• Melihat kondisi generasi muda kita saat ini sungguh memprihatinkan. Tawuran menjadi hal biasa, bahkan belum lama ini tawuran terjadi di malam takbiran seperti yang diberitakan di harian Kompas (25/06/2017), yang […]

  • benar sekali, hanya kadang-kadang ego masing-masinglah yang menjadi sumbatannya. salam

  • Tadi malam ada yang curhat melalui salah satu grup whatsapp yang saya ikuti, begini sebagian isi curhatannya “ada atasan yang gerah melihat orang IT yang sepertinya duduk santai tidak ada kerjaan”. Memang ada […]

  • Biasa sajalah pak he..he, tapi gemeteran itu bagus kok, menurut saya itu tanda anda peduli dengan anak didik anda. Salam.

  • Siiiiip, salam.

  • Guru adalah orang terpandai di kelasnya setelah Tuhan. Untuk itu semua pertanyaan siswa sebisa mungkin kita jawab dengan sebaik-baiknya. Prinsip, jangan sampai mengecewakan siswa dan ujung-ujungnya respek siswa […]

  • terima kasih, sepertinya beda konten, jadi tidak perlu bingung, salam kenal.

  • Melihat banyaknya postingan Bapak dan Ibu yang masih belum rapi, maksud saya belum rata kanan-kiri. Berikut akan saya sampaikan cara agar postingan bapak ibu bisa rata kanan maupun rata kiri, sehingga postingan Bapak dan Ibu akan lebih rapi dan enak di baca.
    Sebetulnya tombol untuk rata kanan-kiri sudah ada, hanya saja masih tersembunyi. Pada waktu akan posting suatu tulisan, Bapak Ibu bisa melihat di tombol panel memang tidak ada tombol untuk rata kanan-kiri (Justify). Yang ada hanya tombol rata kiri (Align left), tombol untuk menengahkan (Align center), dan tombol rata kanan (Align right).  Bapak Ibu bisa menekan tombol Toolbar Toggle yang saya beri tanda panah merah.
    post
    Setelah tombol Toolbar Toggle di tekan maka akan muncullah tombol rata kanan-kiri (Justify), seperti gambar berikut (tanda panah merah):
    post1
    Agar postingan bisa langsung rata kanan-kiri semua, sebelum menekan tombol Justify, Bapak Ibu bisa menekan  tombol CTRL+A sehingga postingan akan diblok keseluruhan (seperti gambar di bawah).
    post2
    Setelah terblok keseluruhan Bapak Ibu selanjutnya bisa menekan tombol Justify. Hasilnya postingan Bapak Ibu bisa rata kanan-kiri. Selamat mencoba.
    post4
     

  • salam kenal kembali, sukses juga buat anda.

  • terima kasih, maaf terlewat.

  • terima kasih, untuk meningkatkan dunia pendidikan, kita memang harus selalu update dengan teknologi. salam.

  • terima kasih, artikel anda bermanfaat sekali, salam kenal juga.

  • terima kasih atas komentarnya artikel mas subakri sangat menginspirasi, sukses juga.

  • Berbicara masalah teknologi masa kini..jujur saja, sampai sekarangpun saya masih terkagum-kagum dengan kalkulator yang bagi kebanyakan orang mungkin sudah menjadi barang biasa. Bagaimana tidak, alat sekecil itu bisa membuat perhitungan dengan cepat hingga ribuan bahkan jutaan angka dalam waktu sekian detik. Menurut saya teknologi besar sekali manfaatnya bagi kita, kalau teknologi ada yang membawa kerusakan hal itu dikarenakan kita sebagai manusialah yang menyalahgunakan teknologi tersebut.
    Sebagai seorang guru kita dituntut untuk bisa menyampaikan materi kepada siswa kita dengan baik. Karena kalau materi yang kita sampaikan bisa dicerna siswa dengan mudah, akan sangat membantu siswa dalam menyerap pelajaran sehingga siswa diharapkan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kreativitas dalam penyampaian materi sangat diperlukan dalam hal ini sehingga siswa bisa menyerap dengan baik materi yang kita berikan.
    Banyak cara yang bisa kita gunakan agar siswa lebih tertarik dengan materi yang kita ajarkan. Tidak dipungkiri kalau teknik visualisasi dipadu dengan teknik audio yang baik lebih mudah kita cerna dibanding hanya menggunakan teknik belajar mengajar yang tanpa menggunakan visualisasi. Kita ambil contoh dengan adanya aplikasi powerpoint, dimana dengan aplikasi ini kita bisa menggunakan fasilitas yang ada untuk menyampaikan materi dengan cara yang menarik minat siswa. Apalagi kalau kita bisa membuat aplikasi untuk membuat animasi bergerak dengan software animasi. Sehingga siswa tidak kesulitan untuk membayangkan materi yang diterima dengan melihat gambar animasi tersebut. Seperti, kalau mau memberikan materi tentang gerakan parabolik, maka bisa dibuat animasi tentang seorang tentara yang akan menembakan sasaran dengan menggunakan meriam. Disitu bisa kita gambarkan tentara yang sedang melakukan latihan perang di suatu tempat dengan sasaran diseberangnya. Dengan simulasi ini bisa dibuat seandainya peluru berkecepatan sekian dengan sudut elevasi sekian maka peluru akan jatuh pada jarak sekian dan sebagainya. Bahkan untuk menarik minat siswa, siswa bisa diberikan kesempatan untuk memainkan animasi tersebut dengan merubah sudut meriam misalnya. Gambar animasi tersebut saya yakin akan selalu teringat oleh siswa bila dibanding kalau kita menerangkan tanpa menggunakan animasi.
    kartun parabolik
    Atau kalau seorang guru mau menerangkan tentang nelayan yang melaut di sore hari dengan dibantu angin daratan. Animasi bisa kita buat yang menarik siswa dengan adanya nelayan yang naik perahu dibantu dorongan angin daratan yang mendorong perahu ke tengah laut, diiringi kecipak gelombang yang mengalun ditampilkan, ditambah dengan awan yang bergerak serta matahari senja yang bersinar lembut. Wow, gambaran tersebut saya yakin akan melekat lama di benak siswa.
    Bisa dibuat juga animasi kala nelayan pulang keesokan harinya dengan didorong oleh angin laut. Digambarkan di animasi tersebut nelayan yang pulang melaut dengan ombak yang mengalun tenang sementara matahari bersinar dilangit dengan cerahnya serta ditambahkan gambar awan-awan yang berarak bergerak, burung camar yang riuh rendah mengiringi kepulangan nelayan.
    layarsore
    Kalau menurut saya teknologi besar sekali manfaatnya dalam proses belajar mengajar. Apalagi di era sekarang dengan kemajuan teknologi yang demikian pesat, proses belajar mengajar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan akan selalu dikenang oleh siswa. Salam.
    Sumber Pustaka:
    http://roikansoekartun.blogspot.co.id/2011/10/tiwul-toon-about-soldier.html
    https://ummuha.wordpress.com/
    Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

  • Sangat menarik dan menyenangkan menurut saya kalau kita membicarakan kemajuan teknologi. Bagaimana tidak menarik kalau teknologi berkembang dengan cepat sekali. Begitu cepatnya sampai kadang-kadang disaat kita […]

  • Kusnandar Heru Prasojo became a registered member 5 months, 4 weeks ago

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar