan hanya daya hantar panas saja, tapi ketebalan pakaian juga mempengaruhi kehangatannya. Sudah diketahui bahwa kita akan merasa lebih hangat bila kita memakai pakaian lebih banyak. Sweater rajut biasanya tebal, jadi bisa kita katakan bahwa sweater rajut adalah bahan penghangat dipandang dari ketebalannya. Karenanya, pada kain hangat (tekstil) adalah: Udara tetap dikelilingi oleh serat yang lebih sedikit.

    temukan juga di :
    1. http://kimiamadrasah.blogspot.com
    2. http://kimiamadrasah.guru-indonesia.net

  • beras

    Pagi Guraru….., dah sarapan…., Nasi menu wajib saat sarapan. apapun lauknya pasti dengan nasi. pernah nggak rekan-rekan berfikirbagai mana proses beras menjadi nasi ? kali ini saya mengajak pembaca untk mengulas proses beras menjadi nasi.

    Karena beras mengandung sekita 90% pati, inti dari memasak nasi adalah reaksi pati dalam air ada suhu tingi. Granul pati menyerap air, dan mengembang ketika panas dilanjutkan. Ketika pada suhu tertentu (disebut sebagai suhu gelatinisasi) tercapai, dinding sel granul memecah dan pati menjadi kental (gelatin). Ini adalah inti yang terjadi selama proses memasak nasi. Ada dua jenis pati dalam beras, amilsa dan amilopektin. Beras berbulir panjang kaya akan amilosa, sedangakan bulir pendek kaya akan amilopektin. Sifat-sifat nasi yang yang matang sangat beragam, tergantung pada jenis beras atau rasio kandungan amilosa dan amilopektin dalam pati. Jadi, seperti yang kita ketahui, ketika telah matang, beras berbulir panjang tidak terlalu lengket bila dibandingkan dengan beras berbulir pendek.

    Selain dari pati, adalah kandungan karbohidrat, beras juga mengandung sejumlah protein dan serat. Sebagai kandungan gizi dalam beras, umumnya mereka terdapat pada lapisan luar butir beras yang disebut dedak (kulit padi). Sayangnya, dedak ini nyaris dihilangkan semua pada proses penggilingan. Inilah mengapa kita harus mengkonsumsi beras coklat (beras dengan kulit padi) bukan beras yang digiling.

    Temukan juga di : http://kimiamadrasah.blogspot.com/

  • @Umar Tholib : boleh juga pakke TKP

  • @Iwan Sumantri : semua untuk pendidikan lebih baik

  • @Pendidik Menulis ○ Abdul Muis : sama2 pak

  • PAGI CERAH, CERIA AWALI AKTIVITAS HARI INI DENGAN SEMANGAT…………………….. AYA PARA GURARU……………………SEMA……………………….NGAT

  • Thumbnail

    Pagi guraru…………,langit diatas bumi Sunrise of Java tampak cerah di pagi ini. kali ini saya akan mengajak rekan-rekan guraru untk menikmati suasana pagi cerah dengan langit biru.

    langsung saja
    Saat […]

  • keren pak, tetap jadi ispirator ntuk guru dan murid2nya

  • yah hanya berbagi sedikit yang kita bisa….. moga bisa manfaat untuk semua…. amin

  • @Umar Tholib : sama-sama pak, senang bisa berbagi

  • ayo buruan infokan ke anak ddiknya………………..

  • Informasi Sekolah Kedinasan 2015 – Menjelang tahun pelajaran 2015/2016 dan bagi siswa SMA/Sederajat yang sekarang sudah mengukuti ujian nasional dan dinyatakan lulus, sehingga berencana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi (ingin masuk kuliah).
    Berikut daftar perguruan tinggi yang dipayungi oleh dinas atau memiliki ikatan dinas dan berbeasiswa penuh untuk anak-anak yang lulus SMA atau MA tahun 2015.
    Berikut daftar lengkap sekolah kedinasan tahun 2015 dengan beasiswa penuh :

    Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta. Beralamat di Jalan Raya Gandul Cinere, Jakarta selatan, website kampus : http://www.depkumham.go.id
    Akademi Kimia Analis Jawa Barat, Beralamat di Jalan Ir H Juanda 7, Bogor, website kampus : http://www.aka.ac.id
    Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Jalan Timbul 34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, website kampus : http://www.app-jakarta.ac.id
    AKAMIGAS-STEM – Akademi Minyak dan Gas Bumi (Sekolah Tinggi Energi dan Mineral) di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah Cepu, Jawa Tengah (Kawasan Rig dan pengeboran minyak) – Info bisa dilihat di http://www.akamigas-stem.esdm.go.id
    AKIP – Akademi Ilmu Permasyarakatan di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran online di http://www.depkumham.go.id atau http://www.ecpns.kemenkumham.go.id Lokasi kuliah di Depok.
    Akmil – Akademi Militer RI. Untuk pendaftaran bisa search di http://www.akmil.go.id
    Akpol – Akademi Kepolisian RI. Untuk pendaftaran bisa search di http://www.penerimaanp olri.go.id
    Badan Meteorologi Nasional (BMG), Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), Jalan Perhubungan I No 5, Komplek Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, website kampus : http://www.amg.ac.id
    Badan Pusat Statistik (BPS), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Jalan Otto Iskandardinata No 64C, Jakarta Timur, website kampus : http://www.stis.ac.id
    Sekolah Tinggi AKuntansi Negara (STAN), Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang, website kampus : http://www.stan.ac.id
    MMTC – Sekolah Tinggi Multi Media Training Center di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) Pendaftaran online di http://www.mmtc.ac.id Lokasi kuliah di Yogyakarta
    Politeknik Kesehatan DEPKES Surabaya, Jalan Pucang Jajar Tengah 56, Surabaya, website kampus :www.poltekkesdepkes-sby.ac.id
    Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Jalan Cimandiri 34-38, Bandung, website kampus : http://www.lan.go.id
    Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta, Jalan Letjen Suprapto 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, website kampus : http://www.stmi.ac.id.
    Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jalan Dr Setiabudi 186, Bandung, website kampus : http://www.stp- bandung.ac.id
    Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug Banten, Jalan Raya PLP Curug, Tangerang, website kampus : http://www.stpicurug.ac.id
    Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, website kampus : http://www.stp.dkp.go.id.
    Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta, Jalan Tata Bumi 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, website kampus : http://www.stpn.ac.id
    Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Jalan Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, website kampus : http://www.stsn-nci.ac.id
    Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Jawa Barat, Jalan Jakarta No 31, Bandung, website kampus : http://www.stttekstil.ac.id
    Sekolah Tinggi Transportasi Darat Jawa Barat, jalan Raya Setu Km 3,5 Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa barat, website kampus : http://www.sttd.wetpaint.com.
    Sekolah Tingi Kesejahtraan Sosial Jawa Barat, Jalan H Juanda 367, Bandung, website kampus :www.stks.ac.id
    STIS – di bawah Badan Pusat Statistik (dapat uang saku per bulannya Rp. 850.000), pendaftaran online di http://www.stis.ac.id . Lokasi kuliah Jakarta
    STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional di bawah Badan Pertanahan Nasional RI. Pendaftaran online di http://www.stpn.ac.id Lokasi kuliah Yogyakarta
    STSN – Sekolah Tinggi Sandi Negara – di bawah Lembaga sandi Negara. Pendaftaran online di http://www.stsn-nci.ac.id Lokasi kuliah di Bogor
    STPDN/IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri RI. Untuk pendaftaran bisa search via google dengan kata kunci : bkd.nama provinsi anda.go.id contoh penulisan http://www.bkd.prov.go.id

    Catatan : Silahkan anda ganti huruf bertanda merah dengan nama provinsi anda tinggal
    Sumber: infoptk.net

  • @AYO MENDIDIK | m. subakri : monggo pa k subakri, ……., senang bisa bierbagi…..
    ohya… selamat ya….. moga lebih hebat lagi

  • @Pendidik Menulis ○ Abdul Muis : O KLIK, makasih kunjugannya berbagi dari sisi lain

  • Yanglebih penting lagi PAGI HARUS SARAPAN……., MOGA TEMEN2 GURARUES TAMBAH HEBAT DAN SAKTI KAYAK PANCASILA (heeeeeeeeeeeeeeeeeee………gak yambung lagi)

  • Load More

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar