• Bagus pak artikelnya.

    Seorang guru memang harus melek teknoloi. tanpa melek hal itu mustahil akan mengejar ketertetinggalan.

    Tanpa Melek Teknologi Mustahil Untuk Mengejar Ketertinggalan

  • Betul sekali bu, dengan memanfaatkan internet dari segi positif kita bisa melihat jendela dunia. tanpa melek teknologi kita semua akan […]

  • terima kasih bu Fitta, salam kenal dari sukabumi. ibu dari mana bu?

  • luar biasa memang. sebagai seorang guru kita wajib untuk melek teknologi. tanpa semua itu, sudah pasti kita akan tertinggal

    Tanpa Melek Teknologi Mustahil Untuk Mengejar Ketertinggalan

  • lomba ini patut diacungkan jempol… tanpa melek teknologi sudah pasti kita akan tertinggal

    Tanpa Melek Teknologi Mustahil Untuk Mengejar Ketertinggalan

  • kayaknya bisa saya coba nih artikelnya pada saat mengajar kejurusan.
    untuk menjadi guru yang luar biasa, memang kita harus update teknologi. tanpa itu, kita sudah pasti […]

  • luar biasa pak artikelnya. btw kamus digital istilah sejarah itu buatan siapa pak?
    terima kasih sudah vote up artikel saya yang ini […]

  • Terima kasih pak Albert atas supportnya.

  • artikel yang bermanfaat pak, saya juga menggunakan teknologi untuk mengejar ketertinggalan, hehehe

    Tanpa Melek Teknologi Mustahil Untuk Mengejar Ketertinggalan

  • Menjadi seorang guru  bukanlah suatu pekerjaan yang sulit. Akan tetapi, tidak bisa juga dikatakan sebagai pekerjaan yang mudah. Tergantung dari sudut pandang orang yang menilainya. Perkenalkan terlebih dahulu, saya adalah seorang guru kejuruan di bidang IT, tepatnya guru Multimedia di SMKN 1 Cibadak, Sukabumi. Sebelumnya saya bekerja sebagai seorang web developer/praktisi IT untuk salah satu perusahaan swasta di Bandung. Awalnya, saya tidak berencana untuk menjadi seorang guru. Bahkan jika di lihat dari riwayat pendidikan, S1 saya bukan dari bidang keguruan.
    Menjelang akhir tahun 2014, saya diberi amanah untuk menjadi juri lomba Web Design And Development di Kabupaten Sukabumi. Melihat situasi dan kondisi saat itu, akhirnya suara hati saya terketuk untuk mengabdikan diri pada sekolah yang dulu memperkenalkan  saya tentang dunia IT, dunia Komputer.

    Singkat cerita, berubahlah status saya dari seorang pekerja IT menjadi seorang guru. Pada awal-awal pengajaran, saya menerka-nerka apa yang harus saya lakukan untuk menjadi seorang guru. Mulai dari membaca artikel-artikel yang menyangkut keguruan, dan bahkan menonton serial TV Jepang yang berjudul “Great Teacher Onizuka”. Melihat sosok guru pada film tersebut, saya terinspirasi dan bermimpi untuk menjadi seorang guru yang sangat dekat dengan murid-muridnya. Berbagai macam cara saya coba, hampir tiap semester saya merubah pola pengajaran saya.

    Saya termasuk guru yang aktif di situs jejaring sosial, karena profesi sebelumnya adalah seoranga praktisi IT yang menuntut saya untuk aktif di komunitas online.
    Berawal dari situ, saya mulai membaca karakter murid-murid saya satu persatu. Mulai dari apa yang mereka sukai, topik apa yang mereka baca juga postingan apa yang sering mereka share. Alhasil, saya mulai memahami beberapa karakter dari murid-murid saya.

    Untuk menjadi seorang guru yang baik, tidaklah cukup hanya mengandalkan pengetahuan semasa kuliah dan pengalaman saja. Selain perkembangan di bidang IT ini sangat pesat dan cepat, juga ada beberapa pelajaran yang harus saya ampu di luar pengetahuan saya. selain itu, banyak dari siswa saya yang memiliki passion di luar bidang yang saya kuasai. Melihat hal itu, saya mulai akif di forum-forum developer melihat peluang dan mencari informasi, bagaimanapun caranya murid-murid saya harus berkembang. Jika saya memang harus mempelajari sesuatu, maka itu harus saya lakukan namun jika bisa menemukan cara lain, itu lebih baik.
    Pertama kali siswa menjuarai contest di 99design.com Pertama kali siswa menjuarai contest di 99design.com
    Berawal dari mencari dan melihat situs-situs di luar negeri, saya pelajari dan bandingkan skill yang di luar negeri butuhkan dengan kemampuan anak didik saya saat itu. Saya bertekad untuk memberikan yang terbaik dan menjadikan anak didik saya mampu bersaing tidak hanya di skala nasional, akan tetapi sampai internasional.
    Pertama kali siswa menjuarai contest luar negeri Pertama kali siswa menjuarai contest di freelancer.com
    Saya pun memulai perjalanan saya untuk menjadi guru yang lebih baik.

    Selang beberapa waktu, mulai terlihat perkembangan anak didik saya satu persatu. Mulai dari Riko Sapto Dimo (lulus tahun 2017), mulai ‘pecah telur’ di dunia Freelancer dan konsisten untuk mengasah skill-nya. Melihat hal itu saya tidak diam saja, saya harus mencari rekan dan pengetahuan untuk mengimbangi perjalanan karirnya. Alhamdulillah, dukungan dari rekan-rekan industri dan kolega mampu membuatnya semakin profesional. Pengalaman dan semangatnya, dia tularkan ke rekan dan adik-adik kelasnya. Bayangkan bapak dan ibu guru, jika kita tidak mengikuti teknologi masa kini, bagaimana mungkin kita berharap anak didik kita mampu bersaing? Pengorbanan itu pasti, jangan malas dan menyerah untuk belajar meskipun saya yakin bapak dan ibu guru kesusahan mengikuti teknologi masa kini.

    juara 2 LKS Webdesign and Development Tingkat Nasional tahun 2017
    juara 2 LKS Webdesign and Development Tingkat Nasional tahun 2017
    Salah satu cerita sukses lain yang akan saya sampaikan ketika kita menguasai dan paham teknologi masa kini adalah kemudahan mengakses dan mempelajari suatu bidang ilmu. Melalui artikel ini, saya akan bercerita bagaimana kami (SMK Negeri 1 Cibadak di daerah Kabupaten Sukabumi) mampu bersaing bahkan juara 1 lomba LKS Webdesign and Development tingkat Jawa Barat dan Juara 2 Tingkat Nasional. Bagi kami, putra daerah untuk mencapai titik itu tidaklah mudah, butuh perjuangan dan kerja keras. jangankan untuk naik ke podium setingkat Nasional, untuk masuk Podium Jawa Barat pun sudah sulit bersaing dengan daerah-daerah lain di Jawa Barat.

    Juara 1 LKS Webdesign and Development tahun 2017 Tingkat Jawa Barat
    Juara 1 LKS Webdesign and Development tahun 2017 Tingkat Jawa Barat
    Ketika saya mulai mengajar awal tahun 2015, saya mulai melakukan wawancara dengan siswa-siswi saya. Siswa/i yang pertama kali saya ajar Alhamdulillah telah lulus dan sebagian dari mereka tidak merasa kesulitan mencari pekerjaan. Meskipun persentasenya belum mencapai 100%, tapi itu adalah pencapaian yang luar biasa bagi saya pribadi sebagai pendidik.

    Untuk menyiapkan dan berharap memiliki murid juara, mental gurunya mesti juara terlebih dahulu. Gurunya mesti tahu informasi, gurunya harus siap berprestasi. Contohnya saja, jika kita berharap siswa kita mampu mengerjakan soal olimpiade dan ataupun memenangkan lomba tertentu, kita harus bisa memberikan arahan dan motivasi, serta mampu memberikan solusi. Jangan hanya menyuruh mereka untuk belajar dan menyelesaikan tugas, tanpa kita berikan cara untuk mengatasinya. Mereka membutuhkan kita. Oleh karena itu, siapkan mental dan waktu kita untuk terus belajar dan memahami hal Itu.

    Tiap tahun, selalu ada event tahunan LKS untuk anak-anak SMK. Seperti sekolah pada umumnya, kami pun ikut berpartisipasi dan selalu mengirim peserta. Alhamdulilah baru tahun ini kami bisa masuk dan mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional. untuk info lengkap mengenai LKS SMK bapak dan ibu bisa kungjungi situs https://pesertadidik.ditpsmk.net/ 

    Dua tahun yg lalu, saya sudah bertekad dan mencari mental-mental juara. Kita mulai membaca referensi dan soal LKS tingkat Nasional saat itu. Alhasil, ada beberapa teknologi yang harus saya kuasai. Salah satunya adalah laravel dan javascript. terus terang itu adalah suatu hal yang belum saya pelajari, maka sambil membenahi dan menyiapkan siswa untuk menguasai hal itu, saya pun belajar setidaknya sehari sebelum saya mengajar. Tanpa teknologi, kita tidak akan bisa mencapai itu semua. Saya rasa, meskipun berbeda bidang, bapak dan ibu guru bisa mengikuti apa yang kita capai saat ini. Intinya, tanpa pengetahuan dan melek teknologi mustahil untuk mengejar ketertinggalan. Dengan teknologi kita bisa mengenal dunia dan segala isinya melalui layar kaca. Untuk membantu prose pembelajaran siswa, saya pun membuat blog sekedar untuk arsip dan referensi siswa dalam proses pembelajaran. (http://blog.mangcoding.com/)

    Beberapa pengalaman lomba lainnya :

    Juara 1 Itechnocup Politeknik Negeri Jakarta tahun 2017
    Juara 1 Itechnocup Politeknik Negeri Jakarta tahun 2017
    Finalis 10 Besar voocomfest UGM 2017
    Finalis 10 Besar voocomfest UGM 2017

    Surakarta, Mei 2017

    (Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru)

  • Nugraha became a registered member 6 months ago

  • Mohon email saya di aktifkan agar bisa menulis post…
    saya sudah register dan ternyata saya kurang teliti baca requirement.

    ternyata menulisnya harus di blog ini, namun ternyata saya sudah register menunggu […]

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar