• wah…. sekarang terjun disini….. keren pak…

  • Tim Kelompok 5 ketika wawancara
    dengan Pak Wid sebagai narasumber.

    “Menjadi seorang guru merupakan profesi yang sangat berat, karena tugas guru tidak hanya sekedar mengajar pelajaran akademik di sekolah, namun juga membentuk karakter siswa supaya mereka mempunyai karakter yang baik” ujar Pak Wid yang juga seorang guru di SMA 5 Semarang, Sabtu (10/05/2014).
    Dilanjutkannya, “Saya mengalami banyak hal yang berbeda tiap tahun, bertemu dengan anak-anak yang berbeda karakter, sifat, dan perilaku membuatnya menjadi lebih berwarna. Terutama menjadi guru membuat saya lebih bebas mengekspresikan emosi saya, saya bisa tertawa bebas dikelas, melucu dikelas, dan jika ada anak yang kurang sopan saya boleh saja memperingatkannya bahkan memarahinya, menurut saya itu tidak masalah jika saya tidak memukul anak tersebut” tambah Pak Wid.

    Itulah contoh hasil proses pembelajaran yang saya laksanakan dengan konsep memberikan teladan langsung dengan cara belajar dari tokoh atau narasumber secara langsung. Perlu dicermati, siswa sekarang lebih percaya teladan atau contoh langsung ketika belajar nilai-nilai karakter.

    Nilai-nilai karakter sangat penting untuk mendasari kemampuan apapun, misalnya TIK. siswa yang telah dapat memegang nilai-nilai karakter dengan kuat akan menggunakan TIK untuk kebaikan atau materi yang diakses lebih baik dan sehat.

    Artikel ini merupakan hasil kajian dari pelaksanaan pembelajaran di luar kelas (termasuk di luar sekolah) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA 5 Semarang. Tujuan penulisan ini untuk menunjukan bahwa biografi pendek dapat dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis karakter berdasarkan civic dispositionSikap atau watak kewarganegaraan (civic disposition) adalah watak atau sikap-sikap yang harus dimiliki setiap warga negara untuk mendukung efektivitas partisipasi politik, berfungsinya sistem politik yang sehat dan berkembangnya martabat dan harga diri.

    Biografi yang selama ini kita kenal melalui media massa dan buku dapat digunakan sebagai media untuk membelajarkan nilai-nilai karakter dalam kegiatan apresiasi dan inklusi. Selama ini nilai-nilai karakter lebih banyak diperoleh dari cerita atau perintah guru dan membaca buku sehingga dirasa ada yang kurang dalam pembelajaran.

     

    Langkah membuat Biopen

    Langkah menyusun biopen antara lain:

    1. Siswa dibagi dalam kelompok, misalnya satu kelompok 5 siswa. Semakin kecil jumlah kelompok maka akan semakin baik.
    2. Menentukan tema pembelajaran. Tokoh atau narasumber yang dicari harus berkaitan dengan tema atau materi pelajaran supaya tujuan pembelajaran dan modelnya dapat tercapai.
    3. Siswa menentukan tokoh atau orang yang dapat dan kemungkinan bersedia menjadi narasumber untuk dibuat biografi singkat.
    4. Melakukan kunjungan ke rumah atau tempat narasumber bekerja. Disini sisa akan belajar etika dan tata krama, prosedur menemui orang secara sopan dan santun, berkomunikasi tanpa menyinggung perasaan, dan sebagainya. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan narasumber.
    5. Melakukan wawancara sekunder dengan teman, tetangga, atau orang yang masih terkait dengan profil narasumber untuk menggali atau mendukung kebenaran informasi.
    6. Menyusun artikel atau laporan biopen dan mempublikasikan atau mempresentasikan.
    7. Siswa menyimpulkan nilai-nilai apa yang diperoleh dalam proses pembuatan biopen maupun nilai karakter dari Sang tokoh.

    Berikut ini dokumentasi siswa ketika membuat biopen:

    Pembuatan Biopen dengan
    narasumber Kompol Muryadi, S.H. M.H
    .

    Wawancara dengan mantan Ketua RT
    untuk menggali nilai toleransi dan pengabdian.

    Oleh karena itu, nilai-nilai karakter dalam biografi pendek yang diperoleh secara langsung ataupun tidak langsung melalui kegiatan pembelajaran dengan cara mempelajari buku referensi dan atau wawancara langsung secara mendalam akan menimbulkan empati untuk meniru atau mengembangkannya. Peserta didik dapat dengan mudah menemukan dan mempraktikan nilai-nilai karakter, dan mengungkapkan kembali dengan cerita langsung dalam penyajiannya kepada teman-temannya. 

    Disini peserta didik diharapkan mampu meresapi dan meyakini bahwa nilai-nilai karakter telah terbukti membuat orang sukses atau berhasil. Kesuksesan atau keberhasilan akan diperoleh dengan perjuangan yang diliputi keyakinan dan motivasi serta keuletan menghadapi tantangan hidup. Akhirnya tujuan peserta didik menjadi insan yang berarakter berdasarkan nilai-nilai kewarganegaraan dapat tercapai. Semoga langkah pembelajaran ini dapat menjadi sesuatu yang berharga dalam berpartisipasi mewujudkan generasi emas 2045 untuk pendidikan nasional yang lebih baik.

    “Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

  • kalau sudah tiga bulan free, maka sulit utk mendapatkan akun freenya lagi. Karya kita juga tidak dapat lagi dilihat di dashboad prezi. mohon bagi infonya pak utk dapatkan free lagi setelah 3 bulan, juga unduhan […]

  • kalau dengan peserta didik, disiplin tetap mesti ada toleransi dan pelaksanaannya harus dihindarkan seperti militer karena sifatnya pendidikan dan belajar.

  • siip bagus, trims

  • Apapun latar belakangnya kalu sudah jadi atau menekuni profesi guru, janganlah terpaksa atau merasa dipaksa, ini adalah profesi mulia penuh dedikasi dan pengorbanan.

  • alhamdulilah, pemda-nya tahu dan pintar berterimakasih bahwa bisa jadi orang sukses itu karena guru. Semoga pemda-pemda lain dapat meniru pemda karimun. Salam Pak Rasyid, tetap semangat.

  • selamat Pak Sukani, ikut senang dan berbangga Saudaraku sukses. Maaf ya, pak Sukani energik sekali di foto-foto kopdar (Jokowi mirip bapak lo….).

  • Selamat berkopdar, yang rumahnya jauh hati-hati dan jaga kesehatan ya. Semoga dapat hal banyak yang bermanfaat.

  • Terima kasih atas tanggapannya semua. Pemilu itu penting untuk rotasi kekuasaan, gunakan hak pilih kita. Indonesia masih menempati jumlah partai terbanyak meskipun jumlahnya pasang surut. Saya berharap suatu saat […]

  • Benar kita harus hati hati jenis modus penipuan seperti ini sebab di sekolahku satu bulan kemarin juga marak untuk ikut seminar, setelah dicek ternyata palsu alias penipuan. Untungnya tidak ada yang kena karena […]

  • bagus sharenya. Memang sumpah pemuda selalu up date dan menginspirasi kita semua.

  • Thumbnail
    Partai politik merupakan peserta pemilihan umum legislatif. Tapi, sebenarnya berapakah jumlah partai politik peserta pemilu tahun 2014 nanti? Mungkin anda ada yang belum tahu, bahwa partai politik peserta pemilu […]

  • di seriusi aja pak, yang pesan siapa dan apa ukurannya, harga berapa biar cepat jalan. Kalau nunggu lagi bisa lama. Saya pesen satu pak ukuran L lengan pendek. Trims.

  • Pasti prediksinya banyak yang tepat sebab pak Iwan aktif sekali di guraru. Semoga pengelola guraru juga menilai konten digital learningnya atau e learningnya.

  • Luar biasa ibu. Saya udah berkunjung lagi ke blog ibu. Sayangnya tidak dapat mengubah template dari luar ya ibu. Namun konten materinya lengkap. Saya juga coba buat di situ, silahkan kunjungi […]

  • Saya mau tanya nih, apakah perlindungan (keamanan) dari spam dan hacker untuk blog berbayar sama dengan yang gratis, terus kalau misalnya udah berbayar terus mau ke yang gratisan migrasinya bagaimana? Terima kasih […]

  • Makasih pak sharingnya. Pahlawan itu juga tulus / ikhlas, mengabdikan diri untuk membantu bangsa/negara/umat/masyarakat agar lebih baik. Dan biasanya tidak mau disebut pahlawan. Saya kira, pahlawan yang tidak […]

  • Setuju pak, saya juga pernah lihat video perjuangan kupu-kupu seperti artikel bapak untuk motivasi. Begitu menginspirasi …

  • Load More

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar