• *) Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.
     

    Assalamulaikum WrWb
    Salam sejahtera bagi kita semua

    Pada tulisan ini, saya akan menjelaskan bagaimana melakukan instalasi CMS WordPress ke […]

  • @kasmadi
    Terimakasih Pak, mungkin kalau ada gambar jadi bisa dimengerti

    @Muhammad Nur’alim
    Sama2 Pak. Saya mungkin dapat memberikan sedikit bantuan untuk situs Guraru.

  • ThumbnailAssalamualaikum Wr Wb
    Salam sejahtera bagi kita semua
     

    Setelah kurang lebih seminggu bernavigasi dan mengeksplorasi situs Guraru, saya sedikit mencatat beberapa hal. Ada beberapa kekurangan yang saya temui, […]

  • Hehe, kompie saya ga pake AV

  • *) Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.
     

    Assalamulaikum WrWb
    Salam sejahtera bagi kita semua

    Saya asumsikan Anda telah membeli domain dan hosting. Dengan demikian, Anda telah memiliki akses untuk masuk ke dalam server dan melakukan konfigurasi serta mengelola lebih lanjut. Selanjutnya, untuk masuk ke dalam server situs kita, biasanya dapat melalui tautan:

    http://www.nama-situs-kita.com/cpanel
    Masukkan username dan password yang telah diberikan pada saat pembelian.

    CPanel merupakan panel berbasis visual yang memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengatur server situsnya. Di sana kita dapat menemukan berbagai fasilitas dalam mengelola server situs seperti transfer file, pengelolaan subdomain, pencadangan situs, pengelolaan database, melihat statistik akses situs, dan lain sebagainya. Semua dilakukan lewat klik tanpa membutuhkan keahlian programming atau server. Cukup memahami fungsi-fungsinya saja. Untuk demo bagaimana pengelolaan CPanel, Anda dapat mengunjungi tautan berikut.

    Untuk melakukan instalasi WordPress pada server situs kita, dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan melakukan pengunggahan manual CMS WordPress ke server situs kita, termasuk pembuatan database secara mandiri. Cara ini terbilang agak panjang, dan mungkin Anda harus mengenal berbagai fitur CPanel lebih lanjut.

    Adapun langkah-langkah ini meliputi:

    Mengunduh script CMS WordPress di alamat wordpress.org. Anda akan mendapatkan berkas CMS WordPress dalam format terkompresi (wordpress.zip).
    Buat database MySQL pada server hosting. Harap dicatat nama database yang Anda buat.
    Mengunggah kembali CMS WordPress ke server situs dan lakukan pengekstrakan.
    Edit berkas wp-config.php dan masukkan nama database yang Anda buat, username database dan password.
    Akses kembali situs (http://www.situs-anda.com) Anda untuk melengkapi proses instalasi WordPress.

    Cara kedua adalah dengan melakukan instalasi lewat pihak ketiga, yakni menggunakan aplikasi web untuk melakukan instalasi CMS WordPress secara otomatis. Aplikasi web yang terkenal untuk melakukan hal ini adalah Fantastico dan Softaculous. Dengan aplikasi ini, memasang CMS WordPress pada server situs kita menjadi lebih mudah, karena hanya tinggal melakukan beberapa klik tanpa perlu mengikuti tahapan instalasi secara manual seperti di atas.

    Pada tulisan selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan instalasi WordPress pada server situs menggunakan Fantastico atau Softaculous.
    Salam,
    Fauzan Abdurrachman, M.Pd
    Founder LoveIT E-Learning

  • Coding dari 0 atau pake tools opensource lain yak 😀 ?

  • Wah saya ada banyak masukan nih Pak, syukur2 kalau bisa ditindaklanjuti :mrgreen:

    Responsive themes
    Saya masih pakai monitor 1024 x 768, masih butuh scroll kiri-kanan ketika menjelajah situs. Buka via […]

  • Kelemahannya, Appgeyser akan memasang iklan ketika aplikasinya sudah semakin banyak digunakan. Jadi dia masang backdoor versi dia juga di belakang. Tidak ada makan siang yang gratis, sepertinya vendor mencari […]

  • Google sebagai search engine terbesar yang digunakan oleh penggunanya berkali-kali mengubah alogaritma dan metode yang digunakan dalam membuat ranking suatu situs dalam pencarian.

    Beberapa teknik onpage […]

  • *) Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.
     

    Assalamulaikum WrWb
    Salam sejahtera bagi kita semua

    Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pembelian domain dan server hosting yang akan digunakan untuk membangun situs pembelajaran daring.

    Jika kita membuka berbagai situs penjual domain dan hosting Indonesia, Anda mungkin akan melihat berbagai paket yang ditawarkan oleh penjual. Jika Anda belum pernah membangun situs, Anda pasti akan kebingungan untuk memilih paket apa yang nantinya akan Anda gunakan.

    domain-hosting

    Paket yang ditawarkan dalam penjualan biasanya berupa bandwidth dan storage. Contohnya:
    =====================================================
    Paket A
    Bandwidth 10 GB
    Storage 500 MB
    dst …
    Paket B
    Bandwidth 20 GB
    Storage 1 GB
    dst …
    Paket C
    Bandwidth 40 GB
    Storage 2 GB
    dst …
    ======================================================
    Anda pasti bertanya-tanya, apa itu bandwidth dan harddisk?

    Bandwidth (lebar pita) merupakan kuota transfer data berbagai berkas situs (gambar – audio – video – laman situs) Anda kepada para pengunjung. Semakin banyak pengunjung suatu situs, semakin banyak bandwidth yang akan dihabiskan. Biasanya, jatah bandwidth kepada para pemilik situs akan di-reset ulang pada awal bulan.

    Storage merupakan kapasitas penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan berbagai berkas situs. Semakin banyak kita menggunggah berkas ke situs kita, maka kapasitas penyimpanan akan semakin berkurang. Ketika sudah penuh, maka kita tidak dapat mengunggah lagi berbagai file, dan bahkan tidak bisa melakukan pembaruan situs.

    Untuk permulaan, Anda dapat memilih paket yang paling rendah. Hal ini diasumsikan pada dua hal:

    Situs Anda belum banyak pengunjungnya karena memang baru diluncurkan. Otomatis situs yang akan Anda buat belum begitu banyak membutuhkan bandwidth.
    Situs yang baru dibuat biasanya belum banyak memiliki berkas. Jadi, saat ini Anda belum begitu banyak menggunakan kapasitas penyimpanan.
    Harga yang murah untuk paket terendah. Untuk percobaan dan latihan ketika membuat situs daring ada baiknya kita menggunakan paket yang murah terlebih dahulu.

    Yang perlu diperhatikan adalah, banyak penjual hosting yang memberikan fasilitas lebar pita dengan kapasitas tidak terbatas (unlimited bandwidth). Hal ini sebenarnya patut dicurigai karena pembatasan tersebut pada hakikatnya merupakan limitasi dari si penjual kepada pembeli berdasarkan harga yang ditawarkan.

    Limitasi berguna untuk menyatakan bahwa perusahaan sanggup memberikan jatah sekian kepada pelanggannya. Hal ini juga menjadi jaminan bahwa ia tidak melakukan kegiatan penjualan melebihi kapasitas. Jika Anda membeli dengan harga murah, namun Anda mendapat jatah bandwidth yang tidak terbatas, Anda perlu mengklarifikasi lebih lanjut kepada si penjual (lihat tulisan sebelumnya mengenai oversell).

    Ketika sudah yakin mengenai paket hosting yang akan Anda pilih, segera lakukan pembelian. Pada tulisan sebelumnya, saya telah melampirkan daftar 10 besar perusahaan penjual hosting dan domain. Anda dapat mulai memilih dari daftar tersebut. Namun, saya juga telah memberikan wanti-wanti mengenai daftar tersebut dan saya harap Anda dapat melakukan riset lebih jauh dari internet.

    Untuk melakukan pembelian, mekanisme yang umum adalah sebagai berikut:

    Lihat paket hosting dan domain yang akan dipilih.
    Lakukan pemesanan dengan menekan tombol order/pesan.
    Selanjutnya perusahaan akan memberitahukan nomor rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran.
    Segera melakukan pembayaran via transfer bank dan lakukan konfirmasi kepada penjual.
    Perusahaan akan memberikan detil login untuk masuk ke dalam hosting Anda.

     

    Pada tulisan berikutnya, saya akan menjelaskan mengenai pemasangan CMS WordPress ke dalam situs yang sudah kita beli.
    Salam,
    Fauzan Abdurrachman, M.Pd
    Founder LoveIT E-Learning

  • File not found Omjay, bisa diupload lagi Om? :mrgreen:

  • *) Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.
     

    Assalamulaikum WrWb
    Salam sejahtera bagi kita semua

    Pada tulisan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun sebuah situs e-learning, yaitu domain dan server hosting.

     

    Domain
    Domain adalah alamat unik yang dipergunakan oleh manusia untuk mengakses suatu situs dalam jaringan internet. Bersifat unik, berarti tiap domain harus berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tujuan dari penggunaan domain adalah memudahkan manusia untuk mengakses server situs.

    Contoh:
    Situs Google Indonesia selain dapat diakses melalui alamat http://www.google.co.id, juga dapat diakses melalui alamat http://111.94.248.24/. Manusia lebih mudah menghapal nama domain, ketimbang angka-angka yang digunakan sebagai alamat untuk merujuk ke situs tertentu.

     

    Server Hosting
    Server hosting pada hakikatnya merupakan komputer dengan spesifikasi khusus yang terhubung ke internet dan berfungsi menyimpan berbagai berkas yang dibutuhkan untuk mengakses situs kita. Berbeda dengan komputer yang biasa kita pakai sehari-hari, komputer server harus menyala terus menerus 24 jam / 7 hari agar tetap dapat diakses oleh para penggunanya, kapan pun dan di mana pun.

    Spesifikasi khusus berarti, komputer server mampu menyala terus menerus selama bertahun-tahun. Selain itu, ia memiliki mekanisme tetap menyala ketika hendak dilakukan berbagai pembaruan, semisal meningkatkan kapasitas penyimpanan (harddisk) tanpa perlu melakukan proses shutdown. Komputer server memiliki sistem operasinya sendiri, semisal Linux atau Windows Server 2012.

     

    Memiliki Domain dan Server Hosting
    Untuk membangun sebuah situs daring, kita harus membeli server hosting dan domain. Perlu diketahui bahwa istilah membeli untuk domain dan server hosting sepertinya kurang tepat. Pada dasarnya, yang kita beli adalah hak sewa selama periode waktu tertentu. Agar situs kita tetap daring (online), kita harus memperpanjang biawa sewa tersebut tiap periodenya (biasanya per tahun).

    Ada banyak perusahaan asal Indonesia yang menjual domain dan hosting. Jadi, pembayaran dapat dilakukan lewat bank konvensional dengan sistem transfer atau tunai. Hal ini lebih memudahkan Anda dalam bertransaksi ketimbang membeli dari perusahaan luar negeri. Jelas Anda membutuhkan kartu kredit internasional atau alat pembayaran lewat internet, semisal Paypal untuk melakukan pembayaran.

    Untuk harga, biayanya sangat dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar. Saat ini (kurs 12.000),  harga domain ada di kisaran Rp 120.000 s.d. Rp 140.000. Untuk server hosting, paket termurah biasanya dijual seharga Rp 200.000 s.d. Rp 300.000. Masing-masing untuk sewa selama satu tahun. Jadi, Anda harus mengeluarkan uang sebanyak (kurang lebih) Rp.500.000 agar dapat memiliki situs daring dengan masa aktif selama satu tahun.

    Jangan tertipu dengan harga murah. Ada banyak penjual hosting yang tidak bertanggung jawab dengan menjual paket di luar kapasitas kemampuan server-nya (oversell). Selain itu, pastikan bagaimana keamanan data pada server yang diberikan oleh si penjual. Penjual yang tidak kredibel tidak mengurus keamanan server-nya dengan baik sehingga berdampak pada rentannya situs Anda dari serangan dedemit maya (hacker).

     

    Daftar Perusahaan Penjual Hosting Indonesia
    Pada situs ini telah dijelaskan daftar penjual hosting terbesar dari Indonesia. Saya telah memiliki beberapa daftar rekomendasi perusahaan dari situs tersebut berdasarkan pengalaman pribadi. Walau termasuk dalam 10 besar penjual hosting, dari daftar di atas ada pula beberapa perusahaan yang terbilang mengecewakan pelayanannya.

    Untuk menjaga etiket, saya tidak akan mengatakan perusahaan yang mengecewakan tersebut. Jika Anda penasaran, Anda dapat bertanya rekomendasi penjual versi saya lewat jalur pesan pribadi saja (private message), begitu juga untuk perusahaan yang direkomendasikan. Saya tidak ingin dikatakan sedang melakukan promosi :mrgreen: .

     

    Daftar Bacaan

    Waspadai Jargon 10 Besar Webhosting Terbaik
    Shared Hosting dan Penjual oversell
    Website CMS dan Penjual oversell
    Berapa biaya pembuatan website?

     

    Pada postingan selanjutnya, saya akan menjelaskan mengenai instalasi CMS WordPress pada server hosting yang sudah kita beli.
    Salam,
    Fauzan Abdurrachman, M.Pd
    Founder LoveIT E-Learning

  • Berarti bakteri itu masih bisa ditangkap oleh mata telanjang yah Pak Asep? Soalnya selama ini saya kira harus selalu menggunakan mikroskop. 😀

    Trims sudah berbagi pengetahuan Pak

  • Hehe, saya taunya Smadav saja 😀

    ternyata masih banyak yah

  • *) Postingan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya.
    Assalamulaikum WrWb
    Salam sejahtera bagi kita semua

     

    Saya akan menjelaskan mengapa memilih WordPress sebagai platform yang digunakan untuk membuat pembelajaran daring terbuka. WordPress merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang memungkinkan tiap orang mengelola situs secara mudah. Dikatakan mudah karena tiap orang dapat menjadi penerbit di internet menggunakan penyunting teks dan media berbasis visual yang mudah digunakan.

    Dahulu, untuk menjadi penerbit di internet terbilang sulit. Orang harus mengerti bahasa penanda HTML terlebih dahulu untuk menulis artikel. Selain itu, ia harus mengerti jaringan untuk mengunggah artikel yang akan ia terbitkan ke dalam situsnya. Kini, menjadi penerbit daring menjadi lebih mudah karena semua dapat dilakukan dengan beberapa klik saja.

    Istilah aplikasi berbasis web tersebut disebut sebagai content management system (CMS). WordPress sejatinya merupakan CMS yang diperuntukkan untuk blogging saja. Namun, WordPress dapat diperluas (extend) sesuai dengan kebutuhan menggunakan fasilitas plugin. Sebagai contoh, situs Guraru sendiri menggunakan CMS WordPress yang diperluas menjadi situs komunitas menggunakan plugin BuddyPress.

    guraru

    WordPress sendiri merupakan CMS yang cukup populer digunakan sebagai platform penerbitan. Situs Build With memberikan statistik bahwa 45,22% situs yang ada di internet dibuat menggunakan WordPress. Agar tidak salah kaprah, CMS WordPress yang dimaksud di sini adalah situs yang menggunakan server-nya sendiri, bukan situs WordPress yang berada di alamat xxx.wordpress.com.

    Dengan demikian, sebelum memulai membuat situs pembelajaran daring, Anda harus mengerti beberapa konsep mengenai server dan domain terlebih dahulu. Server merupakan komputer daring yang berfungsi menyimpan berkas-berkas situs kita (hosting), sementara domain merupakan alamat yang akan digunakan oleh orang ketika mengakses situs kita.

    Pada tulisan berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara memperoleh domain dan server. Tentunya Anda harus membayar uang sewa agar dapat memilikinya. Namun jangan khawatir, saya juga akan menjelaskan bagaimana membangun situs di komputer pribadi, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar sewa domain dan server. Kelemahannya, situs hanya dapat diakses di komputer pribadi atau di jaringan lokal, semisal lab komputer.
    Salam,
    Fauzan Abdurrachman, M.Pd
    Founder LoveIT E-Learning

  • Assalamulaikum WrWb
    Salam sejahtera bagi kita semua

    Anda mungkin pernah mendengar situs Khan Academy (www.khanacademy.org), sebuah situs pembelajaran terbuka yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakannya. Situs ini menurut saya sangat sesuai dengan karakteristik dari pembelajar daring (online), di mana pembelajar dapat langsung belajar secara mandiri tanpa direpotkan dengan fitur login dan sesi ketika hendak memulai pembelajaran.

    Walau kini mereka telah menyertakan fitur login, pembelajar umum dapat langsung melakukan pembelajaran di situs mereka. Fitur ini memang sengaja dihadirkan oleh Khan Academy agar proses belajar yang mereka miliki menjadi lebih menarik. Namun, mereka tidak menonaktifkan fitur pembelajaran langsung yang ada di website mereka. Sebagai contoh, kita dapat langsung mengakses pembelajaran Biologi mengenai evolusi di alamat berikut.

    khan-academy

    Fasilitas sesi memang diperlukan bagi guru dan siswa, terutama untuk merekam hasil belajar serta memberikan umpan balik. Namun, hal tersebut dirasa akan merepotkan ketika siswa hendak langsung belajar dan menggali ilmu. Hal inilah yang melandasi saya untuk membuat sistem pembelajaran terbuka yang memungkinkan guru dan siswa dapat langsung melakukan pembelajaran.

    Model pembelajaran seperti ini cocok untuk diterapkan bagi lingkungan daring yang bersifat umum. Prinsipnya, pembelajar membuka situs yang telah kita siapkan, memasukkan kata kunci dari pembelajaran yang ingin ia pelajari, dan kemudian memulai pembelajaran. Karena tidak ada fitur sesi dan login, tidak ada perekaman hasil belajar yang pembelajar lakukan. Namun, fasilitas evaluasi tetap dapat diberikan di akhir pembelajaran agar individu yang belajar dapat menilai hasil belajarnya secara mandiri.

    Sampai saat ini saya baru membahas mengenai teori dan latar belakangnya terlebih dahulu. Selanjutnya, saya akan menjelaskan persoalan teknis dan mekanisme pembuatan pembelajaran terbuka tersebut. Adapun platform yang akan saya gunakan dalam pembelajaran daring ini adalah content management system dari WordPress.

     
    Salam,
    Fauzan Abdurrachman, M.Pd
    Founder LoveIT E-Learning

  • Fauzan Abdurrachman became a registered member 4 years, 9 months ago

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar