• Dijelaskan dulu ya, sempat masih ada yang belum mengerti. Apa itu vlog dan sejarahnya? . Video blog atau vlog bahasa kerennya nge-vlog adalah sebuah kegiatan Blogging dengan menggunakan media video bukan menggunakan teks atau tulisan, yang berisi tentang kehidupan, opini, ketertarikan terhadap suatu hal, show off kemampuannya, dan lainnya. Orang yang  membuat video blog disebut vlogger. Untuk membuat video blog anda bisa menggunakan berbagai perangkat, seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera yang sudah dilengkapi mikrofon. Lalu anda tinggal bicara didepan kamera atau handphone anda, biasanya para vlogger menceritakan tentang kehidupannya, kegiatannya, hobi atau hal yang mereka suka, menjawab pertanyaan dari orang lain, memberi tips-tips, review produk dan ada juga yang isinya tentang hiburan atau melawak.

    Dimulai dari sesorang bernama Adam Kontras yang memposting sebuah video bersama dengan entri blognya pada tahun 2000. Dan di tahun yang sama pada bulan November, Adrian Miles memposting video yang mengubah text pada gambar diam dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang ia posting. Dan di tahun 2004, Steve Garfield meluncurkan video blognya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahunnya video blog. Nah, sejak saat itu mulailah dikenal yang namanya vlog. Vlog meningkat popularitasnya mulai awal tahun 2005. Yahoo! Videoblogging mengalami peningkatan anggota secara drastic, di tahun itu juga, situs video sharing, YouTube muncul. Dalam sekejap, YouTube mendapat peringkat 5 website yang paling banyak dikunjungi.

    Sumber : http://www.ibudigital.com/apa-itu-video-blog-atau-nge-vlog/

    http://www.loop.co.id/articles/apa-sih-vlog-itu-kok-ngetren-banget-ya

    Oke kita lanjut, KLEPEK…Apa itu KLEPEK?, ya mirip lagu dangdut cintaku klepek-klepek sama kamu, tapi dalam pembahasan kali ini, KLEPEK adalah akronim dari Komunikatif, Life Eksploratif, Presentatif, Elearning, Kreatif. Bagaimana,? Kerenkan!. Anda pernah dengar akronim tersebut,? Jelas belum pernah, karena akronim tersebut jadi-jadian alias baru jadi, saya baru memperkenalkannya. Terus apalah arti sebuah nama alias akronim KLEPEK, pasti sudah banyak para Guru profesional inovatif yang sudah memparktekkan bahkan mengukur proses belajar mengajarnya yang lebih Komunikatif, Life Eksploratif, Presentatif, Elearning, Kreatif, bahkan lebih dan lebih dari KLEPEK. Ide nge vlog materi pembelajaran ini sudah kupraktekkan pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017 khusus untuk peserta didik kelas 9 materi pelajaran IPS Terpadu, yang nge vlog adalah peserta didik, sekarang ini kutulis dulu untuk tahap pengembangan selanjutnya.

    Membuat vlog syarat wajibnya adalah harus punya kamera, yang paling umum dipakai peserta didik adalah camera handphone. Sementara secara umum setiap sekolah memiliki tata tertib melarang atau membatasi peserta didik menggunakan handphone dilingkungan sekolah, bahkan ada daerah yang mengharamkan peserta didik menggunakan handphone dilingkungan sekolah, tata tertibnya keras ya. Bagi para Guru yang mau mencoba ide ini, komunikasikanlah baik-baik dengan semua pihak yang berkepentingan disekolah, agar nantinya tidak dilabeli Guru yang tidak mengerti tata tertib.

    SMP Negrei 8 Bulukumba adalah tempatku mengajar, letak sekolahku berada didesa, desa yang sudah akrab dengan handphone berbagai merk, sudah hatam dengan berbagai macam media sosial termasuk youtube. Hari gini belum kenal handphone dan media sosial, helloooo kampudesduster (kampungan desa dusun terpencil) amat sih. Awal memperkenalkan vlog ke peserta didikku, hampir sebagian besar sudah mengetahuinya, sebahagiannya lagi hanya melongo. ‘Untuk pertemuan selanjutnya sayang’ instruksiku, terbiasa memanggil sayang kesemua peserta didikku, ‘semua siswa harap membawa handphone’, seru peserta didikku ‘kita dialarang bawa handphone pak!, bolehkah membawa handphone pak?, nanti ditangkap pak!’, jawabku ‘ saya yang meyuruh, saya yang mengisinkan, dan saya yang bertanggung jawab’, ‘oke pak’ kata peserta didikku. Lanjut  penjelasanku ‘dengan handphonemu kita akan belajar editing video dan akan belajar membuat vlog, setelah semua mengerti dan mahir, setiap peserta didik akan Bapak bagikan tugas materi pelajaran yang akan dibuatkan vlognya’. Vlog yang dibuat peserta didik berdurasi 7-10 menit, melalui youtube, peserta didik dipertotongkan contoh-contoh vlog materi pelajaran yang keren dan menarik, sembari aku terus memberi motivasi kepada peserta didikku untuk membuat vlog yang lebih keren, maklum peserta didikku baru memulai model pembelajaran nge vlog.

    Hasilnya wow cukup bombastis, fantastis, ada juga yang tragis, tetapi untuk ukuran peserta didik yang baru balajar nge vlog materi pelajaran, oke dan kerenlah hasilnya. Kesimpulanku, dengan menerapkan model pembelajaran nge vlog materi pelajaran, jelas peserta didik akan merasakan suasana belajar baru, menghindari kejenuhan belajar didalam ruang kelas, peserta didik suka dan tertantang dengan sesuatu yang baru, proses belajar menjadi lebih fun, Guru lebih bisa mengeskplor sisi lain dari kemampuan peserta didik, kemampuan berakting, kemampuan berbicara/berkomunikasi, mengolah pesan menjadi lebih menarik, lebih bisa mendalami materi pelajaran karena vlognya bisa jadi dibuat berulang-ulang, serta yang  tidak kalah penting adalah Guru secara bertahap mengubah gaya peserta didik menggunakan handphonenya untuk belajar dan lebih produktif untuk hal-hal yang positif. Inshaa Allah, peserta didik jadi KLEPEK (Komunikatif, Life Eksploratif, Presentatif, Elearning, Kreatif) bisa terwujud.

    ‘Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru’

    Berikut 2 contoh nge vlognya peserta didikku:

    Link

    Vlogipsterpadu kls9 smtgenap…lolos 5 besar…by hesti

    Posted by Andi Ardiansyah on Saturday, 11 March 2017

    Vlog ipsterpadu materi pembebasan Irian Barat by hajar aswar kls9b

    Posted by Andi Ardiansyah on Friday, 17 March 2017

     

     

  • ThumbnailKata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang secara harfiahnya berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara pesan atau pengirim pesan ke penerima, (Sadiman, […]

  • andi ardiansyah became a registered member 5 months, 3 weeks ago

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar