• Bagaimana kita bisa sukses dalam karir maupun menjalani hidup apabila tidak dapat mengenali diri sendiri dengan baik? Tidak bisa menjawab pertanyaan Siapa saya? Apa gambaran karakter dan bakat saya? Dan kebingungan lainnya yg terkadang dapat mengganggu kinerja di pekerjaan.
    Dalam beberapa kasus banyak orang yang belum mengenal dirinya, eeh itu termasuk guru loh 🙂
    Jangan marah dulu, karena memang pada kenyataannya sebagian orang memang bekum mengenal potensi diri mengenai kelemahan dan kelebihan diri yang dimiliki. Banyak orang menjalani pekerjaan tanpa tahu potensi yang sebenarnya ia miliki.

    Banyak cara untuk bisa mengenali diri, bisa melalui proses panjang seiring dengan pertambahan usia seperti seringnya refleksi diri, melalui beberapa jenis tes psikologi, atau melalui analisis tulisan tangan saja. Ya, saat ini sudah ada graphotest dimana dengan tulisan tangan seseorang bisa dilihat potensi atau bakat sekaligus.

    Graphotest diakui oleh psikolog dan psikiater Harvard University setelah 10 tahun antara tahun 1920 – 1930 melakukan riset tentang akurasi tes analisa tulisan tangan ini. Tak kurang pencipta tes IQ yaitu Binet dan psikolog kepribadian terkemuka, Gordon Allport melakukan tes terhadap 100.000 sampel tulisan tangan di bawah mikroskop. Dan hasilnya dipastikan bahwa di beberapa negara seperi Jerman, Prancis dan Amerika graphology test dapat dilakukan untu menganalisis kepribadian seseorang, untuk bisa memberikan gambaran mengenai thinking patern sampai problem area kepribadian seseorang.

    Abad 21 membutuhkan skill dan kepribadian tertentu, salah satunya adalah dengan memiliki motivasi yang tinggi dalam melakukan sesuatu agar bisa maksimal dalam melakukan pekerjaan, termasuk didalamnya guru sebagai pendidik.

    Guru membutuhkan skill untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi untuk memudahkan perkerjaan dan di sisi lainnya guru era baru juga membutuhkan kepribadian yang optimis dengan motivasi yang bisa mengatasi masalah-masalah kepribadian karena pendidik adalah sebuah role model bagi siswanya.

    Dua hal ini akan dibahas dalam workshop yang berjudul “ How to deal personality in 21th Century” dimana peserta akan diajak untuk belajar mengenai penggunaan (langsung praktik) teknologi yang mendukung kompetensi sekaligus mengenal karakter personal melalui pendekatan grafologi. Kompetensi tidak datang dengan sendirinya, seorang guru akan terus belajar untuk bisa menjadi role model terbaik.

    Kalau tertarik silakan bergabung 🙂

     

    posterfinal

  • Thumbnail

    Pagi ini, bangun tidur migrain di kepala terasa sangat mengganggu. Saya pikir tidur 6 jam cukup untuk memenuhi kebutuhan tidur, dan tidak seharusnya migrain. Entahlah, apa karena salah posisi tidur atau karena […]

  • ThumbnailTahun ajaran baru telah tiba, ini berarti sekolah akan mempersiapkan banyak hal untuk menyambut siswa dengan berbagai segala perencanaan. Hal yang menarik adalah bagaimana persiapan untuk memperlengkapi para guru […]

  • Bu etna 🙂 salam rindu juga. sudah lama saya gag nulis bu hehhe 🙂

  • Thanks pak 🙂

  • Minggu ini kegiatan dan jadwal mengajar cukup padat. Saya mendapatkan tugas tambahan mengajar 3 kelas pararel  di luar jadwal mengajar biasanya, untuk menyambut siswa kelas 9. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran bagaimana pembelajaran di SMA terkhusus mata pelajaran Sosiologi. Siswa yang baru saja selesai menghadapi Ujian Nasional akan masuk kelas sesuai dengan jurusan yang mereka minati di kelas 10.
    Seperti yang kita ketahui peminatan/ penjurusan  menurut kurikulum 2013 dilakukan di awal kelas 10, sehingga siswa langsung diarahkan memilih  program IIS dan MIA untuk tahun ajaran 2014-2015. Sekedar informasi,  siswa kelas 10 tahun ajaran baru mendatang banyak yang  berasal  dari siswa dalam, berhubung sekolah kami ada dari jenjang TK sampai SMA.
    Hal ini dilakukan setelah Ujian Nasional untuk mempersiapkan siswa  melalui simulasi belajar, sehingga siswa bisa melihat dan merasakan kelas barunya di bulan Juli dengan lebih cepat. Maklum kurikulum 2013 mengharuskan siswa untuk bisa mengenal atmosfir SMA, IPA-IPS di kelas 10, sehingga di kelas 9 mereka sudah diarahkan untuk masuk ke jurusan sesuai dengan minat mereka. Proses peminatan sudah melalui serangkaian proses tes psikologi, tes ujian tertulis, dan wawancara dengan tim psikolog serta konselor sekolah.
    Saya pikir sekolah saya sudah cukup baik dalam mempersiapkan mereka, bagaimana tidak, sekolah lain mungkin belum memikirkan konsep pengenalan kelas 10 seperti ini. Jadi tentu saja tugas ini disambut dengan sukacita, karena mereka adalah siswa yang Tuhan titipkan untuk bisa dibentuk 😀 baik dari segi pengetahuan, psikomotorik maupun afektif dan karakter.
    Pertama, ketika  siswa masuk saya menyambut mereka dengan senyum, dan meyambut mereka dengan 3R, yaitu Respect, Responsibility, dan Readiness. Kesan pertama akan menentukan sejauh mana mereka menggambarkan kelas yang akan mereka masuki 😀
    Kedua, saya mempersiapkan bahan presentasi ke mereka dapat dilihat di link ini, dengan diskusi interaktif menggali pemahaman mereka tentang social studies sekaligus memperkenalkan materi sosiologi yang akan mereka ikuti secara umum. Namanya juga sedang kenalan :D. Karena waktu yang diberikan hanya 2X45 menit, maka saya berusaha memberikan gambaran dengan singkat, jelas dan padat.
    Ini bahan presentasi yang saya siapkan buat mereka dan beberapa tugas sosiologi yang sudah ada di kelas sosiologi  😀

    1. Short Movie- 1

    Social Mobility

    Tugas ini dibuat dengan tema Mobilitas sosial, aspek isi dan kolaborasi yang kompak jelas terlihat, dengan peralatan sederhana, acting yang secukupnya, serta kemampuan editing membuat klip pendek ini menyemangati siswa untuk bisa menggali potensi yang dimiliki.
    2. Short Movie-2
    Design Your Life
    3. Short Movie-3
     Say No to Drugs Campaign
    Video pengendalian sosial ini menunjukkan keprihatinan terhadap pecandu narkoba yang ada di seluruh dunia. Terkadang, teman yang kita anggap baik belum tentu sebaik yang terlihat. Pesan yang disampaikan dalam video ini: Narkoba membunuh, baik secara mental maupun fisik dan melumpuhkan masa depan. Jauhi narkoba sebelum menyesal karena hal- hal baik dalam hidup sudah terenggut oleh’nya’.
    4. Stop Motion
    Sociology
    Dengan beberapa Project ini, setidaknya siswa mengetahui bahwa assesment yang ada bukan melulu hal-hal yang berupa paper and pencil, tapi berupa tugas yang juga mengembangkan potensi dan bakat mereka juga.
     5. Beberapa Tulisan/Paper yang di posting via edmodo.com
    Setelah memaparkan beberapa hal mengenai pembelajaran Sociologi yang akan dilakukan melalui tatap muka di kelas, online learning via edmodo.com, sosial media, kurikulum dan silabus, serta beberapa peraturan-peraturan yang berlaku di kelas, semoga siswa baru yang akan masuk belajar Sosiologi mendapatkan gambaran yang jelas.  Berhubung waktunya sangat singkat maka yang diperkenalkan hanyalah hal-hal yang “kulit luarnya saja”, mereka akan tahu bahwa perencanaan di tahun 2014 dengan kurikulum 2013 akan lebih mendalam, bervariasi dan menggunakan metode yang lebih menyenangkan lagi. Welcome !
    Silahkan mengunjugi Blog saya di : http://deasisaragih.wordpress.com/

  • Tulisan yang menarik, dengan gambar-gambar yang menarik 🙂

  • Saya juga sudah melakukan hal ini di pembelajaran kelas sosiologi, hasilnya memang baik, setidaknya siswa pemalu yang malas bicara, bisa jadi tidak pemalu dengan penggunaan twitter :D, nice article!

  • Tema yang menarik, wah sdh lama saya gag nulis nih 😀

  • @pak sukani : iya pak, hanya ingin berbagi, jadi biarpun tidak ikut seminar bisa sama-sama “menikmati”.

  • @pak Taufik : Sama-sama pak.

  • @ pak Subhan : Saya di departemen SMA pak (mengajar SMA), rekan saya yang dari departemen SD, karena jenjangnya SD sampai SMA. memang sekolah saya termasuk sekolah yang mendukung personal development guru pak, […]

  • Terimakasih bu Sri, silahkan di buka link hand outnya 🙂 masih banyak yang berlum saya tulis soalnya.

  • Selamat ya pak 🙂 selamat berkontribusi bagi Indonesia.

  • ThumbnailSabtu pagi  22 Februari 2014  ini terasa dingin, maklum saja hujan yang sering mengguyur Kota Jakarta kembali datang sejak pukul 4 dini hari dan sedikit mengusik rencana untuk mengikuti seminar. Berhubung semangat […]

  • Elegan sekali sir :D, saya suka pribadi yang ini hhehehe. Tetap semangat ya…

  • Gak pa pa kalau harus beli alat tambahan hehe 🙂 seperti wireless…, sayang jarang di pakai soalnya pak, mohon petunjuk ya pak 🙂 thanks anyway..

  • Wuuihh Bapak kerennya :), btw saya pengen bisa memaksimalkan galaxy note saya bukan sekedar pointer saja tapi juga bisa miror gitu pak? jadi yang di layar sama dengan tampilan di Note saya…. Tadi siang sudah […]

  • Selamat ya Bu Etna …wuuihh pencapaian yang baik looh :D. Kapan giliran sya ya? hahahhah :D. Sekali lagi Selamat Seru-Seruan 😀

  • Iya pak, kalau mau maju memang harus siap menerima kritikan, dan buat yang memberi kritikan siap mengkritik dengan cara yang benar hhee, selamat hari minggu ya pak..

  • Load More